Penyiapan Dana Pensiun Untuk Masa Tua Bahagia

Dua tahun yang lalu, rumahku masih ramai dengan gelak tawa para saudara. Kalau makan selalu rebutan dan langsung habis. Meskipun sering terjadi pertengkaran yang membuat riuh isi rumah, namun gelak tawa kebahagiaan ikut mengiringi didalamnya.

Keluargaku
Kebersamaan keluarga

Kondisi sekarang di hari ini, rumah terasa lengang. Semenjak kepergian ibu, satu persatu saudara pergi dari rumah membentuk keluarga sendiri-sendiri. Kalau kumpul hanya sesekali itupun tidak pernah lengkap seperti dulu. Disitulah rasa sepi dan gundah mulai merayapi.

Ah ternyata perubahan hidup tidak bisa diprediksi. Apa yang terjadi di hari ini tidak pernah terpikirkan sebelumnya. Dulu sih anggap akan selamanya seperti itu, selalu bisa berkumpul bersama. Tapi kenyataan sungguh berbeda.

Dari hal tersebut aku jadi berfikir. Di kehidupan mendatang atau di hari tua nanti bagaimana kehidupanku? Bisakah aku hidup bahagia dan berkecukupan seperti sekarang ini? Ataukah malah lebih susah?

Berdasarkan survei yang dilakukan, ternyata kehidupan di masa tua tidak seindah di masa muda. Semakin tua semakin banyak penyakit yang menyertai, kebutuhan hidup juga semakin tinggi. Lantas adakah persiapan yang telah dilakukan untuk menghadapi masa tua?

Baca Juga : Beberapa Penyakit Orang Tua Lanjut Usia

Pentingnya Penyiapan Dana Pensiun Sedari Dini

Blogger Gathering Online via Microsoft Teams yang diselenggarakan oleh Manulife membuka cakrawala mengenai pentingnya penyiapan dana untuk hari tua sedari dini. Aku jadi ikut menghitung kebutuhan untuk masa tua dan upaya untuk penyelesaiannya supaya #Semakinharisemakinbaik.

Blogger Gathering Manulife

Pada Blogger Gathering yang diselenggarakan hari rabu tanggal 15 Desember 2021 kemarin,
Director and Chief EB and Sharia Distribution of Manulife Indonesia, Karjadi Pranoto memaparkan gambaran masa-masa pensiun yang akan dilewati oleh sebagian besar manusia. Kebanyakan sih mengasyikkan karena sebelumnya sudah berfikir dan disiapkan keuangan secara matang.

Berdasarkan hasil survei, ada beragam sumber pendapatan yang bisa didapatkan saat pensiun. Ada yang mendapatkan dana dari pemerintah lewat program sosial, ada yang mendapatkan penghasilan karena bekerja lagi di masa tua, ada yang hidup dari dana pensiun. Namun tak sedikit yang dapat dari dukungan keluarga dan kekayaan rumah tangga.

Penyiapan dana pensiun

Mbak Citra Anjeli Head of Strategy and Transformation Pension Business Manulife Indonesia pada agenda Blogger Gathering yang sama, menyampaikan tren yang terjadi saat ini. Dimana sudah umum dilakukan early retirement atau pensiun din. Tren ini berseliweran di media sosial dan terjadi akibat  pandemi yang membuat orang lebih nyaman bekerja dari rumah.

Saya sendiri juga lebih nyaman dengan model bekerja yang seperti ini. Bekerja di rumah dan mendapat penghasilan tanpa kemana-mana memang menyenangkan. Asalkan ada internet, banyak hal yang bisa dikerjakan untuk menghasilkan cuan. Tapi keputusan untuk pensiun dini seperti ini masih coba saya pikirkan ulang.

Kalau mau pensiun dini, otomatis nanti akan menjalani masa pensiun yang relatif panjang. Saat pensiun tersebut, kehidupan pastinya mengalami banyak perubahan. Tidak hanya kondisi dunia yang berubah, namun kondisi fisik juga mengalami banyak perubahan. Berbagai penyakit mulai menyerang saat lansia, sementara pembiayaan kesehatan semakin lama semakin meningkat.

Memang sih saya sudah punya BPJS Kesehatan, pembiayaan kesehatan pastinya tercover olehnya. Namun saat sakit menyerang, tidak ada lagi hal yang bisa saya kerjakan. Untuk kehidupan sehari-hari, mau tidak mau harus difikirkan lagi. Darimana bisa mendapatkan dana untuk mencukupi kebutuhan. Haruskah membebani anak, saudara ataupun anggota keluarga yang lain?

Maka dari itu saya mulai terfikirkan untuk memiliki dana pensiun untuk penyiapan dan la di masa tua. Meskipun bukan pegawai negeri, tapi kalau punya dana pensiun, hidup di masa tua berharap bisa lbih bahagia tanpa menyusahkan keluarga.

DPLK Manulife, Solusi Pencapaian Dana Pensiun Untuk Semua Kalangan

Mengatur Keuangan

Bekerja sebagai Freelance memang kelihatan mudah. Karena bisa mendapatkan penghasilan dari rumah. Tapi besar kecilnya tidaklah pasti. Kadang mendapatkan rejeki nomplok dalam sehari. Kadang gak menghasilkan sama sekali.

Untuk menyikapi hal tersebut, Mb Citra memberikan beberapa tips yang bisa dilakukan. Tips itu diantaranya :

1. Membuat list pengeluaran yang stabil

Meskipun pendapatan bervariasi dan tidak tentu nominalnya, tetapi pengeluaran tiap bulan usahakan stabil. Buat list yang menyebutkan jenis pengeluaran yang pasti dibutuhkan setiap bulannya. Cara Mengatur Keuangan Agar Gaji Tidak Cepat Habis perlu dilakukan dengan disiplin.

2. Hitung kebutuhan masa tua

Untuk kebutuhan masa tua harus membuat perencanaan. Disini tujuan hidup mesti ditetapkan secara jelas. Fokusnya adalah “kebutuhan” bukan “keinginan”.

Yang perlu ditentukan adalah pada usia berapa akan pensiun atau kemungkinan tidak memiliki penghasilan lagi, perkiraan dana yang dibutuhkan untuk hidup sehari-hari serta jangka waktu yang dimiliki untuk menyiapkan kebutuhan dana pensiun nanti.

3.  Sisihkan dana setiap bulan

Karena jalan hidup masih panjang, sementara kehidupan nanti tidaklah mudah dihadapi. Perlu sisihkan dana setiap bulan, jika perlu buat rekening khusus untuk dana pensiun.

4. Buat strategi pengumpulan dana pensiun

Untuk mengumpulkan dana pensiun ada beragam strategi yang dapat dilakukan. Bisa terjun di dunia investasi, bisa juga menabung sedikit demi sedikit sedari muda. Namun jika
strategi ini dirasa tidak efektif dan terlalu lama mencapai target, perlu dilakukan strategi lain yang mumpuni.

Strategi agar target dana pensiun tercapai secara cepat adalah memilih instrumen investasi sesuai profil risiko dan ikut serta program dana pensiun individu DPLK Manulife bernama MiGolden Retirement.

Tentang DPLK Manulife

Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) Manulife Indonesia adalah salah satu badan hukum dari PT Asuransi Jiwa Manulife Indonesia. Lembaga Keuangan yang satu ini memiliki tujuan untuk mengelola dan menjalankan program kemanfaatan pensiun berlandaskan hukum dana pensiun yaitu UU No. 11 tanggal 20 April 1992.

Program DPLK dirancang untuk memenuhi kebutuhan akan kesejahteraan di hari tua sehingga kehidupan di masa pensiun tetap terjamin. Gak perlu khawatir dengan keberadaan #DPLKManulife karena DPLK Manulife Indonesia telah mendapatkan pengesahan dari Menteri Keuangan, No. KEP-231/KM.17/1994, tanggal 5 Agustus 1994.

Bagi saya pribadi, perusahaan Manulife bukanlah perusahaan baru. Saya sudah ikut Reksadana Manulife sebagai pilihan investasi. Meski sudah punya investasi Reksadana, tapi belum punya persiapan dana saat pensiun.

Keunggulan yang didapatkan dari program pensiun ini adalah sistem pembayaran dan kemudahan akses polis asuransi yang sangat fleksibel. Produk asuransi ini juga dapat menghemat beban pajak investasi dan pajak penghasilan.

Ada 4 manfaat yang ditawarkan dari asuransi tersebut yaitu:

  1. Manfaat usia pensiun normal mulai 40 tahun.
  2. Manfaat masa pensiun dipercepat dalam waktu 10 tahun lebih awal dari masa pensiun yang didapatkan.
  3. Manfaat cacat yang sudah diperiksa langsung oleh dokter yang bersangkutan.
  4. Manfaat meninggal dunia, yaitu pertanggungan jika tertanggung telah dinyatakan meninggal dunia

Penyakit orang tua
Mempersiapkan hari tua yang bahagia bisa dimulai dari sekarang. Meskipun bukan pegawai negri atau pegawai kantoran, bisa kok mendapatkan dana pensiun. Kuncinya adalah konsisten pengelolaan keuangan dengan ikut dana pensiun tanpa ditunda tunda lagi.

Perencanaan masa pensiun sedari sekarang itu penting. Karena pensiun itu pasti tapi pensiun yang bahagia itu pilihan. Dana Pensiun Lembaga Keuangan (DPLK) dari Manulife dapat menjadi jalan perlindungan di masa tua. Selengkapnya tentang Dana ini bisa dibaca sendiri di www.manulife.co.id.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

30 komentar di “Penyiapan Dana Pensiun Untuk Masa Tua Bahagia

  1. Wah bener juga nih. Agar hari tua kelak tidak merepotkan anak, maka mulai dari sekarang kita harus pintar’ menyiapkan dana. Dengan begitu, masa tua akan lebih tenang

  2. Dana pensiun emang harus dipersiapkan sejak dini, agar dimasa tua nanti bisa lebih bersantai dan tidak pusing lagi untuk urusan biaya jika dibutuhkan secara mendadak

  3. Ini dia yang kadang terlupa, mempersiapkan dana pensiun. Harusnya mulai dari muda sudah punya tabungan khusus untuk pensiun ya, agar nantinya ketika masa senja telah menjemput, kita sudah masuk ke taraf bebas finansial. Enggak ngerepotin anak cucu lagi.

  4. siapapun pastinya butuh yang namanya dana pensiun. oleh karena itu ada baiknya agar kita menyiapkannya dari sekarang, supaya kita bisa menikmati hari tua dengan tenang.

  5. Uhuhu … beberapa bulan belakangan ini aku kepikiran banget tentang “nanti kalo udah tua gimana”. Kebayang sepinya kalau anak-anak udah kerja, nikah, dan nggak serumah lagi denganku. Sekarang aja si sulung mulai kos deket kampus, aku udah ngerasa kehilangan 🙁 Belum lagi soal keuangan ya. Alhamdulillah udah punya DPLK sejak beberapa tahun lalu.

  6. Baru nyadar Mbak bahwa kebutuhan pensiun kudu dipersiapkan jauh-jauh hari karena sumber pendapatan masa depan belum jelas. Mulai hitung karena bentar lagi 40 tahun usiaku, mesti cermat biar bisa early retirement, bismillah. Mau kulik kayak apa DPLK Manulife.

  7. Dulu masih belum terpikir untuk punya dana pensiun. Sekarang sudah tau pentingnya menyiapkan pensiun, udah mulai mengumpulkan dana biar nanti bisa menikmati hari tua dengan bahagia

  8. iyaa setuju banget, persoalan pensiun bukan nanti2 tapi harus disiapin dari sekarang biar punya tabungan biaya hidup saat pensiun nanti. Menarik ya ini program nya manulife buat hari tua bentuknya reksadana jadi uangnya terus berkembang

  9. Wah aku baru tau tentang DPLK Manulife ini, cocok banget dimiliki sebagai jaminan di masa tua ya mbaaaa.. Emang sebaiknya persiapan pensiun harus disiapkan sesegera mungkin yaaa

  10. Disiplin dalam memilah mana yang kebutuhan atau keinginan juga harus ditegakkan, duuh kalau ikuti kata hati aja sih pasti gak akan bisa deh nabung buat dana pensiun ya Kak, padahal dana pensiun itu bisa kita sisipkan sedari dini saat kita punya penghasilan sendiri ya 🙂

  11. Masa tua nanti memang perlu dipikirkan dari sekarang ya mbak. Persiapannya juga harus matang, karena bagian dari masa depan juga

  12. Mempersiapkan dana pensiun sedini mungkin memang sangat penting, karena kenyamanan menghabisakan masa-masa tua, salah satunya ditentukan dari dana yang mampu kita siapkan saat masih usia produktif. Kelak juga, kita tidak banyak merepotkan anak maupun cucu.

  13. Iya yaa…dana pensiun ini jangan ditunda-tunda lagi. Karena benefits yang kita dapatkan akan semakin besar ketika semakin cepat kita memutuskan untuk berinvestasi untuk kehidupan yang bahagia di hari tua. Bersama Manulife membuat kehidupan hari tua bahagia.

  14. Sangat diperlukan banget perencanaan untuk dana pensiun ini, agar masa tua tidak memberatkan anak atau anggota keluarga lain. Bersama Manulife masa tua bahagia bisa banget diwujudkan. Siip.

  15. Pengalaman dari orang tua kita bisa jadi pelajaran nyata. Ya kalau anak kita nanti bisa memperlakukan sebaik dan seperti keinginan. Kalau tidak?
    Mempersiapkan dari awal lebih baik daripada menyesal ya

  16. Terimakasih tipsnya mbak. Masa tua memang harus disiapkan sejak saat ini terutama menyangkut masalah dana pensiun….karena namanya keinginan itu makin besar pendapatannya makin banyak pula keinginannya. Penting banget sejak dini mulai memprioritaskan kebutuhan dan memilah2 keinginan agar masa tua nanti bisa terjamin.

  17. Soal dana pensiun ini kayanya masih banyak yang menyepelekan pdhl penting sih, biar anak gak terbeban dan jadi sandwich generation saat kita menua

  18. Aku pun skrg jadi kepikiran mau siapin dana pensiun. Apalagi freelancer kayak aku gini nggatau kan jaminan ke depan bakal akan terus nerima job apa engga. Eh bisa ngga sih mba mengajukan kalau kerjaannya cuma guru honorer nih misalnya atau freelancer blogger gitu?

  19. Nunggu bagian warisan utk hidup di usia senja bukanlah hal yang tepat ya kak. Iya kalo warisannya banyak dan ga dibagi2 lagi ke anak cucu. Lha kalo iya? Kita malah bingung hrs minta ke anak2 lagi dah. Nah ini pentingnya mempersiapkan masa depan dgn dana pensiun ini. Biarlah kita susah2 skrg, asal tuanya happy.

  20. Wah iya mbak, dana pensiun emang bener2 harus disiapkan biar saat masa tua nanti tinggal menikmati hasil kerja keras semasa muda

  21. Saya juga makin merasakan perubahan ini ketika banyak anggota keluarga besar seperti nenek, kakek, yang meninggal. Sekarang orang tua dan bibi paman yang mulai menua, makin banyak antisipasi soal penyiapan dana dan sebagainya.

  22. Menuju hari tua yang sehat, bahagia dan mandiri
    Cita-cita saya banget seperti ini
    Makanya penting banget menyiapkan dana pensiun yang tepat agar masa tua tak jadi beban anak cucu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!