Ternyata Mudah Mengurus Balik Nama Mobil Tanpa Calo, Begini Caranya

Mengurus balik nama mobil menjadi salah satu langkah yang tepat untuk dilakukan para pembeli mobil bekas. Namun untuk biaya balik nama mobil bekas ternyata dapat dikatakan lebih mahal. Oleh karena itu, Anda harus mempertimbangkan hal ini sebelum Anda melakukan pembelian mobil bekas.

Jika anda sudah melakukan perpindahan balik nama mobil, maka hal ini akan lebih memudahkan Anda di masa depan nantinya. Hati akan menjadi lebih tenang tanpa ada rasa was-was dan khawatir. Oleh karena itu harus cepat cepat mengurus balik nama mobil.

Baca juga : Penyebab gagal mengambil biaya klaim asuransi mobil

Jika Anda sudah mengetahui prosedur dalam pengurusan balik nama, itu lebih baik lagi. Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk membayar calo tersebut. Meskipun calo akan sangat membantu Anda dalam proses membalikkan nama mobil. Namun biayanya tentu lebih mahal.

Untuk lebih menghemat biaya mengurus balik nama mobil tanpa calo, Anda dapat mengurusnya sendiri dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Lengkapi berkas

Berkas yang dipersiapkan untuk membalik nama yaitu fotokopi KTP pemilik baru, BPKB asli dan fotokopi, fotokopi STNK dan asli, kuitansi pembelian atau jual beli mobil dengan materai Rp 6.000 dan sudah ditandatangani. Setelah itu dilakukan pengecekan fisik mobil.

2. Datang ke Samsat

Ketika Anda sudah datang ke Samsat, maka tahapan yang dapat dilakukan yaitu:

  • Lakukan pengecekan fisik pada kendaraan Anda, yaitu mengecek nomor kendaraan, nomor mesin kemudian menggosok pada stiker yang ditempelkan.
  • Setelah selesai, petugas memberikan formulir dan Anda diminta mengisinya sesuai STNK.
  • Apabila sudah selesai, berikan pada loket petugas dan tunggu sampai keseluruhan di cek.
  • Anda akan dipanggil sesuai nama STNK lama dan berikan berkas, bukti fisik pada petugas.
  • Kemudian Anda akan diminta menyerahkan BPKB asli dan tunggu hingga petugas memanggil Anda.
  • Bayar tagihan sesuai nominal
  • Setelah itu STNK Anda pun sudah tertera dengan nama Anda. Sedangkan waktu lama untuk mendapatkan STNK tergantung kebijakan Samsat yang ada di daerah Anda.

Bagaimana? Sangat mudah bukan mengurus balik nama mobil pengembalian beli mobil bekas. Setelah nama di balik, Anda dapat melakukan modifikasi mobil sesuai selera di bengkel modifikasi mobil di jakarta.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RELATED POST

Talkshow FUNancial Bareng Home Credit

Sebuah talkshow bertema CEO in The Making: Financial Tips to Transform Your Passion Into a Business telah diselenggarakan di Boncafe…

Kelebihan Menggunakan QR Code Sebagai Sistem Pembayaran Digital

Berkat adanya teknologi, zaman terus berkembang ke arah yang lebih baik. Teknologi saat ini telah menyentuh semua lini kehidupan. Salah…

5 Profesi Yang Tidak Mendapatkan Tunjangan Hari Raya

Lebaran menjadi momen yang sangat menyenangkan bagi yang merayakannya. Apalagi jika mendapatkan THR alias Tunjangan Hari Raya, semua orang pasti…

Rasakan Kemudahan Akses Finansial di CekAja.com

Dalam rangka memperingati ulang tahun CekAja.com yang ke-5, ada banyak hadiah yang telah disiapkan untuk anda. Mulai dari 1 unit…

error: Content is protected !!