Info Seputar Jalan Kereta Api (REL)

Diantara berbagai alat transportasi darat yang paling spesial dan beda adalah kereta api. Jalan raya yang panjang membentang di daratan  dilewati oleh berbagai macam kendaraan seperti sedan, truk, motor, bis, becak dan lain sebagainya, namun kendaraan darat yang berupa kereta api mempunyai jalan khusus sendiri. Jalan yang disebut Rel tersebut tidak ada yang boleh melewatinya kecuali kereta api sendiri.

image

Rel kereta api terdiri dari dua lajur besi yang diikat diatas balok balok kayu. Di Indonesia, jalan kereta api hanya ada di pulau jawa dan pulau Sumatra.
Di Pulau Jawa, Jalan kereta api dibuat amat panjang membentang, hampir sama panjang dengan panjangnya jalan raya utama/nasional. Dari Banyuwangi di ujung timur pulau jawa dihubungkan oleh jalan kereta api sampai Merak di ujung Barat pulau jawa.
Di Pulau Sumatra jalan kereta api hanya pendek-pendek yaitu dari tanjung karang sampai Kota Palembang dan sekitarnya. Di Kota Padang memang ada, namun hanya sedikit dan pendek saja, yang agak panjang adalah antara Medan dan Banda Aceh.
Di pulau Jawa sendiri jalan kereta api antara Surabaya dan Jakarta terdapat dua jalur yakni jalur utara dan jalur selatan. Jalur sebelah utara melewati Surabaya – Bojonegoro – Semarang – Pekalongan – Cirebon – Jakarta. Sementara jalur sebelah Selatan melewati Surabaya – Mojokerto – Nganjuk – Madiun – Solo – Yogyakarta – Majalengka – Bandung – Sukabumi – Bogor – Jakarta.
Jalan kereta api selain melewati jalur daratan juga melewati hutan, gunung dan sungai. Jalur kereta api yang lewat gunung dibuatkan terowongan yang menembus ujung gunung tersebut kareba kereta api tidak mungkin mendaki jalan nan terjal dan tinggi seperti mobil.
Di pulau Jawa, jalan kereta api yang menembus gunung ada 4 tempat. Jalur tersebut adalah tembusan merawan dan tembusan Karangkates di Jawa Timur. Tembusan Ijo di Jawa Tengah dan Tembusan di Jawa Barat.

image

Jalan Kereta api yang lewat di atas sungai dibuatkan jembatan kokok yang dibuat dari besi. Di hampir semua tempat / kota yang dilewati jalur kereta api pasti ada jembatan diatas sungai sebagai jalur kereta api yang lewat diatasnya.
Dengan naik kereta api, penumpang lebih aman dan damai. Di jalan tidak akan bersimpangan dengan jenis kendaraan lain kecuali jenisnya sendiri. Jika kereta api lewat, kendaraan lain harus mengalah dan berhenti. Pada waktu kereta api akan melintasi jalan raya maka jalan itu akan ditutup sementara dengan palang pintu yang telah disiapkan.
Kereta api terdiri dari rangkaian beberapa gerbong, ada yang empat, lima sampai 10 gerbong tergantung jenis dan namanya. Yang paling panjang adalah rangkaian kereta api barang, kurang lebih bisa 50 gerbong.
Hayo….. Siapa yang belum pernah naik kereta api???

image

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!