Sejarah Pulsa yang Diawali Telkomsel

Masyarakat di Indonesia pasti sudah tidak asing dengan Telomsel selaku operator telekomunikasi seluler di negara tersebut. Telkomsel sendiri memang sudah sangat fasih bergerak di bidang telekomunikasi. Sejarah pulsa di Indonesia diawali oleh Telkomsel. Adanya Telkomsel lahir dari PT Telkom yang mulai berencana menambah teknologi nirkabel GSM pada 1993.

Satu tahun kemudian, PT Satelit Palapa Indonesia menjadi operator jaringan GSM pertama di Indonesia yang memunculkan kartu SIM. Barulah PT Telkomsel didirikan PT Telkom pada 1995 dengan mulai membuat kartu Halo pada 1995. Sistemnya sendiri masih postpaid alias layanan paska bayar. Sistem pra bayar baru dibuat PT Telkomsel untuk kartu Halo pada dua tahun berikutnya.

Sejarah Pulsa

Sejarah pulsa dulunya pelanggan harus membeli voucher pulsa isi ulang model digosok untuk mendapatkan kodenya. Kendati dilahirkan PT Telkom, pihak itu hanya memiliki saham sebesar 65 persen pada 2015. Sementara sisanya dimiliki Singtel sebesar 35 persen. Singtel adalah perusahaan telekomunikasi terbesar di Singapura. Singtel juga merupakan operator jaringan ponsel terbesar di Asia Pasifik selain Republik Rakyat Tiongkok.

Baca juga :

Maka bukan tanpa alasan bahwa Telkomsel menjadi operator telekomuikasi seluler terbesar di Indonesia dengan 139,9 juta pelanggan. Hitungan itu dimulai sejak Desember 2014 karena melihat pangsa pasar sebesar 51 persen per sekitar 1 Januari 2007. Jaringannya pun meliputi 288 roaming internasional dari 155 negara sekitar akhir tahun 2007.

Itulah yang menyebabkan Telkomsel menjadi operator ketujuh dunia yang punya lebih dari 100 pelanggan dalam satu negara. Telkomsel pun menjadi operator telekomunikasi pertama di Indonesia dengan layanan komersial mobile 4G (Long Term Evolution) LTE. Layanan itu bisa memiliki kecepatan dan akses data sampai 36 Mbps.

Telkomsel pun sudah menggelar lebih dari 100.000 BTS untuk menjangkau sekitar 98 persen wilayah di Indonesia. Hal itu semakin menguatkan Telkomsel sebagai operator seluler ke-6 terbesar di dunia dalam soal jumlah pelanggan. Telkomsel menjadi pemimpin pasar industri telekomunikasi di Indonesia yang dipercaya oleh lebih dari 143 juta pelanggan dalam kurun waktu 2015 sampai 2016.

Soal teknologi, Telkomsel telah memandu perkembangan industri telekomunikasi seluler di Indonesia. Terutama ketika memasuki era baru layanan mobile broadband. Konsistensi Telkomsel bisa terbukti dengan mengimplementasikan roadmap teknologi 3G, HSDPA, HSPA+, sampai pengembangan jaringan LTE.

Telkomsel juga mengembangkan jaringan 100 broadband di kota-kota besar Indonesia. Para pelanggan yang pastinya membeli pulsa Telkomsel pun tidak perlu khawatir untuk konsultasi. Hal itu karena Telkomsel didukung akses call center untuk membantu kebutuhan pelanggan. Akses itu pun berlaku 24 jam dan tersebar sebanyak 430 pusat layanan di Indonesia.

Baca juga : Kelebihan Layanan Kargo Sebagai Alternatif Pengiriman

Layanan itu berlaku untuk seluruh produk Telkomsel, yaitu Kartu Halo, SimPATI, Kartu As, Telkomsel Flash, Kartu Facebook, SimPATI LOOP dan Kartu LOOP. Adapun produk gabungan dari operator pra bayar maupun pasca bayar Flexi yang ditutup dan semua pelanggan prabayar dipindahkan ke kartu As Flexi dan kartu Halo Flexi.

Telkomsel juga semakin memanjakan penggunanya melalui program Telkomsel Poin. Program itu dipersembahkan Telkomsel untuk loyalitas pelanggan. Program itu memberikan kesempatan kepada pelanggan untuk mendapatkan Telkomsel Poin setelah mengisi pulsa minimal Rp. 50.000 dalam satu bulan.

Setiap pengisian pulsa berikutnya, sebesar Rp. 5000, akan mendapatkan satu poin khusus untuk kartu SimPATI dan kartu AS. Sementara dua poin bagi Kartu Halo. Seluruhnya pun perlaku kelipatannya. Poin sendiri bisa ditukar dengan berbagai program yang ditawarkan call ke UMB *700# atau hubungi call center pada nomor 133 untuk pasca bayar dan 155 bagi pra bayar.

Untuk membeli pulsa telkomsel, kini Anda tidak perlu repot repot pergi keluar. Karena saat ini kudo hadir untuk memudahkan Anda dalam pembelian pulsa. Selain itu, Anda juga bisa mengisi pulsa listrik, hingga barang elektronik. Sejarah pulsa yang diawali oleh Telkomsel sekarang sudah berkembang sangat luas.

4 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!