Menikmati Es Batil Yang Enak dan Segar dari Lamongan

Ketika berlangsung Kelas Inspirasi Lamongan 6 di Solokuro tahun kemarin, beberapa relawan dari luar daerah diajakin untuk mampir ke kedai/warung Es Batil yang memang sangat terkenal disana. Mendengar istilah batil itu, ada yang bilang tidak mau karena dari namanya saja sudah berarti sesuatu yang buruk, haram, negatif dan sebagainya. Padahal es batil itu hanya sebutan buat salah satu kuliner khas Lamongan.

Setelah diberi penjelasan tentang apa itu es batil, barulah si teman mau dan penasaran ingin mencoba. Dan pada akhirnya sangat menikmati dan bikin nagih. Memang dalam istilah agama Islam, batil artinya keburukan, lawan dari dari haq yang artinya kebenaran. Tapi, di wilayah Lamongan khususnya Lamongan utara, yang disebut batil adalah salah satu minuman khas yang rasanya enak dan menyegarkan. Bentuknya agak mirip Es campur atau es dawet namun bahan-bahan didalamnya berbeda.

Es Batil yang enak
Es Batil, minuman khas Lamongan

Alih-alih disajikan dalam gelas, Es batil yang enak justru disajikan dalam sebuah mangkok karena isinya banyak dan harus pakai sendok buat menyantap isi bahan didalamnya. Dalam satu mangkok itu, terdapat aneka macam bahan yang membuat es batil terlihat khas dan unik. Mulai dari potongan buah siwalan, kacang hijau, dawet hijau, dan agar-agar yang diparut ada disana. Tak lupa ada bahan batil itu sendiri yang membuat minuman terasa lebih khas dan berbeda dengan minuman lainnya. Bahan-bahan tersebut dimasukkan dalam santan yang diberi tambahan gula aren merah yang sudah dicairkan. Supaya lebih nikmat dan segar disuguhkan dengan tambahan es batu.

Yang disebut Batil disini adalah makanan mirip roti sejenis kue apem yang dibuat dari tepung beras dan ragi. Jika dimakan tanpa toping apapun rasanya sedikit asam, mangkanya dihidangkan dengan cara diris-iris lalu dicampur dengan es dan sirup gula. Karena bahan pembuatnya dari beras, es batil ini tidak hanya menyegarkan tenggorokan, tapi juga dapat mengenyangkan perut. Kalau sudah minum es batil, bukan hanya haus yang hilang, namun lapar perut juga terobati.

Lokasi Warung Es Batil Yang Enak

Es Batil memang menjadi minuman khas daerah Lamongan. Namun tidak banyak warung yang menjualnya. Jika Wingko Babat bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah Lamongan, Ed Batil hanya bisa dijumpai di wilayah Kecamatan Solokuro dan Laren Kabupaten Lamongan. Yang paling terkenal adalah warung Bu Bayanah di Desa Bulubrangsi, Kecamatan Laren. Di warung itu pembelinya selalu ramai. Aneka kendaraan terparkir di depannya. Dalam sehari, konon warung es batil Bu Bayanah bisa menjual ratusan mangkuk es batil dan membutuhkan tepung 10 – 15 kg untuk pembuatan bahan baku batil.

Walaupun lokasi warungnya cukup jauh dari jalan raya utama pantura maupun jalan raya Lamongan-Babat, namun pembeli di warung ini selalu membludak. Kebanyakan berombongan bersama teman atau keluarga. Ada yang dari Gresik, Tuban bahkan Surabaya. Sejak warung Es Batil Bu Bayinah laris manis, banyak warung sejenis yang berdiri namun peminatnya tidak sebanyak di warung Bu Bayanah.

Warung Es Batil
Papan nama warung Bu Bayanah

Angin sepoi alami yang berhembus dari areal persawahan menambah asyik suasana nongkrong disana. Di bawah naungan rumpun bambu yang teduh beralaskan tanah, pengunjung bisa santai menikmati es batil khas Lamongan. Lokasi warung penjual es batil memang di sekitar sawah. Tepatnya di pinggir jalan menuju arah Kecamatan Solokuro. Jaraknya sekitar 5 km dari Pertigaan Desa Petiyin (pertigaan arah ke Desa Drajat atau ke arah Wisata Goa Maharani). Untuk mengetahui lokasinya silakan lihat di Google Maps dengan pencarian Es Batil Bu Bayinah.

Harga Es Batil

Harga Es Batil, minuman khas Lamongan ini tergolong cukup murah. Untuk menikmati semangkok Es Batil yang enak dan segar, anda cukup merogoh kocek 5 ribu rupiah saja. Baik diminum langsung disana atau bungkus bawa pulang, harganya sama saja. Sebagai pelengkap nongkrong, juga disediakan gorengan yang juga harganya murah meriah. Cuma 500 rupiah saja. Gorengan yang disajikan sangat fresh, karena langsung dibuat saat pemesanan. Rasanya masih kriuk kriuk, hangat dan nikmat.

Bagaimana? Apakah anda tertarik juga untuk menikmatinya?? Kalau iya, silahkan datang ke Lamongan di Desa Bulubrangsi Kecamatan Laren, mulai jam 9 pagi hingga jam 4 sore. Saran saya, akan lebih baik jika datangnya tidak lebih dari pukul 2 siang. Karena, biasanya warung ini telah kehabisan batil saat sudah sore, dan hanya menyisakan es dawet atau kacang hijau saja.

27 thoughts on “Menikmati Es Batil Yang Enak dan Segar dari Lamongan

  1. selama ini saya mengenal Kota Lamongan dari kulinernya yang sangat terkenal yaitu tahu campur dan soto lamongan. eh, ternyata ada kuliner lainnya yang harus dicoba yaitu es batil.. terima kasih infonya 🙂

  2. Mba pas liat gambar pertama, kupikir itu pempek bukan es hehehe. Ternyata Es Batil ya namanya. Namanya bisa bikin yang belum tahu salah paham.Jadi es batil selain meredakan haus bisa bikin kenyang juga, wiih sedap. Nanti mau nyoba ah kalau ke sana 🙂

  3. Es batil nama yang cukup gampang diingat dengan kelakuan orang yang buruk ya kak, terus bisa mengenyangkan sekaligus menghilangkan dahaga ya. mungkin kalau di Jakarta es selendang Mayang mirip ga sie, cuma ga seperti es campur, terus siwalan itu apa ya kak, aku blm tau baik es batil dan siwalan belum pernah coba minum

  4. Dengan harga terjangkau, es batil rasanya menggoda untuk dicoba. Selama ini belum pernah nyobain. Mungkin karena Es batil hanya ada di Lamongan itu ya. Hehe.. jadi ngiler

  5. Baru aja kemarin aku kebayang-bayang minuman berbahan santan yang gurih selain cendol itu apa ya? Ternyata ada es batil dan es siwalan. Waaah…mau banget ini. Aku suka nih yang gurih dinging gini…

  6. Aku terpana pas baca harga gorengan 500rupiah. Masih laku ya? Sungguh kupengen ke lamongan jadinya. Makan gorengan sepuasnya gitu sambil minum es batil. Ini mungkin batilnya gara2 es kali ya. Kan kalo emak emak sering banget teriakin anaknya “es teroooosss”.

  7. Wah ikutan Kelas Inspirasi juga yah mbak. Memang setiap daerah memiliki keunikannya masing-masing termasuk soal makanan. Coba deh mbak ikutan Kelas Inspirasi Balikpapan nanti saya kenalkan dengan camilan yang bernama SALOME.

  8. Look so yummy, bacanya sambil ngebayangin es batil ini mbak. Belum pernah mencobanya sih tapi kalau pas ke Lamongan pasti akan kucari.

    Kalau es siwalan rasanya kaya es kelapa bukan mbak?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RELATED POST

5 Kafe Hits di Lamongan Kota Yang Asyik Buat Nongkrong

Kebiasaan nongkrong di kafe dewasa ini semakin ngetrend. Mulai remaja hingga orang dewasa, banyak yang mengandrunginya. Berbagai alasan dikemukakan untuk…

Cara Membuat Wingko Babat, Oleh Oleh Khas Lamongan

Penggemar jajanan dan kue asli Indonesia tentunya tidak asing dengan yang namanya Wingko Babat. Salah satu Kue yang dibuat dari…

Rahasia Bikin Tumis Pare Tidak Pahit

Mau bikin tumis pare yang tidak pahit? Begini rahasianya. Salah satu sayur yang jarang disentuh ibu-ibu dirumah adalah Pare. Jenis…

Aneka Jajanan Saat Lebaran Yang Legendaris

Moment Hari Raya Idul Fitri tak lengkap rasanya jika tidak ada aneka jajanan yang disuguhkan di meja. Sebagian besar anak-anak…

error: Content is protected !!