KOPDAR INVESTARIAN, DARI BLOG KE INVESTASI

Akhir-akhir frekuensi ngeblog saya sudah mulai menurun. Walaupun ada banyak ide yang berseliweran di kepala tapi semangat buat nulis menurun drastis. Rasanya butuh refreshing dan motivasi dari sesama Blogger buat melecut semangat nulis di blog. Acara Kopdar Investarian di Surabaya Hari Sabtu tanggal 28 Juli kemarin adalah salah satu cara buat ningkatin semangat ngeblog. Di acara tersebut, selain bisa bertemu dengan sesama blogger dan bertukar informasi juga mendapatkan berbagai Ilmu mengenai Investasi.

Sebelum membahas tentang Investasi yang kadang bikin kening berkerut, di acara Kopdar Investarian tersebut diawali dengan pembahasan dunia perbloggingan. Materi tentang tips tips menang lomba blog disampaikan dengan cetar membahana oleh mbak Yuniarti Nukti yang merupakan Mak Blogger Legendaris di Surabaya. Mbak Yuni sendiri sudah seringkali menang lomba blog, jadi ilmu dan pengalamannya tentu sudah banyak.

Dalam penyampaiannya, Mbak Yuni menekankan bahwasanya kreatifitas itu penting banget dalam penyajian penulisan blog. Kreatifitas ini juga diperlukan dalam mempermanis konten-konten blog serta meminimalisir adanya penjiplakan. Disamping itu menurut Mbak Yuni, untuk memenangkan lomba blog juga harus memperhatikan beberapa hal. Diantaranya : tema blog, syarat dan ketentuan serta masih banyak lagi yang lainnya. Yang paling penting dari semua itu adalah tidak mengirimkan hasil karya penulisan di detik-detik terakhir penutupan atau mendekati deadline. Minimal 3 hari sebelum deadline kita harus sudah mengirimkan tulisan kita supaya nanti jika ada kekurangan bisa diedit-edit. Ini yang perlu digarisbawahi.

Pasca mendapatkan ilmu di dunia perbloggingan, bahasan Kopdar Investarian selanjutnya adalah mengenai investasi. Pada kesempatan tersebut Bapak Legowo Kusumonegoro, selaku direktur PT. Manulife Aset Manajemen Indonesia hadir langsung untuk memberikan wawasan serta pengetahuan pada para blogger mengenai investasi Reksa Dana Manulife. Kopdar Investarian yang diadakan Sabtu kemarin merupakan kopdar #InvestarianSUB1. Itu berarti akan ada Kopdar-Kopdar selanjutnya untuk lebih meningkatkan pemahaman mengenai investasi.

Ngomongin tentang Investasi tentu banyak orang yang enggan dan berpikir ulang untuk melakukannya, padahal investasi itu penting banget buat kehidupan kita di hari tua. Ilustrasi sederhananya begini :  Sepanjang hidup kita membutuhkan biaya. Saat bayi hingga remaja biaya kita ditanggung orang tua. Saat sudah dewasa, kita yang menanggung biaya hidup kita  dengan bekerja. Tapi saat sudah pensiun dan tidak bekerja, perlu dipikirkan siapa yg menanggung biaya hidup kita? Apakah harus memberatkan anak-anak kita atau orang lain di sekitar kita?.

Saat pensiun dan sudah tidak bekerja, ada banyak konsekuensi yang harus ditanggung, salah satunya adalah biaya hidup yang harus terus dicukupi. Oleh karena itu, saat masih di usia produktif kita harus memikirkan pula bagaimana kehidupan kita di masa tua /atau saat sudah pensiun. Salah satu cara untuk membuat hari tua tetap ceria tanpa memikirkan biaya adalah dengan cara investasi.

Bapak Legowo Kusumonegoro Direktur Manulife Aset Manajemen Indonesia saat memberikan materi Investasi.

Investasi adalah salah satu jalan mempersiapkan kebutuhan di hari tua, saat kita tak lagi bermata pencaharian. Kebutuhan hidup di hari tua tidak akan cukup jika hanya mengandalkan tabungan saja. Karena pada dasarnya menabung tujuannya hanya untuk menyimpan uang saja tidak untuk dikembangkan. Hasil tabungan plus bunganya tidak akan bisa menandingi laju inflasi yang mencapai 5% pertahunnya. Karena laju inflasi yang tinggi, dengan uang sepuluh ribu rupiah saat ini kita masih bisa membeli bakso atau soto. Namun tidak untuk 5 tahun atau 10 tahun mendatang, uang sepuluh ribu rupiah mungkin hanya bisa membeli 1 gorengan saja.

Oleh karena itu investasi menjadi salah satu jalan keluar mengatasi kebuntuan dana di hari tua dan juga menandingi inflasi yang tak pandang bulu. Investasi selain bisa menyimpan uang juga bisa digunakan untuk mengalahkan inflasi yang merupakan musuh alami keuangan.

Banyak orang yang enggan untuk  berinvestasi karena berkeyakinan kalau investasi itu membutuhkan biaya yang tinggi, pengetahuan dan juga waktu yang luang. Padahal ada lho investasi yang tidak membutuhkan uang yang banyak, pengetahuan yang cukup dan juga waktu yg luang. Investasi tersebut bernama Reksa Dana.

Ayo kenalan lebih lanjut Dengan Reksa Dana !

Di blog ini, saya sudah menulis Beberapa tulisan mengenai Reksadana. Diantaranya :  Investasi Reksa Dana Untuk Masa Depan Yang Lebih Baik dan juga Mari Investasi Dengan Reksa Dana. Dari situ sedikit demi sedikit memahami apa itu Reksa Dana. Reksa Dana merupakan salah satu investasi terpercaya dan sangat menguntungkan.

Dengan modal minimal 10.000 saja kita sudah bisa berinvestasi di Reksa Dana. Sangat murah dan merakyat. Semakin tinggi modal yang dikeluarkan, hasilnya juga pasti lebih tinggi. Sama halnya dengan tabungan, investasi bernama Reksa Dana ini juga dapat dicairkan kapan saja sesuai keinginan tanpa menunggu batas waktu tertentu.

Dalam operasionalnya, Reksa Dana dibantu oleh manager investasi yang mengatur sepenuhnya asset serta pengembangannya. Investasi di Reksa Dana diawasi oleh otoritas jasa keuangan yang peraturannya sangat ketat sehingga dapat dipertanggungjawabkan. Jadi gak perlu khawatir kalau mau investasi di Reksa dana, karena keamanannya terjamin.

Investasi Reksa Dana
Jenis-jenis Investasi Reksa Dana

Ibaratnya orang berenang, dalam berinvestasi juga sama. Ada berbagai macam jenis investasi Reksa Dana yang bisa diceburi. Bagi yang baru belajar bisa pilih kolam yang dangkal dulu dengan resiko yang kecil tentunya. Jangan langsung berenang di laut yang dalam atau jenis Reksa Dana dengan resiko yang tinggi. Walaupun teknik dalam semua jenis Reksa Dana sama tetapi resikonya berbeda-beda. Reksa Dana Pasar Uang merupakan jenis investasi yang paling kecil resikonya, sedang yang paling tinggi resikonya adalah Reksa Dana Saham. Yang sudah berpengalaman dalam investasi dan tau seluk beluknya, bisa memilih jenis Reksadana yg paling tinggi tingkatannya supaya hasilnya juga lebih banyak.

Dimana Bisa Investasi Reksa Dana?

Di zaman sekarang tidak perlu bingung lagi bingung mencari tempat untuk berinvestasi Reksa Dana. Kita tidak perlu lagi datang langsung ke kantor atau perusahaan yang menyediakan investasi Reksa Dana. Investasi Reksa Dana ada dimana-mana dan bisa dibuka setiap saat. Cukup klik di Hp, kita bisa langsung mendaftar Reksa Dana online.

Salah satu penyedia Reksa Dana adalah MAMI atau singkatan dari Manulife Aset Managemen Indonesia. Si MAMI ini sendiri mempunyai website www.klikmami.com yang dapat digunakan untuk mendaftar atau membuka reksadana secara online.

Di klikmami.com, kita tidak hanya mendaftar saja, namun bisa melakukan transaksi (jual, beli, alihkan) dan memonitoring pertumbuhan investasi. Supaya lebih yakin dan Untuk tau lebih lanjut dan tanya-tanya tentang Reksa Dana dari Manulife ini, kita bisa langsung hubungi LANI (Layanan Investasi Mami) setiap hari jam 08.00-22.00 WIB lewat telepon, e-mail, atau live chat.

(Visited 61 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!