Keuangan

Macam-macam Investasi Jangka Pendek Untuk Pemula

Macam-macam Investasi Jangka Pendek Untuk Pemula. Di masa sekarang ini, Investasi menjadi kebutuhan yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan di masa mendatang. Investasi harus dilakukan sedari dini supaya hasilnya bisa maksimal. Bagi para pemula, ada macam-macam investasi jangka pendek yang bisa dicoba. Investasi jenis ini tidak membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan hasilnya, walaupun kecil namun bisa dijadikan tambahan penghasilan dan pengalaman.

Berbeda dengan investasi jangka panjang, Investasi jangka pendek lebih cocok untuk pemula karena cenderung memiliki resiko yang lebih kecil.  Investasi jangka pendek juga dapat membantu memenuhi kebutuhan-kebutuhan finansial dalam jangka waktu yang lebih cepat. Jika nanti sudah mahir dalam berinvestasi jangka pendek, bisa melanjutkan investasi jangka panjang untuk hasil yang relatif lebih besar.

Berikut ini adalah berbagai macam jenis investasi jangka pendek yang cocok untuk pemula :

Tabungan

Tabungan merupakan salah satu jenis investasi yang menguntungkan. Jenis investasi yang satu ini merupakan pilihan pertama yang bisa digunakan oleh pemula. Setiap orang dari segala usia bisa menginvestasikan uangnya dengan cara yang cukup mudah dan efisien.

Keunggulan dari investasi jenis tabungan adalah jika membutuhkan uang dalam waktu dekat, nasabah bisa menariknya kapanpun melalui ATM maupun teller. Disamping itu, nasabah tidak memiliki kewajiban menyetorkan uang dengan nominal tertentu tiap bulannya. Kalau punya uang lebih bisa ditambahkan untuk investasi, kalau tidak punya uang bisa dibiarkan saja.

Menghindari pengembang nakal

Kelemahan investasi berupa tabungan presentase keuntungannya yang relatif kecil. Bahkan kalau jumlah investasinya kecil, biaya administrasinya bisa lebih besar dibandingkan bunganya.

Deposito Berjangka

Selain tabungan, investasi jangka pendek yang paling mudah dilakukan oleh pemula adalah deposito berjangka. Hampir semua bank memiliki jenis investasi ini. Nasabah bisa menyimpan uang di bank pilihannya dalam jangka waktu tertentu. Uang simpanan itu menjadi investasi dan seiring waktu jumlahnya akan meningkat karena memiliki bunga.

Macam macam investasi jangka pendek

Investasi dalam deposito bisa dicairkan sesuai dengan jangka waktu yang disepakati bersama oleh nasabah dan pihak bank. Bisa 1 bulan, 2 bulan, 3 bulan, 6 bulan atau tahunan. ( Baca juga : Perbedaan Investasi Deposito dan Reksa Dana )

Keuntungan yang dimiliki oleh Deposito berjangka terletak pada bunganya yang lebih tinggi dibandingkan dengan bunga tabungan biasa di bank. Rata-rata suku bunga deposito berada di angka 4-8%. Semakin lama jangka waktu investasi yang dipilih, bunga yang didapatkan juga semakin besar. Resiko yang dimiliki oleh Deposito relatif kecil.

Kekurangan yang dimiliki oleh Deposito adalah : nasabah tidak boleh mengambil uang tersebut sebelum jatuh tempo. Jika terpaksa mengambilnya sebelum waktu yang ditentukan, nasabah akan mendapatkan denda. Disamping itu nilai investasi deposit ternyata tidak bisa mengalahkan nilai inflasi Indonesia yang rata-rata per tahunnya mencapai 8%.

Reksa Dana

Reksa dana menjadi salah satu jenis investasi yang bisa dipilih investor pemula. Jenis investasi ini memiliki manajer investasi yang membantu mengelola uang para investor. Nasabah tidak perlu memikirkan bagaimana cara mendapatkan keuntungan yang optimal karena dibantu oleh manajer investasi tersebut.

Investasi Reksa Dana
Jenis-jenis Investasi Reksa Dana

Ada empat jenis reksa dana yang umum digunakan, yaikni reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana saham dan reksa dana campuran. Masing-masing jenis memiliki tingkat resiko yang berbeda. Blog Coretan Dari Desa ini sudah sering kali membahas tentang Reksa Dana. Diantara artikelnya adalah : Keuntungan dan Kelemahan Reksa dana Saham & Reksa Dana Campuran dan Penyiapan Dana Darurat Dengan Reksa Dana

Selain dapat digunakan sebagai investasi jangka pendek, reksa dana juga cocok sekali dijadikan investasi jangka panjang. Tinggal pilih sesuai dengan kebutuhan. Dengan Investasi reksa dana, nasabah tidak perlu jadi dipusingkan dengan grafik-grafik atau naik turunnya pendapatan karena sudah ada manajer investasi yang mengurus semuanya, nasabah tinggal menikmati keuntungannya.

Saham

Investasi saham dewasa ini telah menjadi jenis investasi yang banyak di lirik masyarakat. Saham bisa menjadi bukti kepemilikan seseorang di dalam satu perusahaan yang berbentuk perseroan. Wujud investasi saham berupa selembar kertas yang dikeluarkan oleh perusahaan dan menyatakan bahwa pemilik kertas yang namanya tercantum dalam surat itu adalah pemilik perusahaan. Pemilik saham walaupun jumlahnya kecil sudah bisa disebut sebagai owner atau pemilik perusahaan,  tergantung seberapa besar porsi kepemilikan atau penyertaan yang ditanamkan di perusahaan tersebut.

Apapun jenisnya, setiap investasi memiliki resikonya sendiri-sendiri. Begitu juga dengan investasi saham. Keuntungan dan kerugian investasinya tergantung kondisi perusahaannya. Jika perusahaan yang sahamnya dimiliki sehat, maka keuntungan bisa berkali kali lipat. Begitu juga sebaliknya. Jika perusahaan bangkrut/rugi maka pemilik saham akan ikut rugi dan tidak mendapatkan keuntungan apa-apa.

Anggaran usaha

Saham dapat digunakan untuk investasi jangka panjang atau investasi jangka pendek, tergantung orientasi perencanaan keuangan dan target investasi. Bila membutuhkan dana yang relatif cepat, saham bisa menjadi pilihan karena bisa dijual kembali beberapa jam setelah dibeli. Namun harus tetap berhati-hati saat berinvestasi saham karena risikonya pun besar.

Demikianlah macam-macam jenis investasi jangka pendek yang dapat di jadikan pilihan berinvestasi. Pertimbangkan dengan baik sebelum memutuskan investasi apa yang akan  dipilih dan sesuaikan dengan kebutuhan serta kondisi finansial Anda. Jadi tunggu apa lagi? Berinvestasilah mulai sekarang!

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

26 Komentar

  1. Baru berani nyoba di dua poin pertama… secara point yang lainnya.. baru sekedar tahu.. belum berani utk mencobanya … hiks

  2. Reksadana ini sering banget sliweran di beranda media sosial aku. Hanya saja, entah kenapa aku belum bisa percaya diri terjun ke investasi seperti ini.. Perlu punya guru nih aku.

  3. Tabungan yang terbaik menurutku. Dari segi tinjauan finansial maupun hukum syara’. Tapi kalo bisa nabung emas.

    1. Nabung emas juga oke

  4. lebih tertarik dengan tabungan berjangka sih, karena ada time limitnya

    1. Silahkan kak kalau itu dirasa paling cocok

  5. SAya minat investasi berupa reksadana karena minim risiko soalnya ditangani yang udah profesional. Tapi saya ragu untuk investasi besar-besaran. Sarannya untuk pemula bagaimana ya mbak?

    1. kalau memang ada keraguan, sebaiknya mulai investasi dengan nominal kecil saja. Reksadana Lho bisa investasi mulai Rp 10.000

  6. Jihan Fauziah says:

    Tiga tahunan itu termasuk jangka pendek apa panjang ya Mbak? Tapi lebih penting kita tahu tujuan investasi dulu ya biat tahu mau pilih jenis investasi mana…

    1. termasuk jangka pendek, kalau jangka panjang ninimal 5 tahun

  7. Aku kepikiran nih mbak invest apa yg cocok buat pemula kayak aku. Eh, dapat artikel ini. Maklum aku masih awam banget

    1. Bisa dipilih salah satu kak….

  8. Kokoh Hendra says:

    Apakah aman? Takutnya akan mengalami yang namanya dengan kredit macet itu. Bikin pusing tujuh keliling kalau sudah kena

    1. investasi gak kayak kredit kak? kalau masalah keamanan tergantung dengan tempat investasinya, pastikan tempat investasi sudah terdaftar di OJK

  9. Jarang yang bisa melakukan investasi ini. Padahal, banyak manfaatnya. Menabung dalam bentuk apapun sebagai antisipasi terhadap berbagai kondisi yang bisa terjadi

    1. menabung juga termasuk investasi

  10. Utk saat ini investasi yg aku pahami adalah menabung kak 😂 ada rencana juga beli beli sukuk gitu tapi memang harus benar benar dipahami

    1. kalau pingin coba-coba investasi lainnya bisa dimulai dengan nominal yang kecil. kalau sudah terlihat hasilnya baru deh dengan nominal yang besar

  11. Nurhilmiyah says:

    Sejauh ini baru investasi yang nomor satu saja Mbak yang saya dan suami terapkan. Paling properti sama emaslah buat persiapan pendidikan tinggi anak. Pingin juga sih menjajal macam-macam lainnya. Tfs ya

    1. semoga tulisan tersebut sedikit membuka cakrawala tentang investasi lainnya

  12. Saya tertarik dengan saham. Sayang saya tidak begitu paham dan harus melihat perusahaan yang memang sekiranya profitable, seperti yang mbak ungkapkan di atas soal kelebihan dan kekurangan dari perusahan itu.
    Sementara ini masih pada sistem tabungan dan reksa dana di salah satu bank swasta di Indonesia.

    1. Tabungan dan Reksadana juga sudah oke kak

  13. Saham dapat digunakan untuk investasi jangka panjang atau pendek ya ternyata , kupikir selama ini untuk jangka panjang saja. Ternyata tergantung perencanaan keuangan dan target investasi ya mbak

    1. betul banget, jenisnya tergantung target yang diinginkan

  14. Selama ini cuma menabung dan deposito berjangka yang pernah saya lakukan. Untuk saham masih agak takut-takut karena belum tahu benar alurnya seperti apa.

  15. Sangat lengkap sekali penjelasannya. Lagi pengen mempelajari lebih jauh mengenai investasi reksadana.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *