Mengapa Cangkang Kapsul Dibuat berbeda Warna?

Saat ini obat-obatan sudah menjadi kebutuhan dasar manusia dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan. Obat tidak hanya untuk mengatasi gejala-gejala penyakit yang datang menyerang, namun obat juga digunakan sebagai penambah stamina dan juga kecantikan. Dalam dunia kedokteran modern, dikenal beberapa bentuk obat yang dapat dimanfaatkan. Ada obat yang wujudnya cair atau disebut juga dengan sirup. Ada obat yang berwujud serbuk atau biasa disebut dengan puyer. Yang paling umum adalah obat berbentuk padat yang disebut dengan pil dan kapsul.

Rasa obat yang umumnya berasa pahit, anyir dan tidak enak membuat banyak orang tidak menyukainya. Mereka meminumnya karena merasa terpaksa. Khusus untuk anak-anak, diciptakan obat yang rasanya manis. Untuk meminimalisir rasa obat yang rasanya pahit, para ahli kesehatan kemudian memasukkan obat ke dalam kapsul yang memiliki aneka warna.

Menurut ilmu di bidang farmasi atau kesehatan, obat yang berupa kapsul sebenarnya merupakan jenis obat yang berbentuk serbuk dan dimasukkan dalam cangkang khusus yang berbentuk padat. Cangkang biasanya terbuat dari gelatin atau dari sari pati lain yang mudah larut di dalam tubuh.

Baca juga : Stimulasi dan Nutrisi Yang Penting Untuk Si kecil

Ukuran kapsulnya sendiri bermacam-macam. Ada yang kecil dan adapula yang besar. Pada umumnya, cangkang pembungkus obat serbuk terdiri dari dua pilihan warna yang berbeda. Ada yang putih-merah, oranye-hijau, hijau-merah dan lain sebagainya.

Dari berbagai bentuk dan warna kapsul yang berbeda-beda, banyak orang yang penasaran. Apakah ada kode atau rahasia tertentu dibalik warna tersebut. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, ternyata memang ada alasan tertentu kenapa cangkang kapsul dibuat berbeda-beda warna. Alasan mengapa cangkang kapsul dibuat berbeda warna satu dengan yang lain adalah sebagai berikut :

  1. Sebagai pembeda

Warna dari tiap cangkang kapsul yang berbeda sangat penting karena dapat dijadikan pembeda antara obat satu dengan obat lainnya. Perbedaan warna tersebut digunakan untuk mencegah tertukarnya obat di saat bersamaan.

Baca juga : Cara Menghilangkan Jerawat Dengan Bawang Putih

  1. Kelihatan Menarik

Kapsul yang berwarna warni jelas kelihatan lebih menarik dan mencolok daripada kapsul yang berwarna monoton hitam saja atau merah saja. Dengan desain warna yang menarik, kapsul bisa mudah ditemukan jika ditempatkan di area yang samar atau remang-remang.

  1. Penanda Kadar Obat

Beberapa warna yang digunakan dalam cangkang kapsul juga terkadang digunakan sebagai penanda kadar obat yang dimasukkan. Obat dengan kadar yang rendah biasanya berbeda warnanya dengan obat yang berkadar sedang atau tinggi. Perbedaan kadar dan warna ini tentu hanya diketahui oleh mereka yang berkecimpung dalam dunia farmasi atau kedokteran, Orang biasa tidak akan memahaminya.

Itulah beberapa alasan mengapa cangkang kapsul dibuat berbeda warna satu dengan yang lain. Semoga bermanfaat dan tidak lagi membuat kita penasaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

RELATED POST

Diet Alami dengan Mengonsumsi Air Mineral

Mayoritas orang tentu ingin memiliki tubuh yang proporsional dan berjuang untuk mewujudkan hal tersebut. Sebab, tubuh dengan kondisi terbaik akan…

Kandungan Produk Morinaga Memperkuat Sistem Pencernaan Si Kecil

Jika si kecil memiliki gangguan pada bagian sistem pencernaan, maka hal ini bisa berpengaruh pada perkembangan dan pertumbuhan, salah satunya…

Macam-Macam Obat Pereda Mual dan Muntah Yang Bisa Anda Pilih

Mual dan muntah merupakan keluhan kesehatan paling umum yang dirasakan hampir tiap orang. Mual muntah bisa disebabkan oleh banyak hal,…

Atasi Sembelit Pada Anak Anda dengan Sayuran dan Buah Berikut

  Memberikan penanganan pertama saat anak sedang sakit merupakan cara bijak yang harus dilakukan oleh setiap orang tua pada anaknya.…

error: Content is protected !!