Pentingnya Pembelajaran Literasi Digital di Masa Kini

Pembelajaran Literasi digital saat ini sangat penting untuk dilakukan. Literasi secara umum dapat diartikan sebagai kemampuan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan permasalahan. Konsep literasi sendiri sangat kompleks. Hampir semua lini kehidupan memerlukan kemampuan literasi ini. Kemajuan sebuah bangsa dapat dilihat dari budaya literasinya. Oleh karena itu penting sekali pembelajaran literasi sedari dini.

Di dalam konsep literasi juga terdapat berbagai macam dan jenisnya. Selain Literasi bidang membaca dan menulis, ada yang namanya Literasi Finansial, Literasi Numerimasi, Literasi Budaya, Literasi Kewarganegaraan dan yang paling populer saat ini adalah Literasi Sains serta Literasi Digital.

Pembelajaran Literasi Digital

 

Pembelajaran Literasi Digital

Dijaman teknologi serba canggih saat ini, semua peralatan sehari-hari manusia sudah serba digital. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur lagi, kita sudah sangat bergantung pada teknologi digital. Dari hal sepele seperti janjian dengan teman hingga hal rumit yang menyangkut pekerjaan semuanya tidak lepas dari teknologi digital. Bahkan untuk mencari alamatpun sekarang sudah tidak perlu bertanya pada orang lagi karena ada teknologi maps yang melayani.

Menghadapi perkembangan teknologi yang semakin canggih tersebut, literasi digital dinilai perlu diterapkan di semua lini kehidupan. Di jenjang sekolah dasar, pembelajaran literasi digital perlu dikenalkan. Di jenjang sekolah menengah hingga perguruan tinggi, pembelajaran literasi digital juga perlu ditekankan. Begitu juga pada masyarakat umum, seperti ibu rumah tangga, para pekerja, komunitas dan yang lainnya. Pemahaman atas literasi digital sangat-sangat perlu disebarluaskan.

Literasi Digital memiliki makna sebagai sebuah pemahaman dasar terkait dunia digital. Definisi Literasi digital lebih dititikberatkan pada keterampilan yang dibutuhkan dalam lingkup dunia digital. Literasi lebih dari sekedar kemampuan baca tulis. Namun lebih dari itu, Literasi adalah kemampuan individu untuk menggunakan segenap potensi dan skill yang dimiliki dan mencakup kemampuan membaca kata dan membaca dunia.

Literasi Digital Pada Anak

Tak dapat dipungkiri, anak-anak zaman sekarang tidak mau ketinggalan memiliki gadget. Kepemilikannya mereka bukan pada kebutuhan, namun lebih pada ikut-ikutan supaya tidak ketinggalan zaman. Oleh karena itu supaya tetap terarah dan tidak menimbulkan banyak hal negatif, konsep literasi digital perlu diajarkan sedari duduk di bangku sekolah.

Baca juga : Pembelajaran Literasi Sains Untuk Anak-Anak

Pada pembelajaran literasi digital tentunya perlu diajarkan cara menyaring kebenaran sebuah informasi. Caranya tentu saja dengan menahan dulu informasi yang diterima. Informasi yang biasanya dibroadcast tidak boleh langsung disebarkan. Harus dicari dulu bahan pembanding di mesin pencarian Google atau bertanya dulu pada yang lebih paham.

Seseorang yang memiliki tingkat literasi digital tinggi tidak akan mudah termakan informasi bohong. Apalagi, ikut-ikutan menyebar informasi bohong atau hoax. Dengan pemahaman dan bimbingan d yang benar, mereka bisa menjadi tameng bagi tersebarnya informasi Hoak.

Baca juga : Waspadai Hoak Di Dunia Maya

Pembelajaran Literasi digital akan membuat indvidu dapat membuat keputusan yang lebih baik karena ia mampu untuk mencari informasi, mempelajari, menganalisis dan membandingkannya kapan saja. Jika seseorang mampu membuat keputusan hingga bertindak, maka sebenarnya ia telah memperoleh informasi yang bernilai.

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!