Pantai Maldives Kemantren, Destinasi Wisata Yang Istimewa

Wilayah Kabupaten Lamongan mempunyai banyak sekali destinasi wisata yang menarik. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah hingga wisata kuliner. Letak wilayahnya yang berada di pesisir utara Pulau Jawa membuat Kabupaten ini menyimpan sejuta pesona alam yang menakjubkan.

Banyak orang yang belum mengetahui berbagai keindahan alam yang di miliki oleh Lamongan. Bahkan mungkin orang Lamongan sendiri juga belum banyak mengetahuinya. Tahunya mungkin hanya WBL, Mazola atau Waduk Gondang saja. Jika Anda punya rencana liburan ke Lamongan, atau berniat menjelajahi tempat wisata di Lamongan yang alami dan asri, anda bisa datang dan mengunjungi Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan.

Pantai Maldives Kemantren
Suasana Pantai Maldives Kemantren Paciran Lamongan

Selama ini tempat tersebut mungkin jarang terdengar sebagai tempat wisata, namun jangan salah…. ternyata di Desa Kemantren tersebut memiliki beberapa tempat wisata. Dalam satu lokasi anda bisa menikmati berbagai wisata. Mulai dari wisata alam, wisata sejarah, wisata Religi hingga wisata Kuliner. Saya sendiri juga tidak menyangka kalau di desa tersebut terdapat berbagai tempat wisata yang tak kalah dengan wisata Surabaya, Jogja ataupun Kabupaten besar lainnya.

Pada liburan tahun baru 1 Januari kemarin saya berkesempatan untuk mengunjungi tempat ini. Meskipun aslinya tujuan utama pergi ke tempat ini adalah untuk rapat kerja kegiatan Kelas Inspirasi Lamongan, namun kesempatan buat explore dan menjelajahi tempat wisata ini tidak boleh dilewatkan begitu saja. Rapat kerjanya berlangsung kurang lebih 3 jam, setelah itu dilanjutkan dengan aktivitas liburan bersama di tempat tersebut.

Baca juga : Saling Berbagi dan Menginspirasi di Kelas Inspirasi Lamongan

Berdasarkan Google Map dan pemberitahuan di aplikasi Google Local Guide, saya baru mengetahui kalau tempat wisata yang saya datangi tersebut bernama Pantai Maldives Kemantren. Saya sendiri kurang tahu asal muasal dan juga latar belakang mengapa dinamakan demikian. Nama tersebut mirip dengan nama pantai di Maladewa dan Gorontalo Indonesia.

Pantai Maldives terletak di pesisir pulau Jawa, tepatnya di Desa Kemantren Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Pantai ini berdekatan sekali dengan Pantai Tanjung Kodok yang sekarang dikenal dengan WISATA BAHARI Lamongan, pantai Kutang, dan Pantai Pasir Putih Delegan. Jaraknya hanya berkisar antara 1 sd 8 Km saja dari pantai lainnya.

Secara umum pantai utara Pulau Jawa berbeda jauh dengan pantai di Pesisir selatan Jawa. Bukan hanya suasananya, namun juga ombak dan juga pasir serta karangnya. Seperti pantai lain pada umumnya, Pantai Maldives Kemantren ini memiliki daya tarik keindahan alam yang dapat memanjakan mata pengunjungnya. Pantai ini memiliki ombak yang tidak terlalu besar, bahkan cenderung tenang. Saat air laut sedang pasang, batuan karang yang terletak di pinggiran pantai tidak terlihat sama sekali, tetapi jika air sedang surut maka akan nampak keindahan batuan karang yang masih alami dengan air laut berwarna biru.

pantai Maldives Kemantren Paciran
gubug-gubuk sebagai tempat bersantai

Di area pinggir pantai terdapat gubug-gubug bambu yang menggunakan atap daun kering. Gubug-Gubug ini jumlahnya lumayan banyak. Ada pula beberapa gubug yang dibangun diatas lautnya. Terdapat jembatan sederhana yang dibangun untuk menghubungkan antara satu gubug dengan gubug lainnya.

Gubug-Gubug ini dapat digunakan untuk beristirahat menikmati indahnya pantai sambil bercengkrama dan juga bercanda ria. Menurut saya, pantai ini sangat cocok sekali untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman.

Saat liburan tahun baru kemarin, tempat ini sangat ramai dikunjungi wisatawan. Tempatnya terlihat penuh semua. Kebanyakan pengunjungnya adalah rombongan keluarga yang bersantai dan makan bersama. Keadaan pantainya yang alami dengan biaya yang murah meriah membuat tempat ini banyak dikunjungi wisatawan.

Sejak pagi pukul 10 hingga pukul 5 sore, saya berada di pantai ini. Saat siang hari keadaan pantai mungkin kurang menarik. Kondisi pantai mulai pasang dan hawanya sedikit panas. Namun menjelang sore, terlihat pesona keindahannya. Pemandangan saat matahari tenggelam atau sunset sukses manarik perhatian karena terlihat sangat indah dan elegan. Melihat sunset sambil duduk-duduk di gubug tempat beristirahat bersama orang-orang tercinta tentu menjadi moment yang tak terlupakan. Angin yang bertiup sepoi-sepoi menambah indah suasana.

senja di Pantai Maldives Kemantren
suasana senja di Pantai Maldives Kemantren

Generasi zaman now tak perlu kuatir kekurangan gaya saat disini. Di Pantai Maldives Kemantren ini terdapat banyak spot yang bisa digunakan untuk foto-foto. Bisa foto selfie atau foto bersama keluarga dan teman yang instagram-able. Selain ada gubug-gubug yang eksotik, ada pula semacam jembatan yang menjorok ke laut yang membuat kita seakan-akan berfoto di tengah laut. Di beberapa sudut pinggir pantai, terdapat pula beberapa patung hewan yang sengaja dibuat untuk tempat berfoto.

wefie pantai
foto-foto di tengah lautan

Akses Lokasi

Akses Menuju Pantai Maldives
Dari pusat kota Lamongan ke Pantai Maldives Kemantren memang cukup jauh, jaraknya kurang lebih 40 KM atau sekitar 1 Jam jika keadaan tidak macet. Tapi jika anda berada di jalur utara Lamongan, tempat ini sangat mudah dijangkau. Desa Kemantren Kecamatan Paciran terletak persis di jalur utama pantura Lamongan – Gresik. Hanya perlu belok sedikit masuk gang kampung, kurang lebih 500 meter dari Jalur Jalan Raya. Dari Wisata Bahari Lamongan Hanya sekitar 5 km kearah Timur atau 10 menit perjalanan. Jika dari Pertigaan Banjarwati, jaraknya cuma 2,5 km saja.

Anda bisa datang ke pantai Maldives Kemantren ini dengan kendaraan umum maupun pribadi. Parkirnya sangat luas. Jika dengan kendaraan pribadi, Anda bisa langsung membawanya masuk ke area parkir. Namun untuk yang membawa mobil atau bus, perlu lebih berhati-hati. Sebab jalan masuk ke makam tidak begitu lebar, karena memang Jalan Perkampungan. Jika sudah sampai di Desa Kemantren, ada papan petunjuk di depan Jalan Maulana Ishaq, yang mengarahkan Anda ke lokasi tersebut. Sementara jika naik angkutan umum, Anda bisa minta turun langsung di Jalan Maulana Ishaq, Desa Kemantren. Dari pertigaan desa tersebut, Anda tinggal berjalan 500 m ke arah utara.

Harga Tiket dan Fasilitas

Harga tiket masuk pantai Maldives saat saya berkunjung kemarin gratis, alias gak bayar sama sekali. Pengunjung hanya membayar biaya Parkir mobil Rp. 5.000,- dan Parkir Motor Rp. 3.000,-

Yang paling penting di sini adalah masalah fasilitas yang tersedia di pantai ini. Alhamdulillah di sana fasilitasnya cukup lengkap. Ada toilet, lahan parkir yang luas, pusat oleh-oleh dan juga terdapat banyak warung makan. Untuk fasilitas Masjid atau tempat sholat, tidak perlu khawatir. Pantai Maldives Kemantren sangat dekat dengan areal Masjid Al Abror Yang Megah. Masjid Al Abror sendiri masih satu lokasi dengan tempat wisata Pantai Maldives Kemantren.

Masjid Al-Abror
Masjid Al-Abror Kemantren yang masih satu lokasi dengan Pantai Maldives Kemantren

Tahun 2015 saya dulu pernah ke areal ini dalam rangka wisata religi Ziarah Wali di 4 Provinsi, namun kondisinya belum seperti ini. Tepat di sebelah Masjid Al Abror terdapat sebuah makam yang dipercaya sebagai Makam Syech Maulana Ishaq atau Ayah dari Sunan Giri. Dulu, pantai ini masih biasa saja dan tidak dijadikan tempat wisata. Namun seiring perkembangan waktu dan kebutuhan, tempat ini sekarang diubah jadi tempat wisata yang murah dan elegan.

Jadi tak perlu khawatir, kalau sudah kesini kita tidak hanya bisa menikmati wisata alam, tapi kita bisa wisata religi dan juga wisata kuliner sekaligus.

Bagi yang ingin mencicipi masakan khas pantai utara atau ikan lain silakan makan di tempat makan yang berada disekitar Makam Syech Maulan Ishaq. Masalah harga tidak usah khawatir, pada kunjungan kemarin makanan ikan laut dan minumnya hanya sekitar 15 ribu rupiah.

Yang sedikit istimewa dan berbeda dengan yang tempat lainnya, untuk porsi nasi kita bisa mengambil sendiri sesuka hati. Yang mau ambil sedikit silahkan, kalau mau ambil banyak za tidak dilarang. Pembatasan hanya untuk lauknya, itungannya per potong. Untuk menunya bermacam-macam. Tinggal pilih sesuai selera. Kalau saya dan teman-teman kemarin memilih menu sambal ikan Asap.

pecel ikan asap
menu sederhana belum termasuk nasinya

Berhubung tempat wisata ini masih baru, keadaannya mungkin tidak sebaik pantai-pantai terkenal di Pulau Jawa, namun jika ingin sekedar melepas penat dan berwisata murah meriah, Pantai Maldives Kemantren bisa jadi pilihan destinasi tujuan. Satu kekurangan yang saya rasakan saat di Pantai ini, yakni masalah kebersihan. Entah kenapa masih banyak sampah yang dibuang sembarangan. Ada pula tumpukan bekas bangunan yang mengganggu pemandangan. Mungkin ini jadi pe-er bagi pengelola supaya bisa lebih memperhatikan masalah kebersihan dan sampah di tempat tersebut.

Demikian sedikit catatan dan ulasan yang bisa saya sampaikan mengenai Pantai Maldives Kemantren di Paciran Kabupaten Lamongan. Semoga bermanfaat dan bisa menjadi referensi anda untuk merencanakan liburan bersama keluarga atau sahabat-sahabat anda.

13 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!