Ketika Wisata Goa Maharani Berubah Menjadi Maharani Zoo

Saat saya kecil dulu, belum banyak tempat wisata di Lamongan. Dulu itu adanya cuma Tanjung Kodok sebagai satu satunya tempat wisata di Lamongan di pesisir utara. Waduk Gondang di Sugio Lamongan juga belum resmi dijadikan tempat wisata. Penemuan Gua alami yang berada di Paciran dekat dengan Tanjung Kodok tentunya menjadi sebuah kabar yang menggembirakan bagi wisata di Lamongan. Gua yang baru ditemukan tahun 1992 dan dibuka untuk umum sejak tahun 1994 tersebut dikenal dengan nama Wisata Gua Maharani.

Wisata Gua Maharani

Salah satu keajaiban alam di perut bumi Goa Maharani berupa stalaktit dan stalagmit yang amat indah. Karena keindahan stalaktit dan stalagmitnya hingga ada yang menyamakan keindahan goa ini dengan Goa Carlsbad di Perancis dan Goa Mamonth di Amerika Serikat.

Wisata Gua Maharani
Keindahan stalaktit dan stalagmit Gua Maharani

Stalaktit dan stalagmit yang dimiliki Goa Maharani memang cukup cantik dengan berbagai warna kala terkena cahaya. Konon stalaktit dan stalagmit tersebut di dalam masih terus tumbuh hingga saat ini karena adanya tetesan tetesan air yang dihasilkan di langit langit Gua.

Gua Maharani terletak di Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jawa Timur. Karena masih satu kabupaten, jarak lokasi tersebut dengan tempat tinggal saya tidak terasa jauh. Dari Pantai Maldives Kemantren juga tidak terlalu jauh. Harga tiket yang relatif murah tentunya menjadi daya tarik yang kuat. Guanya sendiri berada di kedalaman 25 meter dari permukaan tanah. Memiliki rongga yang luas. Sekitar 2.500 m2.

Saya dulu membayangkan bahwa suatu saat akan bisa menjelajah Goa Maharani sampai ke pelosok didalamnya. Hal itu karena melihat ada banyak sudut dan lorong misterius yang belum dibuka umum. Jalur tracking di Gua Maharani hanya sejauh 350 meter. Jalur itu teramat pendek, terumata bagi yang sudah sering kesini. Harapan saya, dikemudian hari, saat Gua Maharani sudah teramat ramai jalurnya ditambah sedikit demi sedikit sehingga bisa puas menjelajah keeksotisan gua dari berbagai sudut. Paling tidak seperti Gua Akbar di Tuban yang membutuhkan waktu kurang lebih 1 jam untuk menjelajahinya.

Harapan itu ternyata tidak pernah menjadi kenyataan. Gua Maharani memang banyak mengalami pemugaran dan pembangunan, namun tidak dilakukan di dalam gua. Pemugaran dan pembangunan dilakukan di areal parkir, tempat orang jualan dan pelatarannya. Dari dulu areal ini yang sering diubah ubah.

Maharani Zoo

Seiring dengan meroketnya nama Wisata Bahari Lamongan yang dulu bernama Tanjung Kodok, Wisata Goa Maharani konsepnya jadi berubah. Mulai tahun 2008, berdirilah Maharani Zoo sebagai pemekaran dari wisata Gua Maharani. Wisata dalam gua Maharani hanya menjadi salah satu bagian dari Maharani Zoo.

Maharani Zoo
Pintu gerbang masuk Maharani Zoo

Pengelola Maharani Zoo masih satu paket dengan pengelola Wisata Bahari Lamongan, yakni PT. Bumi Lamongan Sejati. Perusahaan ini bekerja sama dengan Pemda Kabupaten Lamongan membangun dan mengelola tempat wisata di Lamongan. Maharani Zoo juga termasuk dalam group Jawa Timur Group yang membawahi Jatim Park 1 dan 2, Eco Green Park, Surabaya Carnival, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dengan menyajikan konsep wahana konservasi, edukasi serta budaya yang terangkum dalam nuansa etnik Afrika, Maharani Zoo menjadi ikon wisata andalan di Kabupaten Lamongan. Sejumlah fasilitas khas kebun binatang dihadirkan di salah satu tempat wisata di Lamongan ini. Umumnya binatang yang ada di Maharani Zoo berasal dari Asia dan Afrika.

Albino
Koleksi hewan di Maharani Zoo

Diantaranya binatang yang menjadi koleksi Maharani Zoo adalah orang utan, beruang madu, wallaby, jerapah, singa putih, harimau putih dan masih banyak lagi yang lainnya. Untuk melengkapi koleksinya sebagai sarana edukasi, Maharani Zoo juga dilengkapi dengan Galery Satwa atau Museum Satwa.

Tiket masuk Maharani Zoo terbaru yang diterapkan sejak Februari 2019 adalah sekitar Rp. 52.500,- pada weekday dan Rp 70.000 di weekend serta hari libur. Yang ingin menggunakan tiket terusan dengan Wisata Bahari Lamongan juga bisa. Ada harga diskonnya. Tiket  d terusan Maharani Zoo dan WBL untuk weekday sebesar Rp.97.500, sedangkan untuk weekend dan hari libur Rp 130.000.

Tak jauh dari Wisata Gua Maharani (Maharani Zoo) dan Wisata Bahari Lamongan, terdapat juga wisata Desa wisata Sendang Duwur Lamongan yang penuh keunikan. Ulasan tentang tempat tersebut saya baca di blognya Fiona Isza. Pokoknya wisata di Lamongan sekarang semakin banyak dan beragam. Wingko Babat Oleh Oleh Khas Lamongan juga wajib dinikmati. Jadi makin cinta dengan Lamongan.

3 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!