5 TANAMAN HERBAL UNTUK PENGOBATAN KANKER SERVIKS

Penyakit Kanker Serviks adalah penyakit pembunuh wanita nomor satu di Indonesia. Penyakit ini menyerang organ vital mulut rahim wanita dan menurut data dari Yayasan Kanker Indonesia serta WHO (World Health Organization), kanker serviks jadi penyakit mematikan yang paling ditakuti di seluruh dunia. Kanker serviks dipicu oleh Human papilloma virus (HPV), jenis virus yang umum menyebabkan penyakit infeksi menular seksual.

Artis Julia Perez termasuk salah satu wanita yang meninggal dunia akibat penyakit kanker serviks. Selain Jupe, (sapaan akrab Julia Perez) ada banyak selebriti dunia yang juga menderita kanker servis. Diantaranya : Eva Paron, Anita Mui, Judy Blume, dan Jade Google. Di luar nama selebriti tersebut tentunya masih banyak lagi wanita – wanita lain yang menjadi korban penyakit kanker servis yang tidak terekspos seperti selebriti tersebut. 

Banyaknya kasus kematian wanita yang diakibatkan oleh virus Human papilloma virus (HPV) ini, membuat para ahli melakukan berbagai penelitian untuk menyembuhkan atau minimal bisa menghambat pertumbuhan sel penyakit kanker serviks.

Penyebab kanker servis ternyata tidak semata-mata karena virus papiloma yang menyerang imunitas. Melainkan ada pemicu lain seperti bahan pengawet, penyedap rasa, dan pewarna buatan pada makanan. Wanita perokok aktif juga rentan terhadap kanker serviks. 

Baca juga : Pembuktian Tanaman Serai untuk mengusir nyamuk

Penyembuhkan kanker serviks di beberapa negara berkembang seperti di Indonesia cukup banyak dan beragam. Ada berbagai metode yang digunakan. Mulai dari terapi di pusat pengobatan herbal, mengkonsumsi obat-obatan tradisional hingga penanganan serius dari dokter dan ahlinya. 

Berbagai macam pengobatan kanker serviks bertujuan untuk memberantas sel kanker langsung kepusatnya. Meski teknologi pengobatan sekarang ini makin canggih, namun masih banyak orang lebih tertarik pada pengobatan tradisional dengan tanaman herbal karena lebih murah dan tanpa efek samping. 
Bagi anda yang tertarik dengan metode pengobatan kanker serviks dengan cara alami, berikut ini ada 5 tanaman herbal yang dapat dibuat untuk mengobati penyakit kanker serviks : 

1. Tanaman Sarang Semut Papua

Di penghujung timur Indonesia tersebut memang banyak terdapat tanaman herbal untuk menumpas kanker, tumor, dan penyakit berat lainnya, salah satunya adalah tanaman sarang semut. Sesuai namanya, tanaman ini berasal dari Tanah Papua. 

Tanaman herbal mengobati kanker serviks
Gambar tanaman sarang semut Papua (sumber : mencegahpenyakit.com)

Sarang semut adalah salah satu tanaman yang mempunyai kandungan zat antioksidan dan antikanker cukup tinggi. Zat-zat ini bisa menghentikan pertumbuhan sel kanker serviks dan  menghambat siklus pembelahan sel, serta meningkatkan kekebalan tubuh. Cara pengobatannya dilakukan dengan cara merebus sarang semut dan meminumnya rutin setiap hari. 

Baca juga : Lidah Buaya Sebagai Tanaman Obat

2. Kunyit Putih

Kunyit putih atau yang mempunyai nama latin Curcuma zedoaria adalah jenis rempah-rempah yang mempunyai banyak khasiat. Diantaranya dapat mengatasi keputihan, batuk berdarah, sakit gigi, keracunan makanan, nyeri haid, kanker, tumor, penurun demam, gangguan pencernaan, dan masih banyak yang lain. Didalam kunyit putih terdapat 3 jenis zat kandungan aktif yang dapat menyembuhkan penyakit kanker dan tumor yakni, Ribosome Inacting Protein, anti-oksidan, dan anti-curcumin. 

Tanaman herbal untuk mengobati kanker serviks
Gambar kunyit Putih

Penggunaan kunyit putih sebagai pengobatan herbal biasanya dikombinasikan dengan obat herbal lain untuk mengurangi efek samping dari tanaman ini. Perlu petunjuk ahli resep pengobatan dalam penggunaan kunyit putih sebagai obat kanker.

3. Daun Sirsak

Dikutip dari situs Cakrawala Sehat, selain dapat mengobati kanker servis, daun sirsak juga mempunyai kemampuan dalam menangani penyakit eksim, rematik, asam urat, hipertensi, nyeri sendi saat dipakai bergerak, pembunuh cacing parasit, dan mengempeskan bisul.

Obat kanker serviks
Gambar Buah Sirsak dan daunnya

Pada situs yang sama, juga dicantumkan resep obat kanker alami dari daun sirsak yang diharapkan berguna bagi Anda. resep tersebut adalah sebagai berikut :

  1. Sediakan 10 lembar daun sirsak tua, bersihkan kotoran yang menempel dengan air hangat. 
  2. Rebus semua daun pada panci berisikan 3 gelas air, angkat ketika air tersisa 1 gelas dalam kondisi mendidih.
  3. Biarkan air rebusan dingin, saring air dan minum dua kali sehari masing-masing satu gelas.

Pengobatan bisa Anda lakukan setiap hari selama dua minggu, setelah itu coba lakukan pemeriksaan untuk mengetahui kabar lanjutan.

4. Tanaman Keladi Tikus

Keladi tikus adalah salah satu tanaman herbal yang mempunyai khasiat mematikan jaringan sel kanker dan menghentikan pertumbuhan selnya. Kandungan di dalam tanaman keladi tikus hampir sama dengan kandungan dalam kunyit putih.

Tanaman herbal mengobati kanker serviks
Gambar Tanaman Keladi Tikus

Berikut ini resep obat kanker serviks dari tanaman keladi tikus:

  1. Rendam 50 gram tanaman keladi tikus selama 1/2 jam, setelah itu gosok perlahan hingga tidak ditempeli kotoran.
  2. Bubuhkan sampai halus, peras dengan penyaring berupa kain bersih.
  3. Tambahkan 1/2 sendok madu hutan pada air perasan, aduk sampai rata.
  4. Minum air perasan 3 kali sehari.

Catatan: Obat yang sudah dibuat harus segera diminum, air perasan tidak boleh disimpan untuk dikonsumsi lain waktu.

5. Tapak Dara

Tanaman herbal mengobati kanker serviks
Gambar tanaman Tapak Dara

Tanaman Tapak Dara mempunyai zat senyawa khusus bernama vinblastin dan vinkristin yang mempunyai khasiat membunuh sel kanker. Dalam pemakaiannya harus dikombinasikan dengan herbal lain seperti buah adas, kulit kayu pulasari, dan gula merah yang selanjutnya dilakukan proses perebusan dalam tiga gelas air. Setelah mendidih, air rebusan harus disaring terlebih dahulu sebelum diminum untuk menyingkirkan bahan dan serbuk atau partikel kecil yang dikhawatirkan menyangkut pada saluran pencernaan karena tidak dapat diolah tubuh.

Itulah tanaman-tanaman herbal yang bisa menyembuhkan penyakit kanker serviks. Metode pengobatan kanker serviks dengan tanaman herbal ini memang tidak memberikan hasil secara instan, namun jika anda menerapkan pengobatan herbal kanker serviks atau kanker leher rahim dengan ramuan diatas secara rutin, maka anda akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Jangan lupa juga untuk secara rutin melakukan pemeriksaan diri ke dokter untuk mengetahui perkembangan kondisi kesehatan anda.

Semoga informasi tentang 5 tanaman herbal untuk mengobati kanker serviks ini bermanfaat untuk anda semua, dan jangan lupa bagikan informasi ini kepada orang terdekat anda yang membutuhkan. 

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!