Coret-coret

Evaluasi Tahun 2020 Blog Munasya.com

Evaluasi Tahun 2020 Blog Munasya.com – Tahun baru, semangat baru, postingan baru. Mengawali tahun baru saatnya untuk evaluasi perjalanan setahun yang lalu. Walaupun kehidupan pribadi benar-benar terpuruk di tahun 2020 kemarin, namun harus tetap semangat untuk menjadi pribadi yang lebih baik. Setidaknya perjalanan setahun kemarin bisa menjadi pembelajaran sekaligus pengingat di masa depan.

Blog Coretan Dari Desa ini sudah mengisi hari-hariku selama 4 tahun lebih. Tentu ada banyak suka duka yang menyertai. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, di awal tahun saya ingin mereview sekaligus evaluasi perjalanan Blog ini selama setahun kemarin. Secara garis besar ada banyak kemunduran yang terjadi karena memang kondisi yang berbeda. Disamping ada pandemi yang meluruhkan banyak hal, tahun ini saya kehilangan satu-satunya orang tua yang saya punya. Hingga akhirnya Blog menjadi terbengkalai tak terurus sama sekali.

Butuh waktu beberapa bulan bagi saya untuk bangkit dari keterpurukan dan mulai menulis untuk Blog munasya lagi. Namun semuanya tidak sama seperti dulu. Otak sudah agak konslet sehingga untuk menulis kayak dulu sangat susah. Butuh waktu yang cukup lama untuk menuliskan sebuah tulisan. Nulisnyapun hanya seminggu sekali. Berbeda dengan yang dulu yang bisa menghasilkan banyak tulisan dalam sehari. Semoga hari-hari kedepan saya bisa lebih baik lagi.

Review Blog

Di Awal Januari 2020 lalu, saya sudah menulis perjalanan Blog munasya tahun 2019. Di tahun-tahun sebelumnya juga ada ulasan yang sama. Untuk perjalanan Blog munasya di tahun 2020 berikut evaluasinya :

1. Trafik Kunjungan

Jika di tahun 2018 dan 2019 saya merasa miris dengan trafik kunjungan Blog yang memprihatinkan, di tahun 2020 saya lumayan senang. Dari yang cuma 200an perhari di tahun 2019, tahun 2020 melonjak drastis. Berdasarkan data di Google Analytik dan juga Google Console, rata-rata perhari ada 500 kunjungan, atau kurang lebih 10.000 kunjungan per bulan.

Permasalahan server down sudah tidak pernah dialami Blog ini semenjak menghapus plugin Yoast. Sebagai gantinya saya memakai plugin Seo All in One. Memang sayang sih menghapus plugin Yoast karena penting banget dan sudah mahir mengotak atik, tapi gimana lagi sudah capek dengan peringatan server down di tahun 2018 dan 2019. Sebelumnya sudah mengecek plugin lainnya dan bongkar pasang, tapi peringatan  server down masih terjadi. Semenjak hapus Yoast, semua lancar jaya. Keinginan buat pindah penyedia hosting ikutan lenyap. Saya masih setia di idwebhost.

2. Jumlah Postingan

Di akhir tahun 2019, blog munasya.com memiliki 462 artikel. Akhir tahun 2019 jumlah postingan bertambah menjadi 522 artikel. Artinya selama tahun 2019 hanya ada 60 postingan baru. Dilihat dari jumlah postingan, tentunya mengalami penurunan drastis dibandingkan dengan tahun 2019 yang sudah menghasilkan 118 postingan atau tahun 2017 yang menghasilkan 174 postingan

Jumlah postingan terbanyak tahun 2020 dihasilkan pada bulan April yakni 12 postingan. Sebagian besar artikel organik. Waktu itu meskipun sudah pandemi namun keadaan keluarga masih baik-baik saja, hanya ada banjir yang melanda desaku. Saya masih semangat buat menulis banyak hal yang terjadi di sekitar. Menginjak bulan Mei dan bulan-bulan selanjutnya semua sudah berbeda. Rata-rata hanya 6 postingan perbulan. Itupun kebanyakan content placement. Bahkan di bulan Juni hanya ada satu postingan saja untuk mengisi blog. Janji dengan di sendiri bakalan lebih rajin menulis di tahun 2020 tidak bisa dipenuhi.

3. Postingan Populer Dan Tak Populer

Untuk postingan yang paling banyak di baca atau Postingan paling populer di blog munasya.com tahun 2020 ternyata mengalami perubahan di bandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Jika sebelumnya postingan yang paling banyak dibaca adalah artikel berjudul Langkah Pendirian Bank Sampah dan Proposal Pengelolaan Sampah Mandiri di Pemukiman, di tahun 2020 postingan populernya adalah Proposal Kegiatan Karang Taruna dan Apa Yang Dilakukan Saat Bertamu dan Menerima Tamu

Hampir tiap hari kedua postingan tersebut di baca orang. Sebenarnya saya dulu mempublish proposal Karang Taruna hanya karena iseng saja. Saya sudah capek-capek bikin proposal untuk Karang Taruna desa, amat disayangkan kalau dibuang dan tidak dimanfaatkan lagi. Saya publish di Blog Munasya supaya kalau ada yang butuh bisa mencari atau menjiplaknya, eh ternyata sekarang banyak banget yang membaca. Untuk postingan Saat Bertamu dan Menerima Tamu, saya tulis sebagai salah satu kalaborasi tulisan di Grup Blogger Muslimah. Saat ini Grupnya sudah buyar.

Postingan Blog
Postingan populer dan tidak populer

Berbanding terbalik dengan postingan terpopuler , ada beberapa artikel di blog munasya selama tahun 2020 yang sedikit dibaca oleh orang alias tidak populer. Artikel itu diantaranya berjudul :
1. Berbuka Puasa bersama Teman PTPS
2. Beberapa Penyakit Orang Tua Lanjut Usia
3. Bagaimana Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

Masing-masing artikel hanya dibaca oleh 4 orang saja selama setahun. Disamping ketiga artikel tersebut ada banyak artikel lainnya yang jumlah pengunjungnya dibawah 10 dalam satu tahun. Ini mungkin Pe-eR bagi saya untuk optimasi artikel-artikel ini supaya banyak yang baca. Berharap semoga ada banyak waktu untuk melakukannya.

4. Penghasilan

Karena tahun 2020 jarang menulis, penghasilan dari Blog Munasya turun drastis. Meskipun ada job review maupun job Content Placement, namun jumlahnya tidak sebanyak dulu. Berdasarkan coret-coretan saya, selama tahun 2020 Blog Munasya mendapatkan penghasilan sebesar Rp. 5.376.000,-. Mendapat penghasilan segini saya masih bersyukur, mengingat ekonomi yang terpuruk karena pandemi dan juga keseharian saya yang kemarin riwa-riwi ke Rumah Sakit selama beberapa bulan. Setidaknya penghasilan tersebut 10 kali lipat lebih banyak dibanding biaya sewa hosting setahun.

Alhamdulillah, penghasilan saya selama satu tahun masih ada di job-job lainnya di luar Blog. Kayak Twitter, instagram, Facebook dan beberapa aplikasi lain. Saya juga dapat subsidi pemerintah lewat program Pra-Kerja. Bagaimanapun juga, rejeki sudah diatur oleh Allah SWT.

5. Prestasi Lomba Blog

Semenjak Tahun 2019 hingga akhir 2020, saya jarang sekali ikut lomba blog. Kalau tahun 2019, saya ikut lomba blog sebanyak 10 kali. Di tahun 2020 malah cuma 2 kali ikutan. Keduanya bertema politik pemerintahan. Namun dibanding tahun-tahun sebelumnya, dalam prestasi lomba blog tahun 2020 saya agak berbangga diri.

Di awal tahun 2020, saya mendapat kabar gembira kalau salah satu tulisan saya menjadi nominasi pemenang kompetisi menulis Bank Indonesia. Atas prestasi ini, saya diundang ke Jakarta bersama dengan puluhan Blogger lain dari berbagai wilayah. Cerita tentang hal ini bisa dibaca di postingan saya berjudul Dibalik BI NETIFEST 2020

Awalnya saya mengira, undangan ke Jakarta di bulan Januari 2020 menjadi awal bagus untuk perjalanan ngeblog saya. Saya menjadi terpacu dan lebih semangat untuk ikutan banyak lomba blog supaya bisa pelesiran lagi ke beberapa daerah di Indonesia secara gratis seperti impian saya selama ini. Tapi lagi-lagi situasi Pandemi membuat impian itu tak bisa lagi tercapai di tahun 2020. Sejak Maret hingga Desember, kebanyakan rebahan di rumah saja, keinginan buat ikutan lomba sirna.

6. Grafik DA dan PA

Tahun 2018 yang blog munasya.com pernah dapat DA di angka 35 dan PA angka 42, tahun 2019 DA mengalami kemrosotan signifikan yakni berkisar antara 14 sd 17. Sedangkan yang PA cenderung stabil di angka 43. Tahun 2020 lumayan naik di sekitar angka 16 sd 19, PA juga masih  sama di angka 43. Pergantian Plugin SEO dan thema ternyata berpengaruh terhadap kenaikan DA, disamping itu saya juga mendapat masukan beberapa teman terkait cara menaikkan DA.

Biasanya job di blog selalu menyertakan DA PA sebagai salah satu prasyaratnya. Oleh karena itu banyak yang anggap penting nilai DA PA dari Moz tersebut. Target yang saya patok di tahun 2020 adalah punya DA minimal di angka 20 masih belum tercapai. Dengan usaha dan doa, semoga di tahun ini bisa terwujud.

7. Pencapaian Lain

Di tengah keterpurukan tahun 2020, ada beberapa pencapaian lain yang saya dapatkan dari dunia Blog. Diantaranya adalah masuk kedalam kelas Seo Moms dan mendapatkan berbagai ilmu baru yang tidak pernah saya ketahui sebelumnya dalam dunia Blog. Ilmu tersebut langsung diterapkan dengan bimbingan Master SEO di beberapa pertemuan online kelas Seo Moms. Alhamdulillah semua berjalan lancar. Selain itu, saya juga berhasil beternak Blog dan memiliki 2 Blog TLD lain yang menunjang penghasilan saya.

Evaluasi tahun 2020 Blog munasya.com ini saya buat untuk koreksi diri, sekaligus pengingat di masa depan. Sebagai manusia yang penuh kekurangan, saya masih ingin terus belajar dan terus belajar. Saya masih ingin eksis berkarya serta berbagi berbagai hal lewat tulisan. Semoga kedepan keadaan lebih baik dan pandemi segera berakhir.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. wah keren banget mbaa.. 4th pernah dpt DA 35. sy udh 12 th blog gitu2 ajaa.. DA paling2 cm 9.hiks.. apalagi sy gak paham dg yoast2 itu apa..

    1. DA naik turun kak, ayo kak sama-sama kita optimis bisa lebih baik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *