Sosial

Menjaring Banyak Manfaat Lewat Media Sosial

Menjaring Banyak Manfaat Lewat Media Sosial – Siapa nih yang tak punya media sosial di handphonenya? Sejalan dengan penggunaan internet yang cukup tinggi, penggunaan jejaring sosial yang juga disebut media sosial kian mewabah. Setiap pengguna smartphone pasti punya akun media sosial. Bukan hanya satu akun tapi beberapa akun karena jenis media sosial sendiri ada banyak sekali.

Media sosial yang paling ngetren saat ini adalah Youtube, Whatsapp, Instagram, Facebook, Twitter, Line dan Tiktok. Keberadaan media sosial seperti nyawa kedua bagi insan milenial. Saat bengun tidur yang dicari pertama kali adalah Smartphonenya, kala menemukan smartphoe yang pertama kali dilihat adalah berbagai notifikasi di akun media sosialnya. Kalau ada notifikasi yang dianggap penting, jari-jari akan menelusuri Keypad dan update status.

Manfaat Media Sosial

Jika tidak memegang smartphone untuk beberapa lama, kebanyakan orang akan kelimpungan. Yang paling dikhawatirkan saat tidak didekat smartphone adalah ketinggalan informasi penting dari media sosialnya. Ketinggalan pekerjaan, masalah kekeluargaan, update informasi menjadi alasan ketergantungan dengan media sosial.

Dari segi kejiwaan, pembiayaan dan kelonggaran waktu, media sosial memang berdampak negatif. Akses media sosial seolah menjadi candu yang menghabiskan kuota internet dan juga waktu yang sangat banyak. Terkadang Media sosial juga dapat menebar hoak, mengumbar privasi dan membuat perselisihan antar sesama bagi yang tidak bijak dalam penggunaanya.

Manfaat Media Sosial

Meskipun media sosial memiliki banyak dampak negatif, namun tidak dapat dipungkiri media sosial mempunyai nilai-nilai positif juga. Jika digunakan dengan baik, nilai-nilai positif tersebut dapat menjaring banyak manfaat bagi diri sendiri dan juga orang lain.

Manfaat apa saja yang bisa diperoleh dari bertebarannya Media sosial saat ini? Simak ulasannya berikut ini :

1. Memupuk Tali Silaturrahmi

Media Sosial dapat membuat tali silaturrahmi terus terjalin. Lewat media sosial kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan teman-teman lama, keluarga dan orang orang yang kita kenal sebelumnya. Jalinan komunikasi bisa terjalin walaupun terpisahkan oleh jarak yang jauh.

Dimanapun berada, asalkan ada jaringan internet kita dapat berinteraksi dengan orang lain yang kita inginkan. Komunikasi dengan teman lama berjalan lancar

2. Mencari Informasi

Informasi terupdate saat ini tidak lagi dimiliki oleh media massa dan media elektronik, tapi justru dimiliki oleh media sosial. Lewat media sosial semua orang bisa mengunggah informasi terkini yang terjadi di sekitarnya. Bisa lewat Facebook, Twitter, Instagram dan sebagainya. Informasi yang dibagikan dalam hitungan detik dapat diketahui oleh orang lain dan tersebar luas di seluruh dunia.

Berita atau informasi bidang apapun dapat diketahui lewat media sosial. Kadang informasi tersebut muncul begitu saja tanpa perlu dicari karena bersifat acak. Namun terkadang kita juga perlu mencari sendiri lewat kolom pencarian. Namun kecepatan informasi lewat media sosial ini sering di salahgunakan orang lain untuk membuat hoak, jadi harus tetap bijksana dalam menerima informasi lewat media sosial. Baca : Waspadai Hoak di Dunia Maya

3. Sarana hiburan

Media sosial ada kalanya digunakan untuk sarana hiburan. Saat mulai jenuh dengan rutinitas, galau, sedih dan sebagainya kita bisa mengalihkan pikiran dengan membuka media sosial. Berbagai hal menarik dapat kita cari dalam jejaring sosial untuk menghibur diri. Mulai dari cerita-cerita lucu, gambar-gambar keren hingga video yang menarik hati. Tinggal sesuaikan dengan keinginan, kalau mau lihat video tinggal buka YouTube, mau baca cerita bisa lewat Twitter, Facebook dan lainnya.

Belanja online

5. Menunjukkan kreativitas

Beragam bentuk media sosial juga dapat digunakan untuk menunjukkan kreativitas diri. Ide dan kreatifitas yang kita ciptakan bisa dengan mudah diupload ke media sosial. Follower atau teman yang terhubung dengan kita di media sosial bisa langsung menikmati dan mengapresiasi ide tersebut. Ide yang ditunjukkan tentu saja disesuaikan dengan jenis media sosialnya. Video, gambar, dan tulisan memiliki segmentasi sendiri di media sosial.

5. Media Pemasaran

Sebagai alat komunikasi yang bisa diakses oleh banyak orang, media sosial dapat digunakan sebagai media pemasaran yang efektif. Pemilik usaha maupun jasa dapat mempromosikan produk atau jasanya lewat media sosial. Ada banyak strategi lewat media sosial yang dapat digunakan untuk menaikkan penjualan.

