Kelebihan Menggunakan QR Code Sebagai Sistem Pembayaran Digital

Berkat adanya teknologi, zaman terus berkembang ke arah yang lebih baik. Teknologi saat ini telah menyentuh semua lini kehidupan. Salah satunya adalah dalam hal metode pembayaran. Jika jaman dulu, transaksi pembayaran hanya bisa menggunakan uang tunai, seiring perkembangan jaman berbagai metode pembayaran dikenalkan. Dimulai dari pembayaran menggunakan kartu, menggunakan e-money dan yang paling terbaru sekarang ini adalah pembayaran menggunakan dompet digital QR Code.

Pembayaran menggunakan QR Code (Sumber gambar : Pixabay)

Di Indonesia sendiri, QR Code masih belum terlalu membumi karena memang termasuk kategori baru. Hal itu berbeda dengan di China, Korea maupun negara maju lainnya dimana banyak toko yang sudah menyediakan layanan QR Code sebagai sistem pembayaran. Orang-orang yang ingin melakukan transaksi atau membeli sesuatu tinggal menempelkan smartphone yang dipunyai, memindai QR Code pada barang yang dibelinya, dan bisa membawa pulang barang tersebut. Sebagai konsekuensi tentunya saldo uang sejumlah nilai transaksi pembelian akan berkurang.

Bank Indonesia sebagai pengelola sekaligus pengatur keuangan di Indonesia, baru baru ini mulai mempopulerkan penggunaan QR Code sebagai salah satu pembayaran non tunai. Melalui gelaran Festival Edukasi Bank Indonesia 2019 atau #feskabi2019 Bank Indonesia memberikan edukasi keuangan bagi generasi milenial, sekaligus memperkenalkan sistem QR Code sebagai sistem pembayaran.

Untuk #gairahkanekonomi di masa kini dan mendatang, beberapa industri jasa keuangan dan juga perbankan sudah mulai mengembangkan sistem pembayaran modern menggunakan QR Code. Berbagai kelebihan yang dipunyai membuat banyak pihak menyambut baik sistem pembayaran ini.

Apa Itu QR Code?

Sebelum membahas lebih lanjut tentang berbagai kelebihan QR Code sebagai alat pembayaran digital, mungkin perlu dijelaskan lebih detail tentang apa itu QR Code supaya jelas dan paham.
QR Code atau Quick Response Code adalah sistem pembayaran modern berbasis digital dengan memindai/scanning QR Code tertentu.

QR Code atau biasa dikenal dengan barcode scanner, awalnya digunakan kalangan industri manufaktur untuk melakukan  inventarisir barang-barang produksinya. Namun seiring perkembangan teknologi, QR code mulai diterapkan untuk fungsi-fungsi lain.

Kalau dulu kode yang bisa dibaca oleh sistem NFC (Near Field Communication / komunikasi jarak dekat) ini hanya digunakan untuk menandai produk-produk yang dijual di pasar modern, seperti minimarket, supermarket, toserba, dan sebagainya. Sekarang ini bisa diaplikasikan pada sistem pembayaran. Dengan #pakaiQRstandar bisa digunakan untuk transaksi di toko/gerai tertentu secara langsung atau bisa juga digunakan untuk marketplace/e-commerce. Membayar tagihan dan pembelian pulsa bisa juga menggunakan sistem pembayaran ini.

Baca juga : Tips dan Trik Bisnis Kuliner Makin Laris

Kita tidak perlu lagi membutuhkan uang tunai atau kartu tertentu untuk membayar barang yang dibeli. Cukup dengan men-scan kode di dalam smartphone, pembayaran langsung dapat dilakukan. Aplikasi di dalam smartphone tentunya harus mendukung sistem pembayarannya dan ada saldo yang mencukupi.

Beberapa aplikasi yang mendukung Sistem pembayaran menggunakan QR Code ini diantaranya adalah OVO, Gopay, Danaku, Link Aja, Dompetku dan sebagainya. Beberapa bank seperti BCA, BTN, dan Bank Mandiri juga mulai bersiap meluncurkan layanan pembayaran dengan QR Code.

Kelebihan QR Code Sebagai Sistem Pembayaran

QR code
QR Code kini menjadi metode pembayaran yang kini diandalkan banyak orang karena berbagai kelebihan yang dimilikinya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan yang dimiliki oleh QR Code :

1. Lebih Simpel

Harus diakui buat saat ini QR Code menjadi metode pembayaran yang simpel. Cukup menggunakan smartphone yang sudah menjadi teman keseharian, maka transaksi atau pembayaran langsung bisa dilakukan. Hal ini tentu berbeda jika bertransaksi menggunakan kartu debit atau kartu elektronik lainnya sebagai sarana transaksi.

Kalau dengan QR Code, kita cukup membuka aplikasi dan menempelkan smartphone di dekat bercodenya. Beda banget dengan kartu yang teramat ribet, kita mesti mesti mengeluarkan kartu dari dompet demi bisa transaksi. Kalau di dompet ada satu kartu sih mungkin cepat, tapi kalau kartu di dalam dompet banyak? Terbayang dong mencari-cari 1 kartu diantara kartu-kartu lainnya.

2. Responsif

Tidak hanya lebih simpel, QR Code juga terbukti lebih responsif dalam penggunaannya dibandingkan tap kartu uang elektronik atau e-money. Jika misalnya ada beberapa bagian kode yang rusak, QR Code masih tetap bisa diterjemahkan oleh smartphone saat dilakukan scanning. Berbeda jauh dengan tap kartu uang elektronik yang harus melakukan penempelan berulang-ulang jika terjadi kendala. Jika Chip dalam kartu rusak, otomatis kartu tidak bisa digunakan untuk membayar. Harus melakukan penggantian yang memakan waktu cukup lama.

3. Lebih Aman

Menggunakan QR Code tentunya sangat aman. Kita tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar kemana mana. Yang dibawa cuma smartphone saja. Penggunaan QR Code juga memiliki tingkat keamanan yang lebih tinggi dibandingkan kartu kredit, kartu debit ataupun katu non-tunai lainnya.
Setiap akan melakukan transaksi kita akan diminta memasukkan PIN ataupun kode OTP (One Time Password) tertentu. Jika salah, transaksi tidak akan bisa dilakukan. Saat pendaftaran awal, penyedia layanan QR payment akan menyarankan untuk menyertakan KTP untuk bukti identitas sekaligus berjaga-jaga jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

Jika smartphone hilang, saldo dalam aplikasi yang ada QR Codenya tetap aman. Kita hanya perlu men-download lagi aplikasinya pada smartphone lain untuk logout aplikasi pada smartphone lama dan mendapatkan kembali saldonya.

4. Ada Banyak Diskon dan Cashback

Karena QR Code merupakan sistem pembayaran baru, biasanya untuk menarik minat masyarakat, pihak penyedia jasa layanan menawarkan berbagai diskon dan cashback. Penawaran yang diberikan tidak tanggung-tanggung. Diskon maupun cashback yang diberikan ada yang sampai 50% dari harga pembelian. Dengan adanya diskon dan cashback ini, keuntungan kita sebagai pengguna tentu lebih besar dibandingkan menggunakan sistem pembayaran lain.

5. Top Up Saldo Bisa Dimana Saja

Jika saldo dalam dompet digital/Aplikasi QR Code habis, kita bisa mengisinya dimana saja dan kapan saja. Selain top up saldo dari mobile banking atau ATM, kita juga bisa top up di gerai-gerai offline seperti Alfamart, Indomaret, Hypermart dan masih banyak lagi. Semua orang bisa tetap bisa menggunakan QR Code sebagai alat pembayaran tanpa harus punya rekening bank.

6. Cocok Buat Generasi Millenial

Generasi millenial tidak bisa melepaskan diri dari smartphone. Kemana mana yang dibawa adalah smartphonenya. Karena QR Code terdapat dalam smartphone, tentunya menggunakan QR Code sebagai alat pembayaran sangat cocok sekali. Semua transaksi lebih mudah dan cepat. Gak perlu pusing mencari ATM atau uang tunai jika ingin membeli sesuatu. Tidak juga perlu ribet dengan recehan kembalian dari suatu pembayaran. Karena didalam Smartphone sudah memiliki solusinya.

Prediksi ke depan penggunaan metode pembayaran digital ini bakalan kian marak. Apalagi Bank Indonesia juga sedang menggalakkan sistem pembayaran ini. Generasi Millenial tidak perlu ragu lai menggunakan QR Code sebagai alat pembayaran. #majukanekonomiyuk dengan menggunakan QR Code sebagai sistem pembayaran mulai dari sekarang!!

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!