Manfaat Bawang Merah
Kesehatan

Berikut Manfaat Bawang Merah Untuk Kesehatan

Manfaat Bawang merah untuk kesehatan jarang tidak banyak yang mengetahui. Beberapa kalangan menyebut Bawang Merah sebagai sayuran bumbu. Hal ini disebabkan karena fungsinya yang digunakan sebagai pemberi rasa masakan dan bukan bahan utama yang harus dimasak.

Bawang Merah merupakan salah satu bumbu dapur yang biasa selalu di gunakan dalam setiap masakan, bahkan hampir semua masakan masyarakat Indonesia menggunakan Bawang Merah untuk bumbu dapur.

Manfaat Bawang Merah

Bawang Merah sering juga dinamakan brambang, bawang abang, bawang beureum, bawang suluh, bawang sirah, bawang abang mirah, bawang megareu, bawang nawuli, bawangi, bawa roriha, bawa johori, dusun merah, jasun bang, jasun mirah, laisona piras, lasuna eja, lasuna cela, kalpeo meh, kosai mina dan pia.

Tanaman ini banyak dimanfaatkan umbinya oleh ibu rumah tangga sebagai penyedap masakan, karena aromanya yang khas dan mampu menggugah selera makan. Beberapa tradisi kuliner Indonesia juga menggunakan daun serta tangkai bunganya sebagai bumbu penyedap masakan. Namun siapa sangka jika Bawang Merah yang selama ini kita gunakan sebagai bumbu dapur ternyata bermanfaat untuk kesehatan dan bisa digunakan untuk obat.

Baca juga : Manfaat Bawang Putih untuk kulit dan wajah

Bawang Merah merupakan tanaman yang berasal dari Asia Tengah, yaitu deretan daerah sekitar India, Pakistan dan Palestina. Bangsa Mesir sudah mengenal Bawang Merah pada tahun 3200-2700 SM, sedangkan bangsa Yunani Kuno mengenal Bawang Merah pada tahun 2100 SM. Negara-negara Eropa Barat tercatat baru mengenal Bawang Merah pada kisaran abad ke-18. Sejak saat itu keberadaan Bawang Putih menyebar ke daratan Amerika, Asia Timur dan Asia Tenggara tanpa terkecuali di Indonesia.

Tanaman ini hidup di dataran rendah sampai ketinggian 1.500 m. Adapun bagian tanaman Bawang Merah yang paling banyak digunakan adalah umbinya, walaupun terkadang daunnya juga digunakan sebagai pelengkap makanan dan dikenal dengan bawang daun. Tanaman bawang merah dipanen pada umur 60 s/d 70 hari. Anakan dalam satu rumpun mencapai 7-12 buah dan biasanya ditanam pada musim kemarau sebagai selingan tanaman padi/jagung.

Kandungan Dan Manfaat Bawang Merah

Bawang Merah memiliki berbagai kandungan yang sangat penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Bawang Merah diyakini memiliki kandungan vitamin C dan juga mengandung protein, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B, saponin, sikloaliin, floroglusin, dihidroaliin, peptida, asam folat, serat serta minyak atsiri.

Kandungan saponin dalam Bawang Merah mampu bekerja dengan baik untuk mengencerkan dahak pada penderita batuk berdahak. Adanya kandungan minyak atsiri dapat dimanfaatkan sebagai obat masuk angin, sakit kepala, serta menyadarkan dari pingsan dan mabuk perjalanan. Sikloaliin merupakan zat yang bekerja baik memberikan sinyal penurun suhu badan, sehingga umbi tanaman ini dapat dimanfaatkan untuk menurunkan suhu tubuh saat sedang masuk angin, demam, atau gangguan penyakit lain yang menyebabkan suhu tubuh meningkat.

Kandungan peptidanya juga mempunyai khasiat untuk mengobati penyakit diabetes melitus atau kencing manis, karena peptide mampu menurunkan kadar gula dalam darah. Manfaat bawang merah lainnya yaitu sebagai obat radang payudara, wasir, kanker serta memperlancar haid pada wanita.

Kandungan sulfur dalam bawang merah sangat baik untuk meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memperkuat rambut. Beberapa alternative pengobatan kini banyak dilakukan orang untuk mengurangi asupan bahan kimia, termasuk ramuan berbahan Bawang Merah.

Baca juga : 5 tanaman herbal Untuk Penyakit Kanker Serviks

Berikut ini ada beberapa cara membuat ramuan dari Bawang Merah untuk membantu mengurangi penyakit.

OBAT REMATIK

Bahan : Bawang Merah 5 siung, Jahe 2 jari, Tepung terigu 1 gelas, Air matang secukupnya

Cara penggunaan :

Cuci Bawang Merah dan jahe sampai bersih. Lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan tepung terigu dan air. Remas-remas hingga lumat. Gosok dan urutkan ramuan herbal pada bagian yang sakit sebanyak yang diperlukan.

OBAT RADANG PAYUDARA (MASTITIS) PADA IBU SEHABIS MELAHIRKAN

Bahan : Bawang Merah secukupnya dan air panas

Cara penggunaan : Cuci  bahan dengan air sampai bersih. Kemudian bilas dengan air panas. Parut Bawang Merah tersebut. Balurkan ramuan di sekitar payudara.

OBAT DEMAM

Bahan                    : Bawang Merah secukupnya

Cara penggunaan : Cuci bahan sampai bersih, lalu parut. Balurkan ramuan herbal di seluruh tubuh.

OBAT SAKIT PERUT

Bahan : Bawang Merah 2-3 siung, Minyak kelapa 5-10 ml

Cara penggunaan : Cuci sampai bersih Bawang Merah, lalu parut. Tambahkan minyak kelapa pada hasil parutan. Tempelkan ramuan 1-3 x 1 hari pada perut sampai kering.

OBAT DARAH TINGGI

Bahan : Bawang Merah 30 gr dan Air secukupnya

Cara penggunaan : Cuci bahan sampai bersih, tambahkan air secukupnya lalu blender sampai lembut. Tambahkan madu ke dalam jus. Minum ramuan 2-3 x 1 hari.

Demikian manfaat Bawang Merah untuk kesehatan yang bisa disampaikan. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkannya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

5 Komentar

  1. Aku paling suka masak banyakin bawang merahnya. Apalagi bikin nasi goreng. Hehe ternyata manfaatnya banyaaaaak banget. Seneng banget bacanya di sini. 😍

  2. Banyak banget manfaat bawang merah ya?
    Penyuka masakan Nusantara seperti saya selalu punya persediaan bamer
    Walau sering tumbuh tunasnya 😀😀😀

  3. Walaupun suka bikin nangis tapi sangat bermanfaat juga yak 😎

  4. Masyaallah.. Ternyata banyak sekali ya manfaat dari si merah ciptaan Allah ini. Sayangnya kita yang jarang bersyukur. Andai banyak orang tahu manfaat herbal, pasti jarang orang sakit.

  5. Kalau di kampung saya, bawang merah sering dipakai kalau misal anak lagi batuk pilek
    Ditambah sama minyak kayu putih, sungguh mujarab langsung hilang batuk pileknya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *