NGEBLOG LEBIH HAPPY DENGAN SAMSUNG GALAXY J5

Awal mula saya ngeblog adalah sebagai penyaluran hobi baca dan nulis. Semenjak beberapa bulan lalu pasca bertemu dengan para blogger dari berbagai daerah, saya ketularan virus ngeblog dan menikmati aktivitas tersebut. Ada begitu banyak manfaat ngeblog yang saya rasakan.

Selain sebagai penyaluran hobi, ngeblog juga bisa membuat saya mempunyai banyak teman baru, mendapat banyak ilmu-ilmu baru serta manfaat-manfaat lainnya. Yang paling menyenangkan tentu saja karena dari ngeblog bisa mendapat sumber penghasilan dan rejeki baru lewat job-job yang saya dapatkan.

Beberapa teman dekat saya mengira kalau saya nulis ini dan nulis itu di blog menggunakan laptop yang saya punya. Padahal sebenarnya saya ngeblog itu pake hp saudara-saudara. Yup….  HP android atau dalam istilah masa kini disebut ponsel atau smartphone adalah alat saya menulis di blog.

Baca juga : Awal Kisahku Nge-Blog

Awalnya sih emang nulis pakai laptop dan hanya sesekali nulis dengan Smartphone. Namun setelah modem saya rusak dan laptop kena virus, aktivitas ngeblog dengan laptop benar-benar saya tinggal. Saya konsisten ngeblog menggunakan smartphone yang saya punya.

Apakah saya happy dan puas ngeblog lewat smartphone? Jabannya happy pakai bangett….. dan kepuasannya 100%. Hasil ngeblog lewat smartphone tidak jauh beda dengan hasil ngeblog lewat laptop. Coba pantengin blog saya ini ! Adakah yang janggal dan beda? Hampir 80% isi blog ini saya tulis menggunakan smartphone.

Blogging lewat smartphone selain praktis dan cepat, kelebihan lainnya adalah bisa dipakai dimana saja dan kapan saja. Mau ngedraf, BW, posting, koment ataupun share bisa dilakukan menggunakan smartphone. Mau sambil duduk, berdiri ataupun rebahan di kasur yang empuk juga bisa dilakukan tanpa buka-buka laptop. Jadi saat duduk nunggu antrian di bank, naik bis atau kereta, nunggu jemputan atau sekedar santai dirumah bisa tetap ngelanjutkan aktifitas ngeblog.

Ngeblog Smartphone Samsung
Aplikasi-aplikasi dalam Smartphone saya

Smartphone yang saya pakai buat ngeblog sebelumnya adalah Samsung Duos yang ukuran layarnya kecil. Namun karena desakan dari pemberi job sebelumnya dan juga ejekan teman-teman yang mengatakan kalau saya harus ganti agar bisa maksimal ngeblognya,  sayapun membeli smarphone baru Samsung Galaxy J5 yang merupakan generasi baru dari Samsung J series.

Smartphone Samsung menjadi pilihan saya bukan tanpa alasan tapi karena berbagai keunggulan yang dipunyainya. Disamping dari merek yang mencerminkan brand kualitas tinggi juga karena pengalaman sebelumnya menggunakan smarphone Samsung yang awet bertahun-tahun tanpa kerusakan sedikitpun.

Pertama kali lihat penampilan Samsung Galaxy J5 di toko Hp langganan, saya langsung jatuh cinta. Bodynya benar-benar keren. Samsung J5 mempunyai ukuran layar 5,2″ yang cocok di genggaman tangan gak terlalu besar juga gak terlalu kecil. Menggunakan teknologi super AMOLED display 1280 x 720 membuat Samsung Galaxy J5 sangat jernih sehingga tidak perlu takut mata sepet atau perih gara-gara ga high definition. Jaminan kepuasan bagi seorang blogger karena dapat dipastikan ngeblognya lancar jaya.

Samsung Galaxy J5
Samsung Galaxy J5

Samsung Galaxy J7 yang merupakan produk Samsung J Series lainnya, saya temukan saat browsing di toko online. Produk ini tidak ada sebelumnya di toko HP Langganan saya, sehingga saya tidak tahu. Tampilannya hampir mirip dengan Samsung Galaxy J5 milik saya namun ukuran layarnya lebih besar. Samsung Galaxy J7 berukuran 5,5″ dan sama-sama menggunakan super AMOLED display 1280 x 720.

Dalam rilis terbarunya, Samsung telah menghadirkan Galaxy J5 dan Galaxy J7 sebagai pilihan kepada konsumen Indonesia. Kedua smartphone ini berbahan dasar metal yang mengusung sistem operasi Android Marshmallow. Keduanya dibekali kamera belakang 13 megapiksel dan kamera depan 5 megapiksel. Keduanya sama-sama memiliki layar berresolusi high-definition (HD) Super Amoled.

Perbedaannya adalah Galaxy J7 berukuran layar 5,5 inci sementara Galaxy J5 hanya,5,2 inci. Dari sisi prosesor, Galaxy J7 ditanam chipset Octacore 1.6 Ghz, sedangkan Galaxy J5 Quadcore 1.2 Ghz. Perbedaan lainnya terletak pada baterai bawaannya,  di mana Galaxy J7 memiliki daya 3.300 mAH, sementara Galaxy J5 3.100 mAH.
Baik Samsung Galaxy J5 maupun Samsung Galaxy J7 mempunyai kelebihan dan keunikan masing-masing,  disesuaikan dengan kebutuhan pemakai.

Fitur-fitur didalam J5 dan J7 hampir sama. Keduanya juga sudah support jaringan 4G LTE yang membuat koneksi internet makin wuss serta sama-sama dual sim juga untuk memperlancar komunikasi. Ngeblognya selalu Happy.

Jika saya saat ini menggunakan Samsung Galaxy J5 sebagai alat ngeblog dan juga smartphone sehari-hari.  Insyaallah jika ada rejeki lagi, saya akan beli Samsung J7 untuk diberikan pada adik saya agar ketularan virus ngeblog juga dan bisa memanfaatkan berbagai fitur didalamnya.

Sebagai seorang Blogger,  saya sangat memaksimalkan fungsi smartphone yang saya punyai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam menunjang aktifitas ngeblog  fitur-fitur yang saya gunakan dalam smartphone Samsung Galaxy J5 saya dalam adalah sebagai berikut :


1. Aplikasi Blog

Setelah beli Samsung Galaxy J5, saya langsung install aplikasi WordPress didalamnya untuk keperluan ngeblog saya. Aplikasi WordPress di smartphone telah memungkinkan blogger untuk memposting tulisan disertai gambar dan mengeditnya. Disamping itu juga bisa melihat statistik blog, terima notif komen dan membalasnya,  ganti tema dan sebagainya. Memasang banyak akun blog juga bisa dilakukan menggunakan smartphone. Saya punya 4 akun wordpress yang saya kelola dalam satu aplikasi.

Aplikasi blog munasya.com
Aplikasi Blog WordPress dalam Smartphone


2. Kamera

Samsung Galaxy J5 mempunyai kamera utama 13 MP dan kamera depan 5 MP. Ini benar-benar memanjakan saya dalam hunting foto. Hasilnya sangat jernih dan menawan. Bahkan dalam kondisi minim pencahayaan sekalipun Samsung Galaxy J5 bisa menyesuaikan tanpa perlu pengaturan manual.

Sebagai seorang blogger yang mempunyai mobilitas tinggi,  fitur kamera sangat penting buat saya untuk mengabadikan berbagai momen yang menarik. Walaupun bukan seorang fotografer yang profesional, tapi kualitas foto yang baik sangat menunjang postingan saya di blog. Samsung Galaxy J5 ini sangat menunjang keinginan saya tersebut, dengan teknologi palm recognition yang tertanam di dalamnya, cukup dengan satu gerakan tangan smartphone ini langsung siap untuk mengambil gambar tanpa tekan tombol shutter sehinga momen-momen menarik lebih cepat tertangkap kamera.

Hasil jepretan kamera
Hasil jepretan Kamera Samsung Galaxy J5 yang menawan di kondisi apapun


3. Editing Foto 

Fitur editing ini saya gunakan hanya untuk menambahkan sedikit brightness dan kontras, cropping, gabungin foto dan memberi watermark identitas blog agar gambar tidak dicomot orang sembarangan. Selebihnya saya biarkan apa adanya karena kualitas fotonya sudah sangat bagus.

Pilihan editing yang biasa saya gunakan adalah photogrid.


4. Email

Email atau surat elektronik adalah sarana penting dalam dunia maya dan perbloggingan saat ini. Lewat emaillah saya mendapatkan banyak tawaran job,  undangan event dan juga berkomunikasi dengan banyak orang. Dengan adanya email di smartphone, saya bisa langsung dapet pemberitahuan kalau ada email masuk tanpa perlu membuka laptop. Saya langsung bisa membaca isinya, mengunduh filenya (jika ada) dan membalasnya. Cukup dengan sentuhan jari saja.

Akun email
Akun email saya


5. Ngedraft Tulisan

Sebelum masuk dalam blog, saya ngedraf tulisan di notes bawaan dari smartphone ini. Tidak ada batasan kata/huruf dalam notes ini sehingga memaksimalkan untaian kata-kata yang saya keluarkan. Notesnya juga menyimpan secara otomatis sehingga tidak takut hilang jika sewaktu-waktu ditinggal karena suatu keperluan.

Setelah ditulis, diedit dan dirasa sudah fix,  draf tulisan ini kemudian saya copy dan pastekan di aplikasi blog.


6. Fitur Chat dan Sosial Media

Sebagai seorang blogger yang mobile, tentunya saya harus memaksimalkan semua akun sosial media yang saya punyai. Mulai dari Facebook, Twitter, Instagram dan Youtube. Begitu juga dengan aplikasi chatting semacam wattshap,  BBM,  line, massenger dan sebagainya.

Semua aplikasi tersebut terinstal di smartphone saya dan saya gunakan untuk pomosikan tulisan, share tulisan, berkomunikasi dengan teman,  menerima job dan hal-hal lainnya yang mendukung aktivitas saya. Dengan adanya sosmed dan media chat saya bisa menambah jaringan perteman, menambah koneksi dan menambah banyak job.

Media sosial chatting munasyaroh fadhilah
Beberapa media sosial dan chatting yang saya miliki

 

7.  Aplikasi Bank Langganan

Ngeblog adalah salah satu aktivitas dunia maya. Semua job, transaksi maupun komunikasi dilakukan lewat perantara udara tanpa bertatap langsung, sehingga saat ada job yang datang, pembayaran juga ditransfer langsung. Agar lebih mudah mengecek fee yang sudah masuk, saya memasang aplikasi mobile banking dari bank yang saya gunakan. Saat ada email pemberitahuan terkait fee, saya langsung bisa mengeceknya tanpa susah-susah datang ke Bank atau nyari ATM.  Selain praktis juga gratis.

Disamping aplikasi-aplikasi diatas masih banyak aplikasi lain yang terinstal di smartphone saya untuk menunjang aktivitas sehari-hari di luar ngeblog. Meskipun banyak aplikasi yang diinstal, namun kinerja Samsung Galaxy J5 saya tetap prima, multitasking juga lancar jaya. Karena Samsung J5 mempunyai RAM dan ROM nya besar sehingga tiada halangan berselancar di dunia maya. Memori internalnya 16 GB yang bisa di-upgrade hingga 128 GB, serta RAM 2 GB.  Benar-benar luar biasa dan mumpuni.

Samsung Galaxy J5 telah menghadirkan performa dan keunggulan yang sangat mumpuni. Performa dan keunggulan tersebut untuk mendukung gaya hidup masyarakat masa kini yang membuat dunia dalam genggaman tangan. Samsung Galaxy J5 jadi andalan saya buat blogging saat ini. Jadi tidak ada salahnya kan merekomendasikan smartphone Samsung J series lainnya buat orang yang saya kehendaki seperti sekarang ini.

Keberadaan Samsung Galaxy J5 ataupun J7 bisa jadi pilihan utama seorang blogger seperti saya. Kehandalannya bisa dimaksimalkan untuk mendukung aktifitas ngeblog sehingga dapat menjadi seorang blogger profesional. Jika ingin tahu lebih banyak tentang smartphone Samsung ini, kunjungi saja langsung http://www.samsung.com lihat tampilannya, pelajari spesifikasinya dan langsung membelinya jika ada dana.

Semoga tulisan ini bermanfaat.  Jika ada pertanyaan, pesan atau hal lain yang mengganjal silahkan tinggalkan komentar di bawah ini. Kita akan mendiskusikan bersama.

10 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!