Supaya dapat memanfaatkan penggunaan social media dengan efektif, pemilik usaha atau jasa dapat menggunakan Social Media Agency untuk membantu mengelola social medianya. Social Media Agency dapat membantu memasarkan produk atau jasa dengan lebih optimal.

6.  Menambah Teman dan Komunitas Online

Manfaat lainnya yang didapatkan dari Media sosial adalah tempat untuk mengenal orang baru dan juga membuat sebuah komunitas tertentu. Kita bisa mengenal banyak orang di berbagai daerah bahkan dari seluruh dunia tanpa harus bertemu secara langsung. Jika memiliki hobi atau ide tertentu bisa langsung bikin sebuah komunitas bersama teman yang memiliki ide atau hobi sama.

Ada juga orang yang bertemu jodohnya lewat perkenalan melalui media sosial. Dari sebuah perkenalan kemudian lanjut pada pertemanan intens dan pertemuan. Hingga akhirnya berlanjut sampai ke pelaminan. Tetapi hati-hati, banyak modus penipuan dengan model pencarian jodoh seperti ini.

Terlepas dari berbagai manfaat dari penggunaan media sosial diatas, perlu diingat bahwa media sosial juga memiliki banyak kerugian. Supaya terhindar dari banyak kerugian berhati-hatilah dalam menggunakannya. Satu hal yang wajib dilakukan adalah tetap menjaga privasi karena media sosial adalah tanah digital yang tanpa batas dan sekat.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

19 Komentar

  1. Wah betul sekali, terlebih sekali sekarang era digital, dan bisa menggali berbagai informasi lewat sarana digital

  2. Hai hai Mbak Munasya. Salam kenal. 🙂 Sepertinya yang jadi dampak negatif media sosial itu juga the fear of missing out (fomo), ya? Yang bikin orang enggak bisa lepas dari gawainya. Yang bikin orang gelisah kalau gawainya baterenya sedang lemah. Tapi banyak juga dampak positifnya, salah satunya ketemu teman baru di komunitas daring. Seperti saya ketemu Mbak Munasya di sini. Senang bertamu di blog ini ^_^ Berarti ini tergantung orangnya masing-masing ya, akan dimanfaatkan seperti apa media sosial itu.

  3. Medsos saya pertama kali Friendster 😂😂. Ketauan bgt umurnya yak. Nice share kak, mengingatkan kembali fungsi medsos. Semoga kita semua bs pakai dgn bijak utk kebaikan yaa..

  4. Media sosial buat saya untuk menambah jejaring dan informasi..walaupun sebagian orang banyak yang justru memanfaatkan media sosial untuk sebar berita yg blm tentu kebenarannya..tapi kita abaikan saja yang penting kita selalu berbuat positif dan berkarya melalui media sosial..

  5. Media sosial memang sudah jadi bagian dari kehidupan kita ya, Mbak. Banyak manfaatnya kalau digunakan secara bijaksana tapi tetap harus waspada dengan godaan dan efek negatifnya.

  6. Betul banget.. saya sekarang menunggu tulisannya mbak munasya tentang dampak negatif dari media sosial… setelah membaca manfaatnya tentu ada juga kekurangannya kan..

    1. Tulisannya masih ngedraf, moga bisa terselesaikan segera

  7. Memang harus bijaksana ya kak menggunakan medsos, dan jauh lebih asik gunakan untuk cari informasi…ya info tentang mantan pun tak apalah..hahaha..becanda😀😀 yang pasti medsos membantu juga buat silaturahmi ke keluarga dan teman jauh..

    1. Klo bijaksana ada banyak manfaat yang dirasa

  8. betul banget dari semua yang mba tuliskan saya rasakan mba. terutama menjalin silaturahmi sama teman-teman lama dari SMA bahkan ketemu lagi melalui sosmed. terus mendapatkan informasi paling besar sih buat saya manfaatnya. mari kita gunakan sosmed sebagai sarana untuk hal-hal kebaikan saja

    1. Klo bijak, manfaatnya bisa dirasakan oleh banyak orang

  9. Yustrini says:

    Media sosial banyak sekali manfaatnya buat saya terutama jalin pertemanan sesama blogger di dunia maya dan akhirnya bertemu juga di dunia nyata, ha ha..

    1. Saya juga sering begitu v

  10. Itu memang nilai positif dari medsos dapat teman online misalnya. Dapat bertemu dengan saudara jauh meski online saja

    1. Bisa Ketemu keluarga atau teman yang lama berpisah juga

  11. Setuju dengan isi artikelnya, semua dikembalikan kepada individu, medsos ingin dipakai sebagai sarana berbuat kebaikan atau sebaliknya. Bahkan, di era digital dan pandemi korona, medsos justru menjadi ladang untuk menambah penghasilan, entah itu menulis, jual beli online, sampai Influencer. Saya sendiri takjub melihat seorang Influencer luar negeri memiliki harta sekitar Rp. 3 Triliun dari profesinya sebagai Influencer

    1. Wahhhh jadi milyarder berkat medsos

  12. Setuju banget sama poin 1-6, pastinya media sosial membuatku banyak kenalan dan banyak penghasilan jg ya mbak hwhwh

    1. ALhamdulillah… bagi sebagian kecil orang media sosia bisa jadi ladang penghasilan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *