5 Situs Online Lowongan Kerja Di Indonesia dan Panduan Melamar Disana

Dewasa ini banyak orang yang mengatakan bahwa mencari pekerjaan zaman sekarang semakin sulit. Meluapnya tenaga kerja tiap tahun yang tidak dibarengi dengan jumlah lapangan kerja membuat banyak orang merasa kesulitan untuk mencari kerja. Tapi hal tersebut tidak sepenuhnya benar, dengan berkembangnya teknologi seperti Internet yang sangat pesat saat ini, metode mencari pekerjaan semakin mudah.

Baca juga : 5 Pekerjaan Sampingan Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Jika di masa lalu, orang-orang harus berjalan jauh untuk melamar sebuah pekerjaan. Mereke mendatangi setiap kantor, toko, pabrik maupun berbagai perusahaan hanya untuk sekedar mencari tahu lowongan pekerjaan dan jika beruntung menaruh lamaran pekerjaan disana. Di masa sekarang para pencari kerja tinggal buka internet dan mencari berbagai lowongan pekerjaan yang diinginkan.

Situs Online Lowongan Kerja
Ada banyak perusahaan yang menggunakan teknologi internet untuk membuka lowongan pekerjaan. Perusahaan-perusahaan tersebut biasanya memasang lowongan pekerjaan atau loker di situs sosial media, forum, iklan baris, atau sebuah situs online marketplace khusus pencari kerja.

Berikut ini 5 situs online yang bisa dijadikan alternatif pencari lowongan pekerjaan :

1. Jobstreet

Jobstreet merupakan situs online yang menjadi rujukan pertama bagi para pelamar kerja di Indonesia. Situs ini menyediakan banyak lowongan berkualitas yang selalu update tiap hari. Jobstreet bukan hanya terkenal sebagai situs lowongan kerja paling terpercaya di Indonesia, tapi juga di berbagai negara di Asia. Ada banyak perusahaan berkualitas yang memasang lowongan kerja disana.

Selain di Indonesia, Jobstreet sendiri sudah membuka cabang di berbagai negara seperti Malaysia, Filipina, SIngapura dan Vietnam. Hingga saat ini tercatat ada sekitar 800 tim profesional bidang IT yang mengembangkan situs ini sehingga kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Jobstreet memiliki pelayanan yang bagus serta kepercayaan yang tinggi dari para membernya sehingga masih tetap eksis hingga saat ini dan menjadi situs online pencari kerja yang paling populer. Untuk membuktikannya, anda bisa langsung mengunjungi situsnya.

2. Kompas Karier

Kompas karir merupakan situs online lowongan kerja yang di buat oleh perusahaan koran terbesar di Indonesia yakni Kompas. Setelah sukses di bidang media cetak, kompas merambah ke dunia online salah satunya adalah Kompas Karier ini. Seperti yang kita ketahui, Kompas adalah satu diantara perusahaan media paling besar di Indonesia. Jadi, dari sisi kualitas kompas karier tidak diragukan lagi. Di situs tersebut, kita bisa menemukan berbagai lowongan kerja terbaru, lowongan kerja pilihan, dan sejumlah tips karir.

Baca juga :Pengalaman Pertama Kerja Online

3. Karir.com

Situs lowongan kerja karir.com menampilkan berbagai info lowongan kerja dalam bahasa Inggris dan juga bahasa Indonesia. Seperti halnya situs lowongan kerja yang lain, situs online yang satu ini juga memiliki fasilitas pencarian pekerjaan berdasarkan posisi, nama perusahaan, kota pilihan dan kata kunci. Selain itu, karir.com juga memiliki informasi kategori pekerjaan berdasarkan industri khusus. Misalnya industri manufacturing, financial banking, retail dan lain sebagainya.

4. Jobindo.com

Cara cepat cari kerja adalah tagline populer dari situs online lowongan kerja Jobindo.com. Situs ini memiliki fitur pencarian pekerjaan berdasarkan lowongan teratas dan lowongan terbaru di halaman depannya. Selain itu juga ada pencarian lowongan kerja berdasarkan kategori dan lokasi.

Baca juga : Aktivitas dan Pekerjaanku Saat Ini

5. Jobs.id

Temukan peluang karir yang berdampak bagi hidup Anda menjadi tagline populer dari Jobs.id . Situs online lowongan pekerjaan ini memiliki tampilan web sederhana yang menyediakan berbagai informasi lowongan kerja dari beragam industri. Fitur pencarian lowongan pekerjaan berdasarkan pada posisi, lokasi, dan perusahaan. Bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris dan bahasa Indonesia. Tergantung kita milih yang mana.

Baca juga : 6 Keuntungan Menjadi Freelance Penulis

Selain 5 Situs online lowongan kerja diatas sebenarnya masih banyak situs-situs online lainnya. Namun tidak bisa ditampilkan semuanya disini karena tidak semuanya update dan terpercaya. Media internet yang cepat dan tanpa batas memerlukan selektifitas untuk mengaksesnya. Tak terkecuali dalam memilih situs lowongan kerja. Kita harus teliti dan selektif dalam mengaksesnya. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. Jobstreet bisa jadi alternatif pertama dalam memilih situs online lowongan kerja yang terpercaya.

Situs Online Lowongan Kerja Di Indonesia

Untuk melamar kerja di situs online lowongan kerja sangat mudah. Panduan untuk mengaksesnya hampir sama dan semua orang dapat melakukannya. Kita cuma perlu koneksi internet, seperangkat alat tempur, serta kemauan yang besar untuk mendapatkan pekerjaan. Insya Allah, pekerjaan yang diinginkan akan menghampiri.

Berikut ini adalah panduan umum melamar kerja di situs online lowongan kerja :

1. Buat Akun

Saat membuka beberapa website lowongan pekerjaan itu untuk pertama kali, kita bakal disuruh bikin account dulu. Data yang perlu diisi diantaranya nama lengkap, e-mail, dan password. Jangan lupa untuk verifikasi email untuk melanjutkan pendaftaran dan validasi akun baru.

2. Memasukkan Informasi Dasar

Setelah akun baru dibuat, kita biasanya diharuskan mengisi formulir pendaftaran dan juga memasukkan berbagai informasi lainnya sebagai pelengkap. Informasi pelengkap diantaranya: besarnya gaji yang diinginkan, posisi yg diinginkan, pengalaman sebelumnya dan lain sebagainya.

3. Bikin Profil dan Memasukkan Dokumen Terkait

Beberapa situs online lowongan kerja ada yang mengharuskan kita untuk membuat profil pribadi dan memasukkan dokumen tambahan seperti foto, CV dan sertifikat pendukung lainnya. Jika ingin mendapatkan pekerjaan dengan cepat, alangkah baiknya semuanya dilengkapi supaya tampak profesional.

4. Mencari Pekerjaan

Jika semua persyaratan sudah lengkap dan semua item isian telah diisi, kita bisa segera mencari lowongan pekerjaan yang sesuai dengan keinginan. Menu “Cari Lowongan” yang tersedia di beranda situs online penyedia lowongan kerja dapat dimanfaatkan. Selain mengetikkan kata kunci di kotak pencarian, kita juga bisa mencari lowongan pekerjaan dengan memasukkan kata kunci berdasarkan keahlian, posisi dan juga lokasi.

5. Memasukkan Lamaran Kerja

Dalam melamar kerja kita tidak boleh main-main. Kita harus melamar kerja di tempat yang sesuai dengan bidang keahlian kita. Saat sudah menemukan posisi pekerjaan yang cocok, kita dapat memasukkan lamaran kerja disana dengan menekan tombol yang telah disediakan.

(Visited 17 times, 1 visits today)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!