Keuangan

5 Alternatif Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai Selain Bank

5 Alternatif Mendapatkan Pinjaman Selain Bank.  Aneka kebutuhan hidup yang semakin meningkat terkadang membuat sebagian orang terpaksa mengajukan pinjaman untuk memenuhinya. Pinjaman terpaksa dilakukan agar kelangsungan hidup tidak terancam. Lembaga keuangan seperti Bank menjadi alternatif utama untuk ambil pinjaman dana tunai. Keberadaann lembaga keuangan seperti ini di Indonesia terbilang cukup banyak. Mulai dari bank milik negara atau BUMN hingga bank milik perorangan atau bank swasta.

Hal itu diperkuat dengan banyaknya produk keuangan yang ditawarkan. Penawaran meliputi pinjaman yang berbasis agunan dan juga bentuk pinjaman tanpa agunan. Nasabah juga bisa mendapatkan nilai pinjaman yang tergolong bervariatif, mulai dari nominal jutaan rupiah sampai dengan ratusan juta rupiah. Tergantung jenis pinjaman dan juga kemampuan di dalam melakukan pembayarannya. Nanti pihak bank sendiri yang akan menilai kelayakan/besaran pinjaman.

Tempat meminjam uang
Kantor Bank (sumber gambar : pixabay)

Namun tak dapat dipungkiri bahwa untuk mendapatkan pinjaman dana tunai dari bank tidak semudah yang dibayangkan. Ada beragam jenis syarat yang harus dipenuhi dan terkadang membuat calon debitur tersebut ditolak pengajuannya karena tidak memenuhi syarat yang sudah ditentukan. Namun tidak perlu khawatir, karena nyatanya selain bank ada beberapa alternatif tempat lainnya yang bisa di tuju untuk mendapatkan pinjaman dana tunai, diantaranya adalah :

1. Keluarga atau Teman

Jika seandainya ada keluarga atau teman yang dari segi keuangan terbilang mampu, jumlah yang Anda butuhkan juga cukup kecil. Maka bisa memilih meminjam uang dari mereka. Paling tidak pembayarannya sesuai dengan jumlah nominal yang dipinjam, tidak ditambah dengan suku bunga. Hanya saja tetap harus segera dikembalikan jika seandainya sudah memiliki uang.

2. Pegadaian

Lembaga keuangan yang satu ini bisa juga dijadikan alternatif untuk mengambil pinjaman. Hanya saja ada syarat yang harus dipenuhi, yaitu harus menyertakan adanya barang untuk diagunkan. Barangnya bisa apa saja yang penting bernilai jual. Contohnya barang elektronik, perhiasan, kendaraan dan sebagainya yang bisa dijadikan sebagai agunan atau jaminan untuk mendapatkan pinjaman disana. Nilai pinjaman disesuaikan dengan barang yang di gadaikan tersebut.

3. Koperasi Simpan Pinjam

Keberadaan unit koperasi di Indonesia sendiri terbilang cukup banyak dan masih eksis hingga saat ini. Anggota yang tergabung didalamnya bisa meminjam uang, meskipun dari segi jumlahnya tidak banyak. Namun paling tidak bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan. Kalau tidak menjadi anggota biasanya diminta untuk mengisi formulir pendaftaran anggota terlebih dahulu sebelum mendapatkan pinjaman.

4. Perusahaan Modal Ventura

Jika seandainya kebutuhan akan uang pinjaman dipakai untuk modal berbisnis. Maka perusahaan modal ventura bisa Anda jadikan sebagai tujuan. Namun sesuai namanya, bentuk dari pinjamannya sendiri adalah untuk modal untuk usaha. Jadi harus jelas proposal yang diajukan untuk meminta bantuan modal usaha tersebut.

Pinjaman uang

 5. Pinjaman Secara Online

Tempat inilah yang paling banyak digunakan oleh masyarakat saat ini, dimana mereka mengambil pinjaman secara online lewat beberapa perusahaan pemberi pinjaman secara online juga tentunya. Prosesnya cepat dan juga mudah, karena memang tidak diwajibkan untuk menyertakan adanya barang jaminan atau agunan dalam bentuk apapun.

Hanya saja tetap harus berhati-hati, karena tak jarang diantara lembaga pinjaman online yang bermasalah, karena belum terdaftar dalam OJK dan memberlakukan bunga yang terlalu tinggi, mencekik debiturnya. Carilah yang sudah terbukti terpercaya dan legalitasnya terjamin oleh OJK seperti diantaranya adalah dari Maucash. Baca juga : Pahami Fintech, Kenali Manfaat dan Resikonya

Setidaknya itulah beberapa alternatif untuk mendapatkan pinjaman dana tunai selain berasal dari bank.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. Setuju. hadirnya pinjaman online ini cukup membantu untuk yang butuh dana cepat. Walaupun harus digunakan secara bijak.

    1. Bijak dan hati-hati tentunya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *