Teknologi

Wajib Diperhatikan! Ini Manfaat Load Bank untuk Operasional Industri

Wajib Diperhatikan! Ini Manfaat Load Bank untuk Operasional Industri – Tidak dapat dipungkiri, hampir semua operasi bisnis di pabrik/perusahaan saat ini dijalankan dengan menggunakan teknologi. Pemanfaatan teknologiĀ tersebut membutuhkan daya pemasok listrik yang tinggi untuk membantu menjalankan bisnisnya. Oleh karenanya tidaklah mengherankan jika permintaan pasokan listrik mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Tanpa adanya listrik, sebuah perusahaan tidak akan dapat menjalankan bisnisnya dengan lancar. Untuk memperlancar produktifitas dan segala sesuatunya, tiap unit usaha mempersiapkan dengan baik masalah kelistrikan. Disamping mengandalkan sambungan listrik dari PLN, perusahaan juga memiliki cadangan aliran listrik dan juga penambah aliran listrik. Biasanya yang umum digunakan untuk pencadangan aliran listrik adalah genset atau generator set yang disesuaikan dengan kebutuhan industri.

menghemat listrik pada gedung

Dunia teknologi yang mengalami perubahan begitu cepat menuntut berbagai pihak melakukan perubahan dari berbagai sisi. Penggunaan genset ternyata masih belum cukup untuk menyelesaikan kebutuhan listrik. Karena pemilik usaha masih harus memastikan apakah alat ini mampu berjalan dengan baik saat sedang beroperasi.

Lonjakan listrik yang tiba- tiba atau mendadak menjadi satu hal yang sangat dikhawatirkan semua orang, khususnya para pelaku industri. Karena hal itu bisa mengakibatkan kerusakan dan resiko kerugian yang cukup tinggi. Untuk itu, hadirlah sebuah alat yang bernama load bank yang saat ini cukup banyak ditawarkan kepada pihak pengusaha.

Load Bank memiliki fungsi mencegah terjadinya kerusakan pada sistem generator kelistrikan yang umum terjadi akibat lonjakan listrik yang terjadi tiba tiba. Load bank adalah perangkat yang digunakan untuk mengembangkan beban listrik sehingga beban operasional yang dibutuhkan industri dapat dikelola secara efisien dan dapat dikontrol melalui satu sistem. Penggunaan load bank sangat dibutuhkan dalam pengoperasian instalasi listrik.

Selain itu, supaya listrik dapat mengalir dan performa genset tidak menurun, setiap perusahaan, sebaiknya juga mempersiapkan test load genset dalam pengoperasian.

Manfaat Load Bank Untuk Operasional Industri

Berikut ada beberapa manfaat load bank untuk operasional industri:

1. Mendukung tes sinkronisasi mesin

Fungsi load Bank dalam tes sinkronisasi adalah menguji kinerja mesin-mesin kelistrikan supaya berjalan dengan lancar. Sebelum memulai, lakukan penyettingan terlebih dahulu pada load bank sesuai dengan desain yang ada. Hal ini bertujuan agar tes sinkronisasi berjalan lancar dan penggunaan listrik operasional industri tidak akan terganggu.

Load bank untuk operasional industri

2. Load bank untuk tes mesin diesel dan turbin

Test load genset dan turbin serta mengukur kesesuaian spesifikasi mesin diesel dengan kapasitas sesungguhnya. Setelah mesin diesel, turbin, dan genset dioperasikan selama lebih dari 14.000 jam, maka penggunaan load bank akan dimulai untuk menguji penurunan kemampuan ketiga perangkat tersebut.

Setiap tahun, genset harus menjalani uji beban penyimpanan load bank untuk menemukan masalah secara signifikan dan mencegah masalah besar di masa yang akan datang. Disamping itu juga untuk memaksimalkan kemampuan generator set sebagai sumber daya cadangan yang cukup ketika dibutuhkan dan membantu membersihkan serta mengurangi karbon yang keluar dari saluran pembuangan.

3. Sebagai Pemindah Beban

Load bank pada instalasi tertentu dapat digunakan sebagai media pemindah beban. Misalnya pada instalasi crane, dimana load bank dipakai untuk pengalih beban dalam rangka menghindari efek overspeed pada generator set. Dengan menggunakan load bank, beban kejut crane yang hilang secara tiba-tiba, langsung dipindahkan ke unit load bank sehingga kondisi generator set akan tetap stabil.

4. Pengetesan System Battery dan UPS

Load bank juga dapat berfungsi sebagai alat penguji kemampuan battery dan sebagai media discharge pada battery.

Itulah beberapa manfaat load bank untuk operasional industri. Apabila anda membutuhkan load bank, anda bisa menyewanya di Sewatama. Sebagai perusahaan yang telah memiliki pengalaman lebih dari 27 tahun, Sewatama menyediakan load bank yang bagus dan aman bagi penggunanya. Untuk informasi lebih lanjut kamu bisa mengunjungi situs https://sewatama.com/id/.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

9 Komentar

  1. Bagus ya Mbak Sewatama menyediakan layanan sewa load bank dengan backup UPS, jadi kalau listrik mati bisa tetap bekerja. Pengalaman sampai hampir 3 dekade menunjukkan Sewatama dipercaya dan andal sebagai mitra pengusaha. Mantap!

  2. Wah keren ya fungsi Load Bank ini. Saya jadi inget, waktu awal nikah, niat banget beli genset utk sedia di rumah. ya kalau pas posisi mati listrik kan aman gt. Tapi ternyata ya berisik & bau asapnya gak nguatin. hehe

  3. Wah kak aku bacanya sambil diulang ulang karena baru tahu banget soal Load Bank ini. Seneeeeng bisa jalan-jalan ke blognya, bener2 ilmu baru buat aku. Thank youuu

    1. Hati-hati mbak waktu ndulang, kalau sambil baca ntar kesandung lho šŸ˜

  4. saya baru tahu tentang load bank ini. Ibarat di rumah, load bank ini seperti stabilizer namun kapasitasnya lebih besar

    1. Load bank ini biasanya ada di gedung atau perkantoran

  5. Listrik segalanya kalau udah gini,
    Listrik mati beberapa jam aja udah kerasa banget hidup tanpa listrik gak enak banget šŸ‘¼

    1. Mangkanya load bank ini dibutuhkan banget

  6. wah banyak banget manfaat dari load bank. Bisa jadi stabilizer buat menangani lonjakan listrik alias pencegah konsleting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *