Kesehatan

Pentingnya Nutrisi Yang Tepat Untuk Perkembangan Otak Si Kecil

Anugerah terindah bagi orang tua yang perlu dijaga dan rawat dengan sebaik-baiknya adalah anak. Setiap orangtua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk pertumbuhan anak yang menjadi buah hatinya. Setiap fase dalam tumbuh kembang anak sangat menentukan bagaimana dia akan tumbuh besar kelak. Banyak faktor yang berpengaruh dalam fase ini, di antaranya genetik, pola pengasuhan, serta nutrisi yang tepat.

Selain mendapatkan belaian kasih sayang, anak juga harus mendapatkan pemenuhan nutrisi dan stimulasi yang tepat supaya dapat tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Penting untuk diketahui oleh orang tua khususnya ibu, anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap itu dimulai dari otaknya. Nutrisi otak yang tepat untuk si kecil akan mendukungnya dalam kepemilikan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional dan kecerdasan sosial.

Usia anak balita atau anak di bawah lima tahun dipandang sebagai usia yang penting dan menentukan perkembangan anak di masa mendatang. Pada usia tersebut pertumbuhan dan perkembangan anak terjadi dengan pesat. Mereka ini biasanya tumbuh aktif dan menjadi peniru yang baik. Oleh karena itu, pada fase ini perlu menjadi perhatian bagi Ibu yang mempunyai anak balita. Sang Ibu perlu memperhatikan asupan nutrisi yang mendukung perkembangan otaknya supaya lebih optimal.

Baca juga : Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil

Nutrisi otak yang dibutuhkan bagi buah hati bisa didapatkan dari makanan seimbang yang Ibu berikan. Zat gizi yang berfungsi sebagai pendukung pertumbuhan dan perkembangan otak terbagi menjadi 2 jenis yakni zat gizi makro dan zat gizi mikro. Zat-zat gizi tersebut berpengaruh besar terhadap pertumbuhan sel dalam tubuh termasuk didalamnya sel otak.

Yang termasuk zat gizi makro diantaranya adalah sebagai :

1.Protein
Zat gizi dari protein disusun oleh asam amino yang terdiri dari beberapa bagian. Beberapa yang dibutuhkan oleh otak adalah tirosin dan triptotan yang berfungsi sebagai pembentuk neurotransmitter. Ada pula kolin yang berfungsi untuk membantu kerja normal otak. Zat protein dapat diperoleh dari telur, kacang-kacangan dan susu.

2. Lemak
Bagian lemak yang dibutuhkan oleh otak diantaranya adalah asam lemak omega 3 dan asam lemak omega 6 yang merupakan asam lemak esensial yang dibutuhkan dalam pembentukan membran sel saraf otak. Zat gizi makro yang berupa lemak bisa didapatkan dari lemak ikan laut, lemak biji-bijian seperti kacang tanah, kenari, kedelai, wijen dan biji bunga matahari.

3. Karbohidrat
Zat Karbohidrat merupakan sumber energi yang diperlukan untuk proses metabolisme otak dan proses pembentukan saraf otak. Karbohidrat bisa di dapatkan dari beras, terigu, jagung, kentang, ubi, dan oat.

Sementara zat gizi mikro dihasilkan oleh Vitamin dan Mineral. Beberapa vitamin yang bekerja membantu kinerja otak adalah Vitamin A, D, E, K, B, dan C. Sedangkan zat mineral diperlukan tubuh untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan tulang, fungsi otak dan jantung. Berbagai Vitamin dan Mineral dapat diperoleh dari berbagai jenis buah, daging, sayur dan juga susu.

Baca juga : Daging dan Telur Untuk Kecerdasan Otak

Seiring bertambahnya umur dan perkembangan buah hati yang pesat, Ibu juga harus memastikan bahwa ia memperoleh kecukupan asupan gizi lengkap dan seimbang. Salah satu caranya dengan memberikan asupan nutrisi yang tepat seperti susu pertumbuhan yang juga penting untuk otaknya. Orang tua perlu secara aktif mengenalkan minuman bernutrisi tersebut sejak dini agar kegemaran minum susu menjadi bagian dari keseharian anak-anak.

Ihsan itu termasuk anak yang sangat aktif, untuk memberikan nutrisi yang dapat mendukung tumbuh kembangnya secara optimal saya berikan juga ia Bebelac baru yang disempurnakan. Bebelac merupakan susu pertumbuhan yang dilengkapi nutrisi seimbang untuk mendukung anak tumbuh dengan tanggap yang lengkap.
Bebelac mengandung nutrisi yang sangat lengkap, mulai dari Minyak Ikan dan Omega 6 yang sudah ditingkatkan, FOS:GOS 1:9 dan diperkaya dengan 13 vitamin dan 9 mineral yang sangat dibutuhkan anak-anak. Omega 3 dan Omega 6 penting sebagai nutrisi otak anak, sedangkan FOS:GOS bisa membantu mempertahankan kesehatan saluran cerna. Berbagai Vitamin dan mineral sendiri tentunya juga sangat diperlukan untuk tumbuh kembang motorik dan otaknya.

