Terus Menyatu dengan Alam Melalui Berkebun

Beberapa orang mengatakan bahwa berkebun itu sangatlah merepotkan. Namun hal itu tak berlaku buat saya. Karena selain menulis, saya juga memiliki hobi tanam menanam terutama menanam bunga dan sayur.

Saat harus menggemburkan tanah, memberi pupuk untuk menyuburkan, dan menyirami tanaman dengan air secara berkala menjadi rutinitas yang sangat menyenangkan. Apalagi saat akan menanam tanaman atau sekedar memindahkan tanaman dari pot satu ke pot lainnya menjadi hiburan tersendiri bagi saya. Semua hal yang berkaitan dengan tanaman sangatlah menyegarkan pikiran.

Memang untuk beberapa orang yang memiliki hobi berkebun, tidak ada kata lelah kala tangan-tangan yang cekatan merawat dan menjaga tanaman setiap harinya. Saat melihat atau memanen hasilnya juga menjadi sebuah kebanggaan tersendiri. (Baca juga : Beberapa Istilah Keren Dalam Pertanian)

Beberapa manfaat berkebun yang bisa didapatkan adalah sebagai berikut :

Berkebun dapat mengingatkan kita akan pentingnya peran alam

Berkebun ternyata dapat mengubah pola pikir kita yang sebelumnya tidak peduli akan memelihara lingkungan menjadi sangat peduli hingga tidak akan tahan jika ada orang yang berusaha merusak alam. Para pecinta alam cenderung memiliki kesadaran yang tinggi akan kelestarian alam karena rasa peduli mereka saat menikmati indahnya alam.

Menghilangkan stress yang menumpuk dari hari ke hari

Berkerja setiap hari menuntut kita harus terus focus dan teliti dalam mengerjakan setiap pekerjaan. Butuh konsentrasi yang tinggi setiap waktu saat berkerja. Stress yang timbul dapat menjadi halang rintang untuk kemajuan dari pekerjaan hingga bahkan membuat jabatan sedikit terhambat untuk naik. Kembali pada alam akan menyejukkan pikiran dan membantu kita melupakan sejenak semua masalah yang ada.

Bisa menjadi terapi oksigen alami

Tanaman mengandung banyak klorofil pada bagian daun. Klorofil menyebabkan daun berwarna hijau. Selain itu, klorofil juga dapat berguna sebagai tempat terjadinya metabolisme dari daun yang menghasilkan oksigen saat siang hari. Itu yang menyebabkan kita merasa nyaman berada dibawah pohon rindang meski siang sedang sangat terik. Namun, sebaiknya hindari berada di dekat pohon rindang pada malam hari. Karena pohon pada malam hari tidaklah menghasilkan oksigen seperti saat siang hari, melainkan karbon dioksida yang semestinya kita hembuskan sebagai hasil metabolisme oksigen.

Sibuk dengan kegiatan berkebun tidak lantas menjadikan kita lupa dalam merawat diri. Keringat saat melakukan kegiatan berkebun dapat menjadikan wajah berminyak setelahnya. Menggunakan make up cleanser wajah membantu menghilangkan sisa make up dari wajah. Sedangkan penggunaan cleansing water wajah kering dapat membantu membersihkan wajah secara menyeluruh.

Mari nikmati hidup dengan meluangkan waktu untuk berkebun.

(Visited 55 times, 1 visits today)
2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!