Cara Menggunakan Transportasi Online Bareng Teman Tanpa Rasa Sungkan

Perkembangan transportasi online sudah berkembang dengan pesat. Transportasi online ini tidak hanya ada di kota-kota besar, namun sudah merambah kota kecil seperti Lamongan. Saya sendiri sering sekali menggunakan transportasi online jika bepergian. Kalau dulu saya selalu menggunakan angkutan umum untuk sampai ke satu lokasi dan harus putar-putar dulu sesuai jalurnya. Sekarang ini sudah tidak lagi. Dengan transportasi online, saya bisa lebih cepat sampai di lokasi tujuan.

Transportasi online yang menjadi langganan saya adalah GOJEK. Dari dulu hingga sekarang GOJEK menjadi aplikasi yang saya gunakan saat butuh sarana transportasi. Kalau lagi sendirian, sukanya pesan Go-Ride. Tapi kalau rame-rame bareng teman tentu pilihnya adalah Go-Car yang bisa muat hingga 6 orang.

Menggunakan Transportasi online Gojek

Dengan melakukan perjalanan bersama teman, tentunya perjalanan jadi lebih asyik karena ada teman ngobrol serta bisa ngrumpiin banyak hal. Perjalanan yang lama jadi tidak terasa, ujug-ujug udah sampai tujuan. Namun ada sedikit kendala dan rasa tidak enak kala menggunakan aplikasi Go-Car dari GOJEK ini. Kendalanya terletak pada sisi finansialnya.

Permasalahan Tabu Saat Menggunakan Transportasi Online Bareng Teman

Saat memesan dan menggunakan transportasi online bersama teman, pembayaran pastinya dibebankan pada yang memesan. Kadang saya sendiri, tapi lebih sering dibayarin teman yang kebetulan berbarengan. Masalahnya terletak pada hati nurani, saya gak mungkin meminta teman-teman urunan buat membayar tarif perjalanan. Disamping tabu, gak etis dan juga tidak enak ati, lha jumlahnya juga tidak seberapa. Kalaupun urunan, gak mungkin jumlahnya bisa sama persis karena nyari recehan juga susah.

Sebaliknya kalau biaya perjalanan ditanggung teman yang lain, saya juga gak enak. Meskipun dia juga tidak meminta atau tidak mau saat dikasih urunan, namun masih terselip rasa tidak enak hati. Saya bukan orang yang suka itung-itungan, tapi kalau terus-terusan dibayar teman atau teman bayarnya lebih banyak dari saya juga gak enak. Kalau saya yang bayarin terus terusan pasti tekor juga. Teman yang lain pemikirannya pasti sama.

Kalau mau gantian bayar rasanya juga gak adil. Bagi yang sering menggunakan transportasi online pastinya tahu kalau tarif jasa transportasi online sering berbeda beda. Walaupun rute yang sama tapi pesannya di jam berbeda, tarifnya juga akan berbeda. Begitu juga dengan tarif berangkat maupun pulang. Tarifnya sering berbeda. Ya kalau perbedaannya sedikit, kalau perbedaannya jauh kan pasti ada yang rugi.

Permasalahan seperti ini mungkin tidak hanya saya alami, pastinya banyak yang mengalaminya. Setelah saya curhat masalah tabu dan sepele ini pada seorang teman, saya dikasih tau bahwasanya ada inovasi baru yang akan dikeluarkan oleh GOJEK. Inovasi tersebut berupa fitur chatting antar teman.

Dengan membawa ikon semangat #PatunganGampang, GOJEK menjawab permasalahan pelanggan dalam hal pembayaran layanan. Di fitur baru ini, pengguna GOJEK sekarang bisa ngobrol dengan sesama teman di aplikasi GOJEK dan melakukan patungan bayar tagihan layanan. Pembayarannya menggunakan Go-Pay yang merupakan salah satu uang elektronik yang penggunaannya  lebih mudah dan praktis. (Baca : Pengalaman Menggunakan Uang Elektronik Dalam Era Ekonomi Digital).

Bagaimana Cara Menggunakan Fitur chat antar teman dari GOJEK?

Sebagai inovasi baru, tentu banyak yang bertanya tentang fitur baru yang bisa chat antar teman dari GOJEK. Sayapun penasaran dan akhirnya browsing sana sini sambil buka aplikasinya juga.

Fitur Chat Antar teman adalah fitur baru yang memungkinkan kita chat dengan seorang teman atau membuat sebuah grup dalam aplikasi. Teman yang bisa diajak chatingan tentunya adalah teman yang ada di kontak ponsel kita dan merupakan pelanggan GOJEK juga. Dengan adanya fitur ini kita bisa langsung patungan dengan teman untuk membayar kebutuhan layanan dalam aplikasi GOJEK tanpa perlu keluar aplikasi. Karena termasuk fitur baru, pengguna aplikasi harus melakukan pembaharuan aplikasinya di play store untuk menikmati fiturnya.

Jika sudah diperbarui, Fitur Chat antar teman ini akan muncul di toolbar bagian bawah aplikasi GOJEK. Letaknya sejajar dengan deretan menu yang isinya Home, Orders, Inbox, dan My Account. Menu Chat adanya di bagian tengah. Jika menu ini diklik, kita akan langsung diarahkan untuk memilih kontak pengguna Gojek yang nomernya ada di ponsel kita. Kita bisa memilih kontak orang yang ingin diajak chatingan, sama seperti chatingan di whatsapp maupun chatingan di aplikasi pesan instan lainnya. Kalau mau chatingan dengan banyak teman, langsung bikin grup saja.

Baca juga : Manfaat Whatshapp Grup Dalam Keseharian

Salah satu keunggulan fitur chat antar teman adalah adanya fitur split-bill yang memungkinkan kita langsung mentransfer uang dalam bentuk GO-PAY kepada teman. Fitur ini merupakan fitur tambahan yang belum ada sebelumnya di aplikasi chatingan sejenis. Kita bisa patungan gampang dengan semua anggota group dan membayar dengan jumlah yang sama setelah menggunakan transportasi online. Tapi pastikan dulu teman tersebut upgrade akun GOJEKnya untuk bisa mengirimkan saldo GOPAY.

Fitur split-bill sendiri terbagi dua, yakni bisa membagikan total biaya patungan secara bagi rata atau berbeda sesuai kesepakatan. Hal ini bisa digunakan untuk yang melakukan patungan pembelian makanan atau yang lainnya dengan biaya yang berbeda-beda. Untuk mempermudah perhitungan biaya dalam aplikasi patungan, GOJEK juga menyediakan kalkulator di dalam fitur split bill sehingga tidak perlu khawatir salah hitung.

Split bill ini merupakan inovasi awal yang akan diluncurkan oleh GOJEK di dalam chat fitur, masih banyak inovasi lainnya yang akan dikeluarkan oleh GOJEK untuk mempermudah penggunanya.

Bersama teman
Dengan fitur baru Gojek, patungan bersama teman-teman ini jadi lebih gampang

Sebagai penyedia layanan mobile on-demand dan pembayaran digital multi-service terdepan, GOJEK patut diacungi jempol. Adanya berbagai inovasi baru ini memudahkan penggunanya dalam menikmati layanan. Inovasi fitur chatting antar teman yang tersedia di GOJEK ini merupakan terobosan baru dan menjadi inovasi karya anak bangsa yang belum pernah dimiliki aplikasi sejenis di Indonesia.

Aplikasi GOJEK emang terbaik dalam memenuhi kebutuhan penggunanya. Di platform GOJEK, kita tidak hanya bisa menggunakan transpotasi online saja, namun juga ada layanan lainnya seperti pesan antar makanan/minuman, isi pulsa, pengiriman barang, belanja, pijat, bersih-bersih rumah, reparasi alat elektronik, laundry, kecantikan, tiket bioskop, dan lainnya. Semuanya bisa sendiri dan juga patungan. Kalau patungan bayarnya bisa dilakukan lewat fitur chat antar teman. Ayo teman-teman coba fitur chat terbaru dari GOJEK biar koordinasi kebutuhan sehari-hari lebih mudah tanpa rasa sungkan.

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!