Penting!!! Ketahui Siklus Haid Cegah Kegalauan

Kalender menstruasi dan kehamilan menjadi dua hal yang tidak dapat dipisahkan bagi para wanita, Bagi para pasangan yang sudah menikah pastinya memiliki keinginan untuk segera menimang buah hati, walaupun terkadang ada juga yang ingin menundanya dengan berbagai pertimbangan yang matang.

Baik yang ingin segera punya momongan maupun yang ingin menundanya, Anda perlu menghitung siklus haid atau menstruasi untuk menentukan masa subur sebelum memutuskan untuk berhubungan dengan pasangan, karena masa subur seorang perempuan tergantung dengan siklus menstruasinya.

Siklus Haid

Siklus haid atau menstruasi dimulai dari hari pertama menstruasi sampai hari pertama menstruasi pada bulan berikutnya. Secara umum siklus menstruasi berlangsung selama 21 sampai 35 hari. Ketika siklus menstruasi berlangsung ovarium melepaskan sel telur yang siap untuk dibuahi ke rahim melalui tuba falopi. Pelepasan sel telur inilah yang dimaksud dengan masa subur.

Sel telur yang dilepaskan hanya dapat bertahan hidup selama 24 jam, waktu inilah sperma harus mampu membuahi sel telur jika ingin terjadi kehamilan, namun jika tidak ingin terjadi kehamilan maka dapat melakukan cara sebaliknya.

Perhitungan masa subur dapat dimulai dengan mencatat siklus menstruasi selama 6 sampai 12 bulan berturut-turut, kemudian ambil siklus terpendek dan kurangi dengan angka 18. Misalnya 27-18=9 maka hari ke-9 siklus menstruasi adalah hari pertama masa subur. Lalu ambil siklus terpanjang dan kurangi dengan angka 11, missal 31-11=20, artinya hari ke-20 adalah hari terakhir masa subur.

Namun yang menjadi permasalahan baru adalah ketika siklus haid  menstruasi pada remaja yang tidak teratur, berikut Cara mengatasi haid tidak teratur pada remaja:

  • Jus tebu. Dengan mengkonsumsi jus tebu akan menyeimbangkan hormon karena tebu kaya akan serat yang dapat menyeimbangkan hormone.
  • Vitamin C. Vitamin C membantu melepaskan estrogen lebih banyak yang menyebabkan kontraksi rahim dan membuat haid cepat datang.
  • Cuka apel. Berguna mengurangi kadar gula darah dan mengatur insulin yang berpengaruh pada siklus menstruasi.
  • Jahe berguna memperlancar menstruasi dan mencegah kram perut.
  • Kandungan kurkumin dalam kunyit mampu meluruhkan dinding rahim sehingga dapat memperlancar menstruasi.

Itulah beberapa tips supaya siklus haid  pada remaja dapat berjalan teratur. Jadi tidak perlu khawatir lagi.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!