Aneka Tanaman Pertanian dan Perkebunan

image

Setiap hari ibu ibu berbelanja membeli beras dan sayur-sayuran untuk makanan kita. Tahukah kita siapakah yang menanam padi dan sayur sayuran itu? Yup, yang menanam adalah para petani. Padi, sayur sayuran, buah buahan dan lain sebagainya disebut dengan tanaman pertanian.
Pada hakekatnya tanaman pertanian itu ada 3 macam, yakni :


1. Tanaman bahan makanan pokok.
   Artinya hasil tanaman itu dipakai sebagai bahan makanan pokok kita. Misalnya : padi, jagung, ketela, sagu dan sebagainya.
2. Tanaman bahan makanan tambahan
Makanan tersebut antara lain adalah jenis hortikultura berupa tanaman sayur dan buah buahan. Seperti : bayam, kangkung, kubis, apel, jeruk, jambu dan sebagainya.

3  Tanaman bahan industri
Hasil dari tanaman tersebut dapat dipakai sebagai bahan industri. Misalnya : tebu, kopi, teh, kapas dan sebagainya.

Tanaman bahan makanan yang banyak ditanam petani Indonesia adalah padi. Karena seperti diketahui bersama bahwa makanan pokok penduduk Indonesia adalah beras dan beras dapat dibuat nasi, nasi untuk dimakan. Banyak orang yang beranggapan bahwa istilah “sudah makan” itu mendiskripsikan “makan nasi”, selain makan nasi disebut dengan ngemil atau njajan.

Beras dari padi dapat ditanam di sawah maupun di ladang. Untuk memperoleh hasil yang banyak harus ditanam di daerah yang tanahnya subur. Untuk menambah kesuburan, tanah perlu diberi pupuk. Pupuk tersebut dapat berupa pupuk kandang, pupuk hijau, atau bisa juga pupuk buatan pabrik.

Semua daerah di Indonesia pada umumnya adalah penghasil padi. Daerah daerah di Jawa, Bali, Sumatra dan Sulawesi adalah daerah daerah utama penghasil padi. Hal ini disebabkan karena adanya pengairan dan irigasi yang baik serta curah hujan yang cukup. Disamping karena menanam padi merupakan mata pencahariaan terbesar petani Indonesia.

Disamping padi yang menghasilkan beras / nasi, ada juga masyarakat Indonesia yang makanan pokoknya adalah jagung ataupun sagu. Mereka ini adalah masyarakat yang biasanya tinggal di daerah Maluku dan Papua.

Tanaman bahan makanan tambahan dan tanaman bahan industri biasanya ditanam di areal perkebunan. Dalam skala kecil untuk kebutuhan rumah tangga / kebutuhan sendiri ada yang ditanam di pekarangan rumah dan ada juga yang ditanam di pematang pematang sawah. Biasanya berupa aneka sayur dan buah buahan.

Dalam skala besar untuk kebutuhan industri dan pabrik, tanaman ditanam di tanah yang cukup luas yang disebut dengan perkebunan. Sebutan untuk perkebunan sendiri disesuaikan dengan jenis tanaman yang ditanam. Kalau yang ditanam adalah tebu, maka disebut perkebunan tebu. Kalau yang ditanam adalah karet, maka disebut perkebunan karet begitu juga dengan kopi, teh, sawit dan sebagainya.

3 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!