Pendidikan

Pengalaman Kursus di Skill Academy Memakai Kartu Prakerja

Pengalaman Kursus di Skill Academy Memakai Kartu Prakerja – Program Kartu Prakerja masih terus bergulir, hingga tulisan ini dibuat (Awal Maret 2021) program memasuki gelombang ke-14. Ada ribuan orang yang telah diterima di gelombang-gelombang sebelumnya dan mendapatkan manfaat dari programnya. Sementara ribuan orang lainnya masih menunggu untuk direviuw dan mengantri untuk mendaftar di gelombang selanjutnya. Alhamdulillah saya menjadi salah satu orang yang sudah menerima program Kartu Prakerja ini di tahun 2020 lalu.

Kartu Prakerja

Dulu waktu mendaftar pertama kali di gelombang keempat, saya masih ragu dan tidak punya gambaran lengkap mengenai programnya. Saya sekedar daftar dan mengikuti apa yang tertera di websitenya. Karena saat itu di rumah lagi banyak cobaan dan masalah, saya tidak pernah lagi mengecek dan mengikuti programnya. Sampai pada akhirnya di gelombang ke-enam banyak teman di WAG yang menerima manfaat dari kartu Prakerja, saya kemudian tergerak hati buat mencobanya kembali.

Pada pembukaan gelombang ketujuh saya mendaftar ulang. Karena sebelumnya sudah pernah mendaftar jadi prosesnya lebih cepat dan simpel. Tinggal melakukan pendaftaran gelombang tanpa perlu upload dokumen pribadi. Ketika pengumuman, Alhamdulillah saya lolos dan masuk menjadi salah satu penerima program Kartu Prakerja gelombang tujuh.

Pengalaman Mengikuti Pelatihan Kartu Prakerja

Bagi saya yang maniak belajar dan suka tantangan, hal yang bikin bahagia kala menerima kartu prakerja adalah adanya bantuan dana untuk pelatihan. Nominalnya yang cukup besar tersebut membuat saya melirik banyak pelatihan untuk diikuti. Mumpung diberikan fasilitas gratis oleh pemerintah tentunya harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Seandainya disuruh membayar sendiri, kecil kemungkinan bagi saya untuk mengikutinya.

Baca juga : Pelatihan Online Yang Cocok Diikuti Selama Pandemi

Berhubung saya berkecimpung di dunia content writer dan Blogger maka jenis pelatihan yang berhubungan dengan hal itulah yang saya ambil. Disamping jenis pelatihannya sendiri, biaya pelatihan menjadi pertimbangan utama. Satu persatu lembaga pelatihan yang bekerja sama dengan Kartu Prakerja saya buka. Ada Kemnaker, PijarMahir, Tokopedia, Pintaria, Mau BelajarApa, Bukalapak, dan SekolahMu.

Dengan nominal yang diberikan oleh program Prakerja, Saya ingin memilih banyak pelatihan sesuai dengan minat saya di Situs Kelas Prakerja. Kalau cuma pilih satu gak bakalan cukup. Oleh karena itu pada tahap awal saya memilih jenis pelatihan yang harganya terjangkau.

Pilihan pertama yang saya ambil adalah Kelas Belajar Menjadi Technical Writer dari Eudeka Belajar. Karena ini adalah pelatihan pertama Prakerja yang saya ikuti saya sama sekali belum puas dengan materi yang diberikan. Materi berupa video Youtube yang monoton berdurasi 2 jam ditambah tes pembelajaran. Materi-materi di dalamnya juga sebagian besar sudah saya kuasai. Saya bisa lulus dengan cepat dalam pelatihan ini karena soal yang diujikan bisa dicari dengan pengulangan video youtubenya. Setelah nonton Youtube dan mengisi test langsung lulus.

Setelah pelatihan pertama selesai dan mendapatkan sertifikat, saya kemudian mencari lembaga pelatihan lain yang menyajikan materi yang saya minati. Saya mencari di Tokopedia dan Bukalapak. Di kedua e-commerce ini menyediakan banyak sekali jenis pelatihan hasil kerjasama dengan lembaga pelatihan yang ada. Salah satunya adalah lembaga pelatihan Skill Academy dari Ruangguru. Di lembaga ini saya memilih Kelas SEO 101: Cara Membuat Website Eksis di Halaman Depan Google sebagai pelatihan kedua.

Tak dinyana saya merasa cocok dengan metode pelatihan yang diberikan SKILL ACADEMY. Ada step-step yang mesti di jalani sebelum mendapatkan sertifikat. Skil saya benar-benar terasah disini. Kelasnya dimulai dengan pra test kemudian ada video-video yang dapat ditonton sebagai ganti pembelajaran oleh tutor. Videonya sendiri terdiri dari beberapa bagian berdurasi antara 5 sd 15 menit disesuaikan dengan materinya. Kalau masih belum paham dengan materi yang disampaikan dalam satu video saya bisa mengulanginya. Materi pelajaran bisa di akses sesuai kebutuhan. Seandainya ada keperluan mendadak, video bisa diskip dan dilanjutkan di lain waktu.

Di samping ada materi berupa video, di Skill Academy juga ada materi berupa dokumen yang bisa diunduh setelah menonton videonya. Di pertengahan dan di akhir materi ada test-test yang wajib diisi. Disini saya merasa seperti melakukan pelatihan sungguhan. Jiwa suka belajar saya terpuaskan. Materi yang diberikan makin menambah pengetahuan dan wawasan saya yang pada akhirnya mengasah Skil dan kemampuan.

Skill Academy
Kursus yang sudah saya ikuti di Skill Academy

Pada pelatihan ketiga dan keempat Kartu Prakerja, saya masih setia mengambil di Skill Academy. Di pelatihan atau kursus ketiga saya mengambil kelas Membuat Brosur Dengan Canva. Sementara di pelatihan keempat saya mengambil Teknik Menulis Kreatif Untuk Non Fiksi. Biaya pelatihan yang lumayan terjangkau membuat saya bisa ambil banyak pelatihan dengan saldo yang disediakan program Kartu Prakerja. Hasil pelatihannya cukup memuaskan.

Berhubung saldo pelatihan masih mencukupi, sayapun mencoba pindah ke tempat pelatihan lainnya. Di pelatihan kelima saya mengambil kelas pelatihan Mengedit Foto Menggunakan Snapseed di lembaga Pijarmahir.id. Tapi disini saya agak kecewa, disamping biayanya yang relatif mahal sekitar 400ribu, materi yang diberikan kurang memuaskan. Tidak ada kelas praktek untuk mengetahui kemampuan setelah mengikuti pelatihan. Jeda waktu antara materi terakhir dan jadwal webinar zoom juga cukup lama. Ditambah materi webinar di zoom tidak ada sangkut pautnya dengan kelas edit foto sehingga bikin agak gimana gitu.

Antara pelatihan satu dengan lainnya memiliki jeda waktu minimal 2 minggu. Saya baru bisa mengambil pelatihan lainnya setelah menerima sertifikat hasil pelatihan. Alhamdulillah saya bisa memanfaatkan sebanyak-banyaknya jatah saldo pelatihan yang disediakan pemerintah.

Tentang Skill Academy by Ruangguru

Skill Academy merupakan salah satu penyedia layanan pelatihan online hasil inovasi terbaru dari Ruangguru. Seperti yang diketahui, Ruangguru sendiri adalah sebuah perusahaan teknologi yang berbasis pada layanan pendidikan online. Saat ini Ruangguru menjadi website terbesar dan terlengkap di Indonesia yang memiliki lebih dari 22 juta pengguna dari 100 bidang pelajaran.

Setelah sukses dengan Ruangguru, tim terbaik disana mengembangkan Aplikasi Skill Academy untuk menunjang pembelajaran jarak jauh mereka yang ingin menambah skill dan kemampuan di berbagai bidang. Karena ada banyak bidang pekerjaan yang bisa dimanfaatkan untuk mencari cuan, Skill Academy juga menyediakan banyak sekali kelas pelatihan yang di sesuaikan dengan minat dan keinginan masing-masing orang. Ada bidang Bahasa, Teknologi, Pemasaran, Bisnis dan Keuangan hingga kelas industri kreatif untuk UMKM.

Untuk mendukung upaya pemerintah dalam menyiapkan banyak lapangan kerja yang mandiri, Skill Academy turut mensukseskan program Kartu Prakerja dengan banyak menyediakan kelas yang populer. Oleh karena itu mereka yang mendapatkan kesempatan ikut program Kartu Prakerja tidak ada salahnya untuk mengambil kelas yang disediakan oleh Skill Academy.

Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa Skill Academy menjadi platform belajar terbaik untuk program Kartu Prakerja

  1. Sudah banyak yang puas dengan layanan BPJS yang diberikan. Hingga saat ini Skill Academy sudah dipercaya oleh lebih dari 4 juta pengguna
  2. Skill Academy telah mendapatkan predikat juara dari Google Play User Choice Award sebagai aplikasi pengembangan diri terbaik
  3. Ada Program Career Mentoring pasca pelatihan  sebagai komitmen untuk memberi dampak nyata pada pengguna
  4. Pengguna bisa mendapatkan bimbingan intensif supaya memperoleh pekerjaan yang diidamkan. Bimbingan berupa info lowongan kerja, tips membuat CV dan interview, hingga ruang diskusi dengan fasilitator pilihan.
  5. Ada ratusan kelas populer dan efektif
  6. Semua materi dalam kelas pelatihan dibuat sendiri sendiri oleh tim ahli Skill Academy supaya sesuai dengan kaidah pembelajaran online
  7. 98% pengguna telah mengakui peningkatan keahlian setelah belajar di Skill Academy
  8. 76% pengguna mengakui Skill Academy membantu dalam meningkatkan penghasilan
  9. Tersedia pusat bantuan pelanggan yang aktif setiap hari
  10. Aksesnya mudah, asal ada jaringan internet Skill Academy berupaya dapat diakses oleh siapapun, kapanpun dan dimanapun. Materi pelajaran bisa diulang-ulang sesuka hati.

Perbandingan Skill Academy vs Pijarmahir.id

Baik Skill Academy maupun Pijarmahir.id merupakan platform pelatihan yang mumpuni. Masing masing tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Tapi saya sendiri yang sudah pernah mengikuti kelas pelatihan prakerja di kedua platform ini lebih merekomendasikan untuk memilih pelatihan di Skill Academy saja. Besarnya biaya pelatihan menjadi salah satu alasannya. Disamping materi pembelajaran dan keefektifan selama pembelajaran.

Untuk kelas SEO di Skill Academy saya hanya perlu membayar sebesar Rp 250.000, – . Sementara biaya kelas SEO di Pijarmahir.id ketika saya coba lihat biayanya Rp. 400.000, – . Begitu juga untuk kelas bahasa inggris meskipun saya tidak mengikuti kelasnya namun sempat ngintip harga yang ditawar. Kelas Bahasa Inggris untuk pencari kerja di Pijarmahir.id biayanya Rp. 400.00,- Sementara kelas Lancar Wawancara Kerja Bahasa Inggris di Skill Academy biayanya Rp 200.000,-. Kalau bagi mereka yang mampu, besarnya biaya mungkin tidak menjadi masalah. Namun yang ekonominya pas-pasan kayak saya faktor biaya jadi pertimbangan utama.

Mengenai tampilan video pembelajarannya saya juga lebih suka di Skill Academy. Penyampaian materinya lebih jelas dan lengkap. Disertai dengan dokumen pendukung yang mudah dipahami. Selain itu, Mentor/Pemateri yang ada di tiap kelas Skill Academy juga cukup mumpuni dan kredibel di bidangnya. Untuk kelas SEO ada Hilman Akbar yang merupakan Product Manager Tokopedia dan sangat mumpuni bidang website serta SEO.

Bagi yang mendapat rejeki program Kartu Prakerja sekarang di gelombang dua belas dan seterusnya, saya merekomendasikan untuk mengambil pelatihan di Skill Academy. Pengalaman saya telah membuktikan bahwa kelas belajar di Skill Academy lebih menyenangkan dibandingkan di tempat lainnya. Andai mendapatkan kesempatan buat pelatihan lagi saya masih ingin menjajaki kelas-kelas lainnya di Skill Academy.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

16 Komentar

  1. Aku belum pernah ikut program ini. Kayaknya setelah baca ulasan sampean bakal coba deh. Asik juga kalau dapet pelatihan gratis sebanyak itu. Btw kita samaan mbak. sama-sama suka ngejar ilmu dan suka ikut seminar seminar

  2. Skill academi ini keren banget ya mbak… Mayan nih menambah ilmu skill juga yang bermanfaat buat diri kita ya mbak

  3. Kartu Prakerja ini menolong banget ya kak,. Terlebih saat pandemi gini dimana banyak orang kehilangan pendapatan. Semoga membantu semakin banyak terbantu dengan kursus dari prakerja ini ya

  4. Skill academy memang tempat pelatihan yang paling mengerti kebutuhan penggunanya
    Latihan-latihan yang ditawarkan sangar kekinian sehingga lulusannya pun jadi makin keren dan siap masuk bursa kerja dengan keahlian yang mantap
    Buat yang banyak berkecimpung di dunia website dan sejenisnya, pelatihan SEO memang paling pas

  5. Enak banget nih belajar di fasilitasi prakerja. Aku juga memilih skill academy. Metode belajarnya menyenangkan, materi mudah dipahami dan pematerinya keren abis. JAdi nambah pinter dan mentornya kece pokoknya ehhee. Banyak juga pilihan materinya, sampe bingung pengen ikutan semua 🙂

  6. Toss Mbak Muna… saya pun ambil kelas SEO di Skill Academy by Ruangguru. Seneng banget ya diajar langsung sama Mas Ilman Akbar, video-videonya pro banget trus ada pre exam, exam, dan sertifikatnya pula ya

  7. Fadli says:

    Saya juga pernah ikut kelas di Skill Academy, memang bagus, sepertinya videonya terkonsep, konon kabarnya juga kelas yang dimasukkan harus lewat proses kurasi terlebih dahulu

  8. setuju banget deh sama program pemerintah kali ini, bantuan nggak langsung diberikan tapi masyarakat harus ikut pelatihan dulu jadinya ada bekal skill juga buat kedepannya ^^

  9. Wah bisa dapat kesempatan ikut pelatihan di Skill Akademi dari Kartu Prakerja asik banget ya Mba. Saya sudah beberapa kali coba daftar masukan KTP dan KK nggak bisa terus Mba, belum sampai proses reviu sama sekali, entah kenapa, kebetulan KTP dan KK baru beberapa tahun ganti alamat karena pindah kota, humm apa karena itu ya? Nanti akan coba daftar lagi, semoga bisa, makasih Mba rekomendasinya.

  10. Alhamdulillah ya Mbak, banyak kesempatan belajar dan menambah skill melalui kartu prakerja. Dan luar biasa semangat belajarnya. Saya jadi pengen juga nih, upgrade skil

  11. Dari dulu pengen banget bisa gabung di kartuprakerja. Sudah pernah coba daftar tapi belum pernah lolos sama sekali…bukan karena uangnya, tapi karena pengen ikut pelatihan dari Skill Academy ini. Karena bagus2 materinya kata temen saya yg pernah ikuti di Skill academy ini, terutama kaitannya dengan teknologi pemasaran, digital marketing, dll. Thanks kak sudah kubaca artikel di atas,,sangat2 bermanfaat bagi saya.

  12. Seru banget bisa ikut banyak kursus ya Mbak.. Kalau difasilitasi begini nggak ragu ketika ambil pelatihan yang harganya lumayan. Kadang, kalau pakai biaya sendiri suka maju mundur beli kursus. Takut nggak sesuai ekspektasi dll wkwk

  13. Nur Asiyah says:

    Skill Academy memang tempat pelatihan online yang oke ya kak. Kemarin saya juga ambil kelas storytelling sebelum terjun di blog. Sangat bermanfaat.

  14. Hendra Suhendra says:

    Saya juga sempat mengikuti Program Prakerja di 2020 lalu. Mau daftar lagi, eh gagal, ternyata belum rezekinya, hehehe… Kan lumayan duitnya buat nambahin beli beras.

    Wah saya terlambat nih infonya, dulu saya nggak tau kalau SKILL ACADEMY ini punya materi yang beragam dan berbobot. Jadi pengen nyoba belajar di sana nih.

    Sangat banyak prestasi yang sudah diraih sama Skill Academy ini ya.

    Makasih infonya ya, mana tau ada teman atau saudara yang bingung mau ikut kursus Prakerja di mana, bisa saya arahin ke Skill Academy aja deh…

  15. Asik banget ya, kursus di Skill academy pilihannya buanyaak, beragam banget
    mentornya juga super duper keren

    1. Beruntungmya yg sudah menerima manfaat kartu prakerja. Saya sudah daftar dri lama tpi blum lulus juga 🤭🤭. Semoga bisa lulus d gelombang selanjutnya. Skill academy bisanjdi pilihan nih kalau lulus.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *