Kecantikan

Ekstra Manfaat Buah Pepaya Untuk Kulit Manusia

Buah pepaya ternyata tidak hanya enak dimakan, buah yang kaya gizi ini memiliki banyak manfaat untuk kulit manusia. Kandungan vitamin A, vitamin B1, B3, B5, vitamin E, vitamin K, protein dan berbagai nutrisi lainnya yang terdapat dalam pepaya memiliki ektra manfaat menjaga kesehatan kulit. Bukan hanya kulit wajah saja, namun bermanfaat untuk kesehatan seluruh kulit tubuh. Bahkan sampai kulit di telapak kaki.

Manfaat Buah Pepaya untuk kulit dapat dibuktikan dengan banyaknya produk kecantikan yang menjadikan pepaya sebagai bahan dasar utamanya. Mulai dari sabun, skincare, bedak hingga handbody. Namun produk buatan tersebut sudah tercampur dengan bahan kimia lainnya. Jadi sifat alaminya sudah tidak murni. Buah Pepaya jika tidak di campur bahan pengawet atau bahan kimia lain hasilnya tentu lebih baik.

Buah yang warna dagingnya oranye ini memiliki rasa manis dan tekstur yang lembut. Kala dikonsumsi, kandungan seratnya yang cukup tinggi menyehatkan pencernaan dan cocok untuk program penurunan berat badan. Selain itu, dapat juga digunakan sebagai bahan alami pengganti produk kecantikan.

Berikut ini adalah ulasan berbagai manfaat Buah Pepaya untuk kesehatan kulit :

1. Mencerahkan Kulit

Vitamin C alami yang terdapat didalam Buah Pepaya dapat membantu mencerahkan kulit yang sering terpapar sinar matahari dan menyamarkan noda hitam di wajah. Meski kadar vitamin C dalam Buah Pepaya tidak setinggi buah jeruk, namun memiliki khasiat yang sama. Penggunaan Buah Pepaya yang langsung diaplikasikan ke kulit, khasiatnya lebih ampuh dibandingkan produk kecantikan di toko kosmetik yang mengandung ekstrak pepaya.

Manfaat buah pepaya

Berikut cara penggunaan pepaya untuk mencerahkan kulit :

  • Haluskan buah pepaya yang sudah matang hingga menjadi bubur. Bisa menggunakan bantuan blender atau secara manual.
  • Oleskan bubur buah pepaya ke wajah, leher, tangan, kaki atau bagian lain yang diinginkan.
  • Diamkan dan tunggu hingga mengering.
  • Bilas dengan air bersih

2. Menjaga Kelembapan Kulit

Pepaya merupakan salah satu buah yang memiliki kadar air cukup tinggi. Mengonsumsi Buah Pepaya secara rutin dapat membantu tubuh terhindar dari kekurangan cairan. Tapi tetap harus diimbangi dengan asupan air putih yang cukup. Jika kadar air dalam tubuh terjaga dengan baik, efeknya juga akan dirasakan oleh kulit.

Selain dengan cara dikonsumsi, khasiat buah pepaya untuk kelembaban kulit juga bisa didapatkan lewat masker pepaya. Cara pembuatannya hampir sama seperti penjelasan di atas. Untuk hasil lebih sempurna bisa menambahkan sedikit madu yang juga berkhasiat menjaga kelembapan kulit.

3. Mengobati Jerawat

Jerawat merupakan masalah klasik yang mengganggu penampilan. Kebanyakan orang merasa kurang percaya diri ketika memiliki masalah jerawat di wajahnya. Disinilah manfaat buah pepaya bisa diandalkan. Sejak dahulu, Buah Pepaya telah digunakan untuk mengobati jerawat secara alami. Kandungan enzimnya dapat mengurangi peradangan jerawat yang kadang terasa ngilu di kulit. Baca juga : 5 Tips Ampuh Mengatasi Jerawat

Selain dengan mengaplikasikan masker pepaya, untuk mengobati jerawat atau meredakan rasa ngilu di jerawat, bisa menggunakan cara yang lebih sederhana. Caranya : potong buah pepaya dengan bentuk memanjang dan simpan dalam lemari es kurang lebih 1-2 jam. Setelah cukup dingin, ambil pepaya tersebut lalu tempelkan pada bagian wajah yang berjerawat. Usap berlahan dengan gerakan memutar. Sensasi dinginnya dapat meredam rasa ngilu akibat jerawat. Untuk hasil maksimal, lakukan secara rutin hingga jerawat benar-benar mengempis.

4. Mencegah Peradangan Kulit

Buaha Pepaya mengandung zat proteolitik (pengurai protein) chymopapain dan juga zat papain. Kandungan kedua zat ini dapat mempercepat proses penyembuhan sel kulit mati dan mencegah timbulnya infeksi di area kulit yang terbakar matahari. Pepaya memiliki kombinasi kandungan enzim dan asam alfa hidroksi (AHA). Kedua kandungan tersebut bertindak sebagai eksfolian yang berguna dalam melarutkan protein tak aktif sekaligus membuang sel kulit mati. Dengan perawatan rutin, Buah Pepaya juga dapat mengatasi kulit yang belang.

5. Mengecilkan Pori Wajah dan Membasmi komedo

Pori-pori kulit wajah yang besar dapat menjadi tempat kotoran, debu dan polusi. Hal itu dapat membuat kulit menjadi mudah berjerawat dan kusam. Enzim papain dalam Pepaya dapat mempercepat pengelupasan sel kulit mati, juga melunakkan komedo sehingga komedanya lebih mudah keluar dari pori-pori. Penggunaan masker pepaya efektif untuk mengeluarkan komedo dan mengecilkan pori-pori kulit wajah.

6. Menghaluskan Telapak Kaki

Manfaat Buah Pepaya tidak hanya untuk kulit wajah saja, namun juga bisa membantu mengatasi kulit kaki yang pecah-pecah. Biasanya di bagian tumit, terdapat kulit yang pecah-pecah akibat kondisi kulit kering dan rendah kadar kelembaban. Untuk mengatasinya hampir sama seperti membuat masker wajah, pepaya yang sudah dihaluskan dapat dicampur sedikit madu dan dioleskan langsung pada kaki. Fokusnya pada bagian kulit kaki yang pecah-pecah dan untuk hasil terbaik harus di lakukan secara rutin.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

24 Komentar

  1. Kalau pepaya matang sayang nggajlk sih dijadiin masker
    Enakan dimakan langsung hehe
    Tapi boleh deh dicoba sarannya
    Kulitku kusam soalnya

  2. Bagus juga nih resepnya untuk menjaga kesehatan kulit dengan bahan pepaya yang murah dan mudah didapat.

  3. Saya baru tahu kalau pepaya ternyata bisa menghilangkan jerawat juga mba, selama ini lebih mengenal manfaat pepaya karena memperlancar pencernaan..thanks infonya..

  4. Saya suka banget sama buah pepaya. Dari mulai buah matengnya yang bisa dijadiin jus. Sampai pas masih mengkel buat sayur. Tapi baru tau manfaatnya ternyata bagus banget buat kulit ya

  5. ternyata banyak juga manfaat yang di dapat dari buah pepaya, jadi makin suka dengan pepaya. tapi untuk membedakan pepaya yang bagus dan tidak bagai mana ya. terkadang aku beli kelihatan matang pas di makan tidak manis

  6. Produk kecantikan yang berbahan dasar pepaya memang banyak. Pertama kali saya kenalnya sabun pepaya, untuk perawatan kulit wajah. Tapi jujur aja kalo perawatan langsung dengan buah pepaya belum pernah saya lakukan. Mungkin sesekali perlu dicoba nih…

  7. Keren. Maskernya pake masker alami dari buah pepaya. Nggak khawatir ada efek samping dari bahan kimia deh jadinya.

  8. Ternyata banyak juga ya manfaat buah pepaya untuk kecantikan. Selama ini kalau punya pepaya cuma di makan aja, ternyata bisa dibikin masker juga

  9. Banyak banget khasiat buah pepaya ini ya mbak,, terutama bs buat menghaluskan kulit kaki yg pecah² wah luar biasa. Tfs ya Mbak

  10. Memanglah ya pepaya banyak manfaatnya. Bahkan untuk kecantikan sekalipun. Kecil tapi banyak manfaat. Mudah pula penanamannya. Terima kasih atas artikelnya mbak ..

  11. Tammy says:

    Enak, bermanfaat dan murah ya kak. Bahkan bisa dapat dg gratis hasil dikasih tetangga hehe.. saya suka daun pepaya kalo dimasak. Pait2 sedap hehehe. .

  12. Waah pepaya buah tropis kita yang mudah didapat ini banyak banget ya khasiatnya. masyaAllah…jadi pengen maskeran pake pepaya

  13. Nah, aku malah udah tahu untuk menghaluskan tumit kaki yang pecah-pecah tuh (rorombeheun, bhs Sunda). Tapi untuk wajah, belum berani nyoba. Bayanganku, karena bias mengempukkan daging, takut terlalu keras sih ke kulit wajah. Tapi mungkin engga langsung tempel kali ya, dicampur ama cream lain…

  14. Fadli Hafizulhaq says:

    Saya pernah dengar soal manfaat pepaya ini sebagai masker wajah, memang lebih baik dibuat sendiri ya, walaupun ada masker pepaya yang dijual komersil

  15. ternyata selain baik untuk pemcernaan, baik juga untuk bagian tubuh yang lain ya buah pepaya.

  16. Pernah denger nih yang buat perkecil pori2.

    Kayaknyaaa minatt nyoba deh. Pori2 ku besar jadi gampang kemasukan kotoran mbak

  17. Bang Doel says:

    Suka panik cari pepaya kalau ada masalah pencernaan. Ternyata bagus juga ya buat kulit. Cusss lah cari pepaya lagi biar kulitnya gak kering hihi

  18. Pepaya, merupakan salah satu favorit keluarga kami lho Mba 🙂

    Relatif murah dan punya manfaat kesehatan yang bagus banget…

  19. Noted ..jadi tambah tahu kegunaan pepaya…selama ini tahunya hanya utk sembelit saja…TFS kak

  20. Ternyata banyak juga manfaat buah pepaya buat kecantikan ya Mba. Aku sih cuma sering konsumsi buat makan doank . Tapi kalo face wash yang aku pake mengandung ekstrak pepaya katanya

  21. Aku suka banget mam pepaya mbaa, kalo bisa satu buah gitu bisa habis sendiri sambil ngemil nonton streaming-an, tapi gapapa kan camilan sehat dan bisa bikin glowing duuuh. Oya, inget banget dulu kaki aku itu rorombeheun (bahasa sunda yg telapak kakinya pecah2 itu lho) sembuh!

  22. Aku hampir tiap hari makan Pepaya sih. Dulu mah nggak doyan banget. Cuma karena aku butuh karena bagus buat pencernaan jadi ya jatuh cinta juga sekarang, malah bingung kalo tukang Pepaya langganan gak jualan.

  23. Wah manfaat dari buah pepaya banyak banget ternyata ya kak. Sejak kecil suka banget makan pepaya apalagi kalau sudah dimasukan dalam lemari es makannya dingin -dingin gitu

  24. Aku baru tahu loh mba manfaat pepaya yg terakhir, menghaluskan telapak kaki. Alami banget ya dan caranya gampang banget.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *