LIDAH BUAYA SEBAGAI TANAMAN OBAT

Lidah Buaya merupakan salah satu tanaman herbal Indonesia yang mempunyai nama lain Ilat Buaya atau Letah Buaya. Nama Latin (Binomial) dari tanaman ini adalah Aloe vera L.,  Tanaman Lidah Buaya sebagai tanaman obat dari dahulu kala sudah diketahui dan dipercaya.

Tanaman Lidah Buaya atau Aloe Vera termasuk semak rendah dan menyukai hidup di tempat kering. Batang tanaman pendek, mempunyai daun yang bersap-sap melingkar (roset). Panjang daun 40-90 cm, lebar 6-13 cm, dengan ketebalan lebih kurang 2,5 cm dipangkal daun.

Lidah Buaya sebagai tanaman obat
Penampakan Tanaman Lidah buaya

Lidah Buaya mengandung banyak gizi yang dibutuhkan oleh tubuh. Komponennya dengan bentuk gel yang sebagian besar adalah air mencapai 99.5% jumlah total, serta dengan total padatan terlarut hanya 0,49 %, lemak 0,067 %, karbohidrat 0,043 %, protein 0,038 %, vitamin 0,49 %, vitamin C 3,476 mg.

Jenis tanaman obat ini mengandung cairan jeli atau lendir dan cairan kuning yang merupakan getah. Pada cairan jelinya kaya akan kandungan salisilat, zat antijamur, anti bakteri, antikanker, antibengkak, dan juga kaya akan vitamin, mineral, dan enzim. Pada cairan kuningnya mengandung aloin.

Banyak kalangan telah melakukan berbagai penelitian terhadap Lidah Buaya. Salah satunya Dinas Pertanian Tanaman Pangan Provinsi Kalimantan Barat pada 1998. Hasilnya, Lidah Buaya terbukti menyimpan zat-zat penting seperti vitamin A, B1, B2, B3, B21, C, E, kolin, inositol, dan asam folat.

Baca juga : Berbagai Istilah Dalam Pertanian

Kandungan mineralnya adalah kalsium, magnesium, potasium, sodium, besi, zinc, dan kromium. Kandungan enzim- enzimnya, antara lain amylase, catalase, cellulose, carboxypeptidase, carboxyhelolase, dan brandykinase yang semuanya amat penting bagi metabolisme tubuh.

Lidah Buaya sebagai tanaman obat ternyata memiliki kandungan beragam asam amino, yakni arginine, asparagin, asparatic acid, analine, serine, valine, glutamat, threonine, glycine, lycine, yrozine, proline, histidine, leucine, dan isoliucine.

Lidah Buaya dapat digunakan sebagai pereda rasa sakit, perawatan kulit, obat jerawat, dan pasta gigi. Adanya kandungan asam salisilat pada tanaman ini menjadikannya mempunyai khasiat sebagai obat untuk mengobati luka mulai dari luka digigit serangga sampai luka bakar, karena salisilat mampu merangsang sel-sel kulit yang mati.

Manfaat lainnya dari Lidah Buaya sebagai tanaman obat adalah sebagai obat pencahar, dan bahan dasar kosmetik. Lidah Buaya sering dimanfaatkan oleh industri kosmetik seperti pada perusahaan shampo, lipstik, scrub, dll. Namun penggunaan sebagai obat pencahar pada ibu hamil dan menyusui tidak dianjurkan karena dikhawatirkan dapat menyebabkan iritasi baik pada saluran usus maupun lambung, serta dapat juga menyebabkan kram perut.

Salah satu zat yang terkandung dalam lidah buaya adalah aloe emodin, sebuah senyawa organik dari golongan antrokuinon yang mengaktivasi jenjang sinyal insulin seperti pencerap insulin-beta dan substrat1, fosfatidil inositol-3 kinase dan meningkatkan laju sintesis glikogen dengan menghambat glikogen sintase kinase 3beta, sehingga sangat berguna untuk mengurangi rasio gula darah.

Selain itu, Menurut Ayurveda, pengobatan tradisional India, manfaat lidah buaya telah hipoglikemik. Yaitu dapat mengurangi glukosa darah (gula dalam darah) pada orang dengan diabetes.

Kita hidup di lingkungan yang penuh dengan polusi dan radikal bebas. Memakai masker lidah buaya alami dapat memberi efek segar dan dingin, sekaligus membantu kulit merevitalisasi. Tanaman Lidah Buaya juga berkhasiat untuk mengatasi iritasi usus dan tukak lambung, masalah mulut dan gusi, menghilangkan jerawat, melembabkan kulit, detoksifikasi kulit, penghapusan bekas luka dan tanda, mengurangi peradangan, serta perbaikan dan peremajaan kulit. (Baca juga : Manfaat Bawang Putih Untuk Kulit dan Wajah)

Bulu Mata
Bulu Mata Panjang
Ramuan  dari Lidah Buaya

Lidah Buaya layak disebut sebagai tanaman herbal karena mengandung sekitar 75 jenis zat yang bermanfaat dan kurang lebih sekitar 200 senyawa lain yang sangat berkhasiat. Berikut dibawah ini adalah resep obat pengolahan lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan

OBAT DIABETES MELITUS (KENCING MANIS)

Bahan :
Daun Lidah Buaya yang tebal dan besar
Garam dapur secukupnya
Air bersih 3 gelas
Air matang

Cara penggunaan :
Cuci daun Lidah Buaya hingga bersih, lalu kupas dan potong-potong. Kemudian rendam dalam larutan garam selama setengah jam. Angkat dan remas-remas, bilas menggunakan air bersih, bilas sampai beberapa kali pada yang air mengalir. Setelah itu rebus dalam tiga gelas air yang sedang mendidih, biarkan hingga mendidih lagi, angkat, dinginkan. Minum ramuan Lidah Buaya 2 x 1 hari, setiap kali minum sebanyak setengah gelas. Lakukan secara rutin.

RADANG TENGGOROKAN

Bahan
Daun Lidah Buaya secukupnya
Madu secukupnya
Cara penggunaan :
Cuci Daun Lidah Buaya hingga bersih. Kupas kulitnya, potong-potong lalu cuci pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian blender hingga lembut, tambahkan madu. Minum ramuan herbal ini 3 x 1 hari.

OBAT MAAG

Bahan :
Daun Lidah Buaya 500 gr
Madu murni 2 sendok teh
Cara penggunaan  :
Cuci daun hingga bersih, kupas lalu potong-potong seperlunya, cuci lagi pada air mengalir sampai lendirnya hilang. Kemudian blender hingga lembut. Tambahkan madu. Minum jus 2 x 1 hari.

MELEMBABKAN KULIT KEPALA DAN MENGHITAMKAN RAMBUT

Bahan : Daun Lidah Buaya secukupnya
Cara penggunaan  :
Potong-potong Lidah Buaya, oleskan daging buahnya pada seluruh kulit kepala.  Diamkan kurang lebih 25 menit. Lalu keramas menggunakan air.

Baca juga : Cara Memanjangkan Bulu Mata Secara Alami

MENCERAHKAN WAJAH

Bahan :
Daun Lidah Buaya
Perasan lemon
Cara penggunaan :
Daun Lidah Buaya di potong dan diambil daging buahnya. Hancurkan daging Lidah Buaya, campur dengan perasan air dipotong dilemon, aplikasikan pada wajah. Gunakan sebagai masker. Diamkan selama 10 – 15 menit, bilas dengan air bersih.

Demikianlah berbagai hal tentang Lidah Buaya yang selain mempunyai khasiat sebagai obat herbal. Lidah Buaya kini juga banyak dimanfaatkan oleh industri rumah tangga dan pabrik sebagai minuman instan (seperti manisan dan aneka kue) serta produk kecantikan (seperti perawatan rambut dan kulit).

Jangan segan untuk meninggalkan komentar zaa………

8 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!