​PERHATIKAN HAL BERIKUT SEBELUM MEMBELI ATAU MENYEWA RUMAH

Rumah adalah kebutuhan primer manusia yang paling penting setelah kebutuhan sandang dan pangan tercukupi. Rumah memegang peranan sangat penting dalam kehidupan sosial dan kebutuhan individu. Di dalam rumah lah manusia berlindung, melakukan kegiatan, membina keluarga dan juga beristirahat.

Rumah adalah tempat tinggal yang harus dimiliki oleh semua orang. Jika mempunyai budget lebih bisa membeli rumah sebagai tempat tinggal permanen dan dapat digunakan dalam jangka waktu lama, namun jika budget pas-pasan menyewa rumah bisa menjadi alternatif pilihan sebagai tempat tinggal sementara.

Rumah dijual
Ilustrasi rumah (sumber : pixabay)

Membeli atau menyewa rumah semuanya sama-sama baik, yang penting bisa dijadikan tempat istirahat dan pulang setelah beraktivitas. Agar aman dan nyaman, banyak hal penting yang patut dipertimbangkan dalam memilih lokasi untuk tempat tinggal. Semuanya tergantung sudut pandang dan tingkat kebutuhan masing-masing.

Berikut ini ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum membeli atau menyewa rumah

1. Kondisi Jalan Utama

Jalan utama menjadi titik akses penting menuju ke rumah, Jika kondisi jalannya jelek atau sulit dijangkau karena terlalu sempit untuk kendaraan, ada baiknya mempertimbangkan lokasi lain untuk tempat tinggal.

2. Syarat Kelengkapan Rumah
Adanya Air, Listrik dan jaringan telekomunikasi adalah syarat mutlak kelengkapan rumah. Cari tahu tentang layanan-layanan tersebut apakah sudah ada atau belum. Jika sudah ada, cek juga kondisinya bagus atau tidak. Ini penting karena kelengkapan tersebut menjadi jaminan kenyamanan tempat tinggal anda.


3. Lingkungan Sekitar

Mengingat anda dan keluarga akan menghabiskan waktu lebih banyak di lingkungan tempat tinggal yang baru, lihat dan perhatikan kondisi lingkungan sekitar rumah. Faktor kebersihan, tingkat polusi dan sarana penghijauan amat penting untuk dimiliki. Faktor-faktor ini sangat menunjang kesehatan para penghuninya.


4. Lokasi strategis

Lokasi strategis memang cenderung subjektif bagi tiap orang. Pemahaman lokasi strategis disini dapat diartikan sebagai lokasi yang sesuai dengan kebutuhan. Ada yang mengatakan lokasi strategis adalah di pinggir kota yang nyaman dan ada pula yang menginginkan lokasi strategis ada di tengah kota yang super sibuk. Di manapun lokasinya yang penting pemiliknya bisa leluasa melakukan kegiatan-kegiatan dengan efisien tanpa kehilangan banyak waktu di perjalanan. Fasilitas-fasilitas umum juga mudah didapat/dijangkau.


5. Bebas Banjir. 

Bebas banjir menjadi salah satu kriteria terpenting dalam menentukan lokasi rumah. Jika tempat tinggal dilanda banjir, rutinitas akan terhambat, transportasi sulit dan barang-barang berharga pun rawan rusak karena terendam air. Oleh karenanya, daerah bebas banjir harus jadi lokasi pilihan utama sebagai tempat tinggal.


6. Kondisi Bangunan

Kondisi rumah yang akan disewa atau dibeli hendaknya dipastikan keadaannya. Apakah dalam kondisi baik dan layak huni atau ada kecacatan seperti cat dinding yang banyak mengelupas, ada atap bocor, pintu rusak dan sebagainya. Hal tersebut untuk memastikan apakah bisa langsung dapat ditinggali atau perlu melakukan perbaikan terlebih dahulu.

 

Tujuan utama dari pemilihan rumah sebagai tempat tinggal adalah untuk kenyamanan. Mungkin tidak semua kondisi di atas dimiliki oleh sebuah rumah. Namun setidaknya hal-hal diatas dapat membantu anda untuk memilih seperti apa rumah yang dikehendaki.

Ada Banyak sekali iklan tawaran rumah disewakan dan  rumah dijual yang bisa dijadikan rujukan. Anda tinggal memilih mana yang diinginkan dan tentunya disesuaikan dengan budget yang dipunyai serta kebutuhan pemiliknya.

Demikian beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum membeli atau menyewa rumah. Jika ada pertanyaan, sanggahan atau tambahan silahkan tulis di komentar.

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!