Ihsan yang biasanya suka pilih-pilih makanan ternyata sangat menyukai susu Bebelac ini. Bahkan kadang dia pilih sendiri susunya saat diajak ke Minimarket. Semoga dengan stimulasi tepat, asupan gizi seimbang dan Bebelac dapat mendukung Ihsan untuk tumbuh dengan tanggap yang lengkap. Seiring berjalannya waktu, semoga perkembangan kognitif dan perkembangan motorik Ihsan dapat berkembang dengan pesat.

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang produk yang tepat untuk nutrisi otak, saya sering kepoin website Bebelac, ulasan disana sangat lengkap dan memberikan saya banyak pengetahuan baru mengenai tumbuh kembang anak.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

24 Komentar

  1. Buat anak yang susah makan, memang penting ya ada asupan susu yang gizinya lengkap.

  2. menulis:

    Semoga Ihsan jadi anak yang sehat lagi cerdas ya, Mba. Secara udah mengonsumsi susu yang tepat dan bernutrisi untuk perkembangan otaknya.

    1. menulis:

      Aamiin…

  3. Ratna Silvi menulis:

    Bebelac, nutrisi lengkap untuk si kecil. Pengaruhnya untuk kesehatan anak saya sangat baik. Aku mulai jatuh hati dengannya. Semoga mampu menyehatkan anak saya, fisik maupun psikisnya, termasuk untuk pertumbuhan kecerdasan otaknya.

    1. menulis:

      Semoga anaknya bunda sehat dan memiliki tanggap yang lengkap

  4. menulis:

    Jadi ibu memang harus aware ya soal nutrisi anak, harus lebih banyaj belajar lagi nih

  5. menulis:

    kandungan nutrisi di bebelac baru ini semakin lengkap dan di tingkatkan ya mbak…

  6. Indira menulis:

    Kandungan bebelac emang lengkap ya, buat bantu tumbuh kembang si kecil

  7. Penting banget ya nutrisi untuk si kecilagar berkembang dengan baik

  8. Iya ya…karena tugas perkembangan anak itu banyak banget jadi biar anaknya bisa menghadapi itu semua, kita tandem dengan pemenuhan gizi makanannya

  9. bebelac ini kandungannya lengkap juga ya untuk nutrisi otak anak. Senangnya melihat anak tumbuh sehat dan cerdas.

  10. PR banget buat ibu-ibu agar nutrisi buat anak tidak kurang. Susu Bebelac meelengkapinya duh. Ntar kalo punya anak kasih bebelac ?

  11. menulis:

    Wah Ihsan minum susu yang sama dengan SID, nih. bebelac 3 rasa madu enak dan bergizi.

  12. Waah bagus ada minyak ikannya. Biasanya anak-anak ogah kan kalau disuruh minum langsung.

  13. we have to make sure the kids get enough nutrition they need. Semoga makin besar, aktif, dan cepat tanggap yaaa

  14. Hai Ihsan, salam kenal ?
    Semoga senantiasa diberikan kesehatan dan masa kecil yang menyenangkan yaa.
    Aih..asyik nih yang baru aja beli susu.

  15. menulis:

    bebelac ini kandungannya emang lengkap banget ya mbak. Jadi pas untuk anak-anak kita ?

  16. Anaku juga minum susu bebelac mbak. Nutrisinya lebih lengkap, apalagi mengandung omega 3 dan 6 ?

  17. Kepoin web bebelac jg ah spt dpt info ttg nutrisi otak. Sehat selalu y ihsan.. ?

  18. menulis:

    Fahmi putra saya juga susunya beralih ke Bebelac. Yang kemasan karton sama kemasan kaleng mending yg mana ya?

  19. Tumbuh kembang anak selalu jd prioritas sang ibu ya mbak, termasuk nutrisi yg baik untuk si anak . Sukaa banget liat anak kecil yg aktif, itu bukti kalo nutrisinya tercukupi dgn baikk

  20. menulis:

    Emang penting banget nutrisi untuk anak dan bebelac ini sangat membantu sekali..

  21. Seorang ibu memang harus banget pinter untuk melengkapi nutrisi untuk anak, apalagi untuk membuat makanan si kecil agar lahap makannya

  22. Halo ihsan ahh senengnya beli cucu bebelac yaa, Mamanya pinter deh ngasih solusi keren , nutrisi buat perkembangan otak si kecil agar cepat tanggap. Sehat selalu ya Anak, makin aktif doonk..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *