Sosial

Logo Bukan Hanya Sekedar  Pemanis Visual

Logo menjadi salah satu hal penting yang dibutuhkan perusahaan maupun organisasi. Logo menggambarkan unit bisnis, layanan serta visi dan misi dari perusahaan yang bersangkutan. Biasanya logo didesain berdasarkan filosofi yang terkandung di dalamnya. Walaupun ada sebagian logo yang tidak mewakili dari identitas perusahaan, akan tetapi kebanyakan perusahaan menciptakan logo perusahaan sesuai dengan layanan dan produk yang di tawarkan.

Keberadaan logo bukan hanya berfungsi sebagai pemanis visual. Lebih dari itu desain logo mencerminkan sebuah identitas yang membuat brand lebih dikenal oleh banyak orang. Dalam dunia bisnis, logo memberi penjelasan tentang citra dari perusahaan dan produk yang ditawarkan. Dengan memiliki logo, perusahaan dapat menempatkan dirinya secara berbeda dalam masyarakat dan bisa menarik konsumen.

Manfaat logo dalam bisnis

Apa itu Logo?

Berdasarkan arti kata di KBBI, Logo adalah huruf atau lambang yang mengandung makna, terdiri atas satu kata atau lebih sebagai lambang atau nama perusahaan dan sebagainya. Sedangkan menurut kamus Wikipedia, Logo merupakan merek grafis atau lambang yang biasa digunakan oleh perusahaan komersial, organisasi dan bahkan individu untuk membantu dan mempromosikan diri agar dikenal oleh masyarakat umum.

Logo dapat berbentuk grafis berupa simbol/icon  atau dapat juga terdiri dari nama organisasi. Logo yang baik harus bisa mewakili produk yang dijual atau perusahaan tempat bernaungnya produk tersebut. Selain itu logo juga harus mudah diingat dan tidak boleh sama antara satu dengan yang lainnya

Manfaat Logo dalam Bisnis Online

Seiring dengan meningkatnya jumlah unit usaha saat ini, persaingan bisnis juga semakin ketat. Lebih-lebih dengan kecanggihan teknologi, berbagai bisnis online terus bermunculan setiap hari. Pemilik bisnis harus berlomba menarik perhatian masyarakat dengan brand yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan menampilkan desain logo yang menarik dan mampu merepresentatifkan usaha yang dijalankan.

Manfaat Media Sosial

Berikut ini adalah beberapa manfaat logo bagi bisnis online :

1. Pembeda Dengan Yang Lain

Jika manusia memiliki wajah dan nama sebagai pembeda antara satu dengan yang lainnya, maka logo bagi unit bisnis memiliki fungsi yang sama. Banyaknya unit bisnis yang bermunculan seringkali membuat nama brand hampir mirip dengan nama brand dari lain. Tapi dengan adanya logo yang dimiliki, dapat menjadi tanda pengenal yang efektif sehingga mudah diidentifikasi dan diingat oleh orang banyak.

Masyarakat atau konsumen dapat mudah mengenali sebuah brand dari logo perusahaannya. Karena dalam hal kekuatan memori, orang cenderung mengingat logo daripada nama perusahaan atau produknya. Tidak perlu khawatir meskipun memiliki nama brand yang hampir sama dengan tempat lain, namun jika memiliki logo yang spesifik, konsumen akan mudah mengenali dan membedakan.

2. Membuat Bisnis atau Produk Terlihat Unik

Meskipun bukan satu-satunya faktor yang dipertimbangkan masyarakat saat membeli produk, namun logo dapat menjadi undangan yang menarik bagi konsumen untuk mengenal lebih dekat produk yang ditawarkan. Pembuat Logo tentunya sudah merancang logo dengan warna, bentuk, dan font yang menarik sehingga desain logo terlihat unik dan menonjol.

Dalam lingkungan bisnis online, pandangan mata merupakan penghubung utama antara konsumen dan produk yang ditawarkan. Dengan logo yang unik dapat membuat perusahaan atau produknya terlihat lebih menonjol dibanding produk lain. Sebuah logo dapat membuat konsumen penasaran dan menarik mereka untuk mendekat pada pandangan pertama. Jika klik dengan produknya tentu langsung eksekusi untuk membeli.

Logo yang unik dari sebuah bisnis atau produk pastinya dapat meninggalkan kesan mendalam pada konsumennya. Terkadang saat konsumen lupa dengan nama brand dari sebuah bisnis, konsumen akan ingat dengan logo yang dipakai. Oleh karena itu membuat logo untuk bisnis online sangatlah penting untuk kelangsungan bisnis yang dijalankan.

3. Mencerminkan Value Bisnis

Bagi sebagian pemilik usaha atau bisnis, desain logo bukan hanya sekedar gambar yang mencolok, namun ada filosofi tertentu di dalamnya. Melalui perpaduan warna, grafik, tema dan font yang disusun sedemikian rupa, pembuat logo berusaha mencerminkan value bisnis yang dijalankan dari sebuah unit usaha. Saat menyusun logo ada banyak pemikiran kedepan yang ingin diraih.

Logo bisnis yang dirancang dengan baik dapat mengomunikasikan semuanya. Mulai dari latar belakang perusahaan, jenis produk yang ditawarkan hingga visi dan misi untuk jangka panjang. Desain logo dapat menjadi asosiasi pertama dari pelanggan dengan brand serta bisnis yang dijalankan.

4. Menjadi Sarana Promosi

Karena logo dibuat untuk identitas dan menggambarkan jenis bisnis apa yang di tawarkan, logo dapat menjadi sarana promosi yang efektif. Dengan adanya logo pada sebuah brand bisnis, pemilik lebih mudah mempromosikan bisnisnya pada calon konsumen dan konsumenpun lebih mengenal bisnis dengan mudah karena adanya logo tersebut.

Suatu logo bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun supaya familiar bagi orang banyak. Oleh karena itu diperlukan kegiatan promosi lainnya untuk memperkuat keberadaan logo seperti beriklan dan melakukan sosialisasi secara langsung di lingkungan masyarakat. Jika sudah terkenal, pemasaran akan lebih mudah dilakukan. Ibarat sebuah magnet, logo yang sudah terkenal bisa menarik semua benda-benda yang ada di sekitarnya.

Begitu pentingnya keberadaan logo, bisa dibayangkan jika, sebuah bisnis online tidak memiliki logo, maka masyarakat akan susah mengenali dan pemilik susah untuk mengenalkan produknya. Karena logo bukan hanya sekedar pemanis visual belaka, sudahkah anda punya logo buat bisnis anda?

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *