PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan & Investasi Terpercaya

Kehidupan terus berjalan. Keuangan juga terus berputar. Tingkat kesejahteraan yang terus berkembang dengan baik menjadi tujuan yang dicapai oleh semua orang, tak terkecuali dengan saya pribadi. Namun tingkat kebutuhan yang tinggi terkadang tak diimbangi dengan penghasilan yang didapatkan.

Aplikasi catatan keuangan pribadi

Pekerjaan sebagai freelancer membuat saya tidak memiliki pendapatan tetap tiap bulannya. Kadang dalam satu bulan bisa mendapatkan rejeki berlimpah dari job-Job yang saya dapatkan. Namun terkadang dalam satu bulan tidak mendapatkan satu jobpun. Sementara kebutuhan tiap bulan pasti selalu ada. Mangkanya harus berpikir cerdas dan kreatif dalam menanggulanginya.

Semenjak lulus kuliah, saya terbiasa untuk menuliskan pengeluaran tiap bulan dan juga pendapatan yang diterima dalam satu buku kecil. Buku ini semacam aplikasi catatan keuangan pribadi yang selalu saya bawa kemana-mana dan menemani dalam bepergian. Kalau sudah penuh, ganti dengan buku baru.

Tapi karena keteledoran saya, bukunya pernah hilang sekali dan itu bikin saya kalang kabut kebingungan. Akhirnya mencatat dari awal tanpa bisa melihat catatan sebelumnya. Kondisi rumah yang sering terkena banjir, juga memberi kesulitan tersendiri. Buku catatan saya beberapa kali basah kena air dan gak bisa dibuka-buka lagi.

Dari situ saya kepikiran untuk menuliskan catatan keuangan saya di smartphone yang saya punyai. Pertimbanganya karena kemana-mana saya selalu bawa smartphone dan ini merupakan harta yang selalu saya jaga dengan sebaik-baiknya. Dengan teknologi yang super canggih saat ini, saya yakin ada aplikasi catatan keuangan pribadi yang bisa diandalkan.

Seperti biasa, andalan saat kebingungan adalah mbah Google. Dari beberapa artikel yang tersaji, saya penasaran dengan aplikasi investasi terpercaya bernama PINA. Fitur-fitur dalam Aplikasinya sangat lengkap dan membuat saya tertarik dan mencari segala info didalamnya kemudian langsung mendownloadnya.

Tentang PINA

PINA merupakan salah satu aplikasi perencanaan keuangan yang diusung oleh Trust Sekuritas dan bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan serta Investasi. Melalui slogan memberikan solusi yang lebih efektif, efisien, praktis serta lebih personal, PINA digadang dapat membantu semua orang mencapai tujuan finansialnya.

Aplikasi PINA dapat memfasilitasi perencanaan keuangan hingga investasi penggunanya. Penggunaanya yang mudah dan dapat disesuaikan dengan kapasitas profil pengguna membuat aplikasi ini menjadi andalan dalam mencapai keinginan yang berhubungan dengan keuangan. Aplikasi Budgeting ini simpel banget dalam penggunaannya.

Mengenai keamanannya, gak perlu khawatir karena PINA sebagai aplikasi investasi terpercaya telah terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Data pribadi kita tidak akan disebarluaskan dan hanya diperuntukkan untuk kepentingan dalam memanfaatkan fitur-fitur Aplikasi.

Dana ataupun investasi yang disetorkan berada di Rekening Dana Nasabah (RDN) milik sendiri sehingga tidak akan hilang dan tidak bisa dipergunakan orang lain. Selain itu hasil investasi pengguna juga disimpan di KSEI (Kustodian Sentral Efek Indonesia) tidak dipegang oleh sekuritasnya. Jadi kalau aplikasinya tutup atau bangkrut, investornya bisa datang ke KSEI untuk mengambil uang atau produk investasinya sendiri.

Dalam memberikan palayanan prima terhadap masyarakat luas, Trust Sekuritas telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan aset manajemen terpercaya seperti Sinarmas Asset Management, BNI Asset Management, dan Sucorinvest Asset Managemen. Selain itu, Trus Sekuritas juga bekerjasama dengan Bank BNI (PT Bank Negara Indonesia Tbk) untuk menyimpan Rekening Dana Nasabah (RDN).

Keunggulan PINA sebagai Aplikasi Investasi Terpercaya

Setelah mengetahui berbagai hal mengenai PINA, saya langsung men-download aplikasinya dan melakukan pendaftaran untuk menikmati fitur-fitur didalamnya. Daripada ribet menulis di buku dan hitung secara manual, mending saya masukkan ke dalam aplikasi perencanaan keuangan dan melihat perhitungannya secara otomatis.

Untuk perencanaan keuangan, ada aplikasi budgeting dalam PINA yang menawarkan sistem budgeting. Aplikasi ini secara otomatis membantu saya melihat pertumbuhan “Net Worth”  beserta pengeluaran yang biasanya harus dikeluarkan. Sementara untuk peran sebagai aplikasi investasi terpercaya, aplikasi PINA menawarkan tools pre-build portofolio yang sudah disesuaikan dengan profil risiko serta tujuan finansial investor.

Selain itu, dalam Aplikasi PINA ada juga informasi yang terintegrasi dengan berbagai aspek keuangan yang kita miliki. Seperti tabungan, deposito, BPJS, hingga kartu kredit. Informasi ini digunakan untuk mendapatkan gambaran menyeluruh tentang keadaan keuangan nasabah.

Aplikasi investasi terpercaya

Proses pendaftaran di PINA relatif cepat dan semuanya dilakukan secara online. Tinggal siapkan KTP dan NPWP, saya bisa langsung melakukan pendaftaran. Isian yang diperlukan hanyalah pada email serta no HP. Setelah menfoto KTP, data-data lainnya muncul secara otomatis. Saya gak perlu mengisi formulir pendaftaran yang lumayan ribet. Gak sampai sehari semalam, pendaftaran akun di PINA sudah langsung disetujui.

FITUR PINA UNTUK PENGATUR KEUANGAN

Aplikasi perencanaan keuangan PINA menawarkan berbagai fitur lengkap bagi para penggunanya. Hanya dengan satu aplikasi, semua kebutuhan keuangan modern bisa dijalankan. Mulai pengaturan keuangan, evalusi cash flow hingga pengambilan investasi yang disesuaikan dengan financial goals pribadi.

Fitur unggulan PINA diantaranya :

PINA Save

FITUR PINA Save layaknya catatan keuangan pribadi yang membantu dalam pencatatan pemasukan dan pengeluaran. Fiturnya mudah dan simpel banget. Tinggal memasukkan Pos pengeluaran dan juga pendapatan sesuai kategori, nanti akan tersusun sendiri secara otomatis. Catatan keuangan jadi rapi ini sehingga mempermudah dalam pengelolaan keuangan.

Uniknya dalam Aplikasi PINA fitur Save, kita bisa menyambungkan akun bank dan juga e-wallet dalam satu aplikasi. Hal ini membuat kita jadi tahu lebih detail catatan keuangan pribadi. Gak perlu lagi deh buku manual buat mencatatnya.

PINA Invest

Pada Aplikasi ini, pengguna bisa memilih jenis investasi jangka pendek seperti saham dan reksadana dengan mudah. Bagi pemula  pemula yang masih awam dengan mekanisme investasi, aplikasi ini sangat cocok sekali.

Melalui teknologi didalam engineer PINA, pengguna tidak perlu pusing dengan banyaknya pilihan portofolio dan pergerakan pasar setiap harinya. Tinggal memasukkan planning goal yang ingin kita capai, profil resiko serta menjawab beberapa pertanyaan, PinaInvest akan merekomendasikan portofolio investasi yang paling sesuai dengan kebutuhan

Bagi yang sudah berpengalaman dalam berinvestasi, fitur PinaInvest tetap bisa membantu dalam mengatur portofolio investasi supaya mendapatkan hasil terbaik. PINA adalah aplikasi investasi terpercaya, jadi bisa digunakan semua kalangan.

Sebelumnya saya sudah punya investasi saham dan juga reksadana di aplikasi lainnya, tapi karena tidak ada petunjuk atau rekomendasi dalam Aplikasi tersebut sehingga saya serampangan saja dalam memilih investasi.

Biasanya saya memilih saham tertentu seusai kata hati. Meskipun sering rugi tapi saya anggap sebagai pembelajaran saja. Namun setelah mengubek-ubek aplikasi PINA ini jadi malu sendiri. Ternyata saya banyak salah langkah. Setelah ini akan memperbaikinya pelan-pelan sesuai arahan dan panduan dalam Aplikasi PINA.

PINA Goal

Fitur Goal dalam Aplikasi Investasi Terpercaya PINA menjadi pilihan dalam menyimpan dana pribadi dan dapat dijadikan Tools bagi yang susah mengatur keuangan seperti saya. Meskipun namanya Goal, fitur ini tidak hanya digunakan untuk menabung saja, namun bisa membantu lebih konsisten dalam mengatur keuangan sesuai dengan tujuan finansial investor.

Sebagai contoh, saat saya memasukkan keinginan untuk membeli kendaraan bermotor dengan perkiraan budget sekian puluh juta, fiturnya otomatis memberikan masukan jumlah uang yang harus ditabung tiap bulan dan rekomendasi jenis reksadana yang dapat mempermudah dalam pencapaiannya.

Fitur ini seperti menabung pada umumnya tapi dengan metode yang lebih mudah dan pastinya lebih menguntungkan karena bunganya melebihi deposito bank. Uangnya juga bisa ditarik kapan saja sesuai syarat dan ketentuan yang berlaku.

Aplikasi budgeting

Jika merasa keberatan dengan nominal yang harus disetorkan, jangka waktu pencapaian bisa diperpanjang sesuai kebutuhan. Semakin cepat rentang waktu pencapaian, semakin tinggi dana yang harus disetorkan. Sebaliknya jika rentang perencanaan yang dimasukkan lebih panjang, dana yang harus ditabung juga semakin sedikit tiap bulannya. Pengaturan keuangan disesuaikan dengan kemampuan sehingga seperti punya Financial Planner pribadi.

PINA Classroom

Bagi yang ingin lebih tahu tentang PINA dan juga dunia investasi secara lebih akurat, ada PINA Classroom yang memberikan banyak informasi serta pengetahuan secara gratis. Ada juga tips & trik dalam mengelola keuangan, pemasukan serta investasi yang diupdate secara berkala.

Informasi yang diberikan mudah dipahami sehingga sama sekali tidak membingungkan, bahkan bagi orang awam sekalipun. Tidak ada istilah-istilah asing yang bikin mumet kepala. Saya jadi tercerahkan. Habis baca, pasti tercetus dalam pikiran oh… Ternyata begini, oh… Ternyata begitu. Tujuan investasi jadi lebih jelas.

Aplikasi perencanaan keuangan

Setelah mengeksplore fitur-fitur di PINA, saya melihat ada tingkatan prosentase dalam aplikasinya. Semakin banyak memanfaatkan fiturnya, tingkat prosentasenya semakin tinggi. Saya mencoba mengisi sana sini sesuai kategori dan memasukkan anggaran-anggaran keuangan yang biasanya keluar masuk tiap bulan, saya jadi tercengang, eh ternyata banyak juga ya pengeluaran saya tiap bulannya.

PINA NetWorth

Yang paling saya sukai dari PINA adalah Fitur NetWorth. Di sini saya merasa kaya sekali karena bisa memasukkan catatan semua aset yang saya punyai. Baik benda bergerak maupun yang tidak bergerak. Ada juga catatan investasi yang dipunyai dan juga  jaminan hari tua. Tak ketinggalan catatan hutang juga. Meskipun aset ada di tempat atau aplikasi lain, tapi tetap dapat dihitung dalam Aplikasi PINA.

Kesimpulan Menggunakan Aplikasi PINA

Sejak memiliki aplikasi PINA, keuangan saya jadi lebih baik. Selama ini hanya anggap biasa saja pemasukan dan pengeluaran yang terjadi, gak pernah dibikin pusing. Namun ketika melihat terperinci jadi terlihat jelas semuanya. Mana pos yang menghabiskan dana banyak dan bisa ditekan, serta mana pos yang tidak bisa diutak atik. Semuanya dapat dicermati sendiri. Pada akhirnya ada skala prioritas dalam pengelolaan keuangan. Keinginan dan target saya untuk masa depan jadi lebih mudah dicapai

Dengan mendaftar dan memiliki aplikasi PINA, saya jadi merasa memiliki personal assistant/one stop information and investment tools, yang siap memberikan saran atau bantuan kapan saja dan dimana saja. Tidak ada paksaan dalam aplikasi catatan keuangan pribadi yang satu ini. Keputusan dalam pengelolaan keuangan tetap ada pada saya, nanti mau menuruti sarannya atau tidak

Gak perlu lagi deh punya buku catatan kecil yang dibawa kesana kemari. Sudah ada PINA yang sudah mengatur keuangan sekaligus menjadi aplikasi investasi terpercaya. Bagi yang belum punya bisa ikutan mendownload dan memanfaatkan fitur-fitur didalamnya. Sebagai informasi, sudah ada Aplikasi PINA untuk iOS dan Aplikasi PINA untuk Android yang bisa diunduh sesuai jenis ponsel yang dimiliki.

Sekarang ini PINA memberikan program yang menggiurkan untuk meraih apa pun tujuan keuangan yang kita inginkan. PINA membantu nasabahnya dengan pemberian tambahan modal investasi berupa Cashback up to 10 Juta. Mangkanya mulai sekarang buat tujuan keuangan di PINA Goal dan jangan lupa rutin menabung setiap bulan selama 1 tahun. Nanti PINA akan berikan cashback sesuai yang dijanjikan. Pelajari lebih lanjut mengenai cara ikutan Promo Cashback up to 10 Juta dari PINA langsung dari aplikasi atau websitenya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

25 komentar di “PINA, Aplikasi Perencanaan Keuangan & Investasi Terpercaya

  1. Ya Allah Mbak, sedih banget buku catatan keuangan nya hilang dan kebanjiran. Alhamdulillah nemu PINA ya. Lengkap pula fitur-fitur nya. Jadi ga perlu khawatir hilang atau kena banjir lagi karena bisa diakses pakai hp apapun

  2. Sama nih, Mbak.
    Memilih PINA sebagai teman mengatur keuangan dan investasi kita merupakan langkah tepat, nih. Serasa punya asisten pribadi untuk mengelola keuangan ya, Mbak…

  3. Iya, aku awalnya melihat apps canggih PINA ini mupeng pengen banget cobain. Karena bisa disinkronisasikan dengan ewallet kita juga.
    Rasanya tanpa repot bisa mengetahui pencatatan keuangan dengan teliti.

    Dipercaya karena dibawah pengawasan OJK pula…
    Semakin jatuh cinta dengan PINA apps.

  4. Banyak fitur yaa.. kalo buat pemula kayaknya ngga bikin bingung ya…
    Memang harus pintar2 pilih jenis investasi dan pinter2 ngelolanya juga..

  5. saya masih pake buku buat catat pengeluaran dan budgeting, kelemahannya ya duitnya tetep di bank atau ewallet. nah pake pina nih serba efektif dan efisien ya, bisa catat keuangan dan budgeting sekaligus nyimpen duitnya di satu tempat

  6. Bisa untuk kelola keuangan dan buat investasi juga ya, wah paket komplit ada di PINA. Cuss semangat atur keuangan agar mencapai financial freedom

  7. Pencatatan keuangan ini memang jadi hal penting banget biar gak boros. Apalagi buat orang yg demen jajan kek aku.
    Nah, di aplikasi ini juga kita bisa diajak nabung dan investasi juga. Lengkap yaa fitur aplikasi pencatatan keuangannya nih mbak

  8. Menarik nih aplikasi PINA, pengen coba langsung abis baca fitur-fiturnya cocok sama yg aku butuhin sekarang

  9. Aku jadi team ngga boros lagi setelah ada PINA, karena jadi kentara bangett pas ada budgeting dan itu kesambung sama ATM dan gofood wkakaka, jadinya mikir seribu kali kalo mau konsumtif deh

  10. Aku kemarin udah coba-coba fitur investasi berdasarkan goal di PINA ini. Jadi, mereka bantu menghitung kan berapa nominal dana yang harus ku investasikan agar goal ku tercapai tepat waktu. Asyik sih.

  11. Fiturnya cukup banyak juga. Bisa dijadikan alternatif untuk memisahkan budget dana darurat dengan budget sehari-hari.
    Disini kita juga melatih management keuangan ya, menarik

  12. Menarik nih aplikasi keuangannya. Cobain ah. Sepertinya cocok juga buat anak sulungku yang kuliah sambil ngambil job lepasan. Biar belajar mengelola keuangan sejak awal.

  13. Keren banget PINA. Mulai dari atur pengelolaan keuangan ampe investasinya ada juga ya kak. Harus download segera nih krn utk mantau cashflow-ku yg berantakan. Sekalian buat cek asetku.

  14. Wow kudu buruan ikutan menggunakan PINA nih mumpung ada bantuan modal cashback sampai jutaan gitu kan lumayan ya. Semoga saja bisa jadi modal usaha. Aamiin…

  15. Aku udah install aplikasi PINA dan mengelola keuangan lewat aplikasi ini. Terasa terbantu banget ngatur cash flow tanpa bocor-bocor

  16. Wah keren ya aplikasinya, kayak punya asisten keuangan pribadi yang bertugas mencatat pengeluaran juga pemasukan, aplikasi perencanaan keuangan ini penting banget lho buat orang seperti saya yang sulit banget mengatur keuangan. Terima kasih mbak infonya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!