Mencoba Investasi Deposito BPR Komunal, Ternyata

Di tengah ruang gerak yang terbatas akibat pandemi, saya memikirkan berbagai hal yang bisa menghasilkan cuan. Walaupun di rumah saja, keinginan untuk bisa berpenghasilan di masa kini dan mendatang selalu menyeruak. Memang sih pekerjaan sebagai freelance bisa saya lakukan tapi sifatnya hanya sementara. Di masa depan tidak tahu prospeknya seperti apa dan apakah saya bisa menjalaninya terus.

Maka dari itu mumpung ada kesempatan, saya mencoba untuk berinvestasi kecil-kecilan. Karena sekarang modalnya kecil, nilai investasi saya juga kecil. Ada berbagai jenis investasi yang sudah saya coba. Mulai dari Tabungan, Reksadana, emas digital hingga investasi saham. Efek dari investasi membuat saya bisa merasakan iklim berinvestasi di era digital. Fluktuasi pasar yang selalu naik turun membuat saya bisa mempelajari banyak hal.

Macam macam investasi jangka pendek

Kala berinvestasi kadang dapat untung, kadang juga rugi. Investasi yang kadang bikin rugi adalah investasi saham. Ruginya karena saya salah langkah ikut-ikutan treding. Walaupun begitu tak menyurutkan minat saya untuk berinvestasi.

Diantara jenis investasi jangka pendek untuk pemula, saya masih belum pernah mencoba Investasi Deposito. Awalnya saya merasa segan untuk investasi jenis ini karena berdasarkan yang saya ketahui sebelumnya, untuk melakukan investasi deposito harus mempunyai dana minimal 5 juta bahkan ada bank yang mengharuskan deposit penyetoran deposito sebesar 50 juta. Ini yang bikin saya mundur.

Sampai akhirnya, akhir November lalu, ada seorang teman yang memberikan informasi mengenai platform online bernama Komunal.id yang bisa dijadikan investasi deposito dengan minimal pembukaan mulai dari Rp. 1 juta atau sesuai platform. Saya penasaran banget dan ingin mencoba mendaftar disana. Secara niat saya berinvestasi yang masih terus menyala.

Ternyata BPR KOMUNAL Adalah

Sebelum lanjut investasi di suatu tempat, tak afdhol rasanya jika tidak mencari tahu secara mendalam tempat tersebut. Apalagi ini adalah platform online, jadinya harus yakin dengan segala sesuatunya. Dari hasil penelusuran, Ternyata Komunal adalah perusahaan keuangan yang memberikan layanan peer-to-peer di Indonesia yang dikelola oleh PT Komunal Sejahtera Indonesia.

Perusahaan yang berbentuk perseroan ini merupakan perusahaan finansial teknologi yang berbadan resmi dan sudah tergabung dalam Asosiasi Fintech Indonesia. Kantor pusatnya berada di Surabaya. Tepatnya ada di Cohive Voza, Gedung Voza Lantai 20, Jalan Mayjen HR. Muhammad No. 31, Putat Gede, Sukomanunggal, Surabaya.

Deposito BPR Komunal

Komunal menjadi platform aggregator finansial pertama di Indonesia yang berperan sebagai perantara antara Deposito BPR dengan calon nasabahnya. Tujuan berdirinya Komunal adalah menciptakan hubungan simbiosis mutualisme antara pelaku UMKM dan para pemberi dana dalam upaya mendukung pertumbuhan perekonomian Indonesia.

Terkait dengan fitur Depositonya, ternyata ini adalah produk terbaru Komunal yang memungkinkan masyarakat luas dapat mengalokasikan dananya ke produk simpanan BPR atau Bank Perkreditan Rakyat. Produk Deposito BPR dan seluruh Layanannya diselenggarakan oleh PT. Komunal Sejahtera yang bekerja sama dengan Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Nantinya dana deposito akan diputar untuk membantu pelaku UMKM dalam hal permodalan. Kalau sudah tahu seperti ini, makin mantap buat investasi bareng mereka. Sambil investasi bisa bantu para pemilik UMKM.

Ternyata Proses Pendaftarannya Mudah

Investasi Deposito BPR Komunal ternyata pendaftarannya mudah sekali. Hanya menyiapkan data-data diri yang sudah saya hafal di luar kepala, email, foto KTP serta foto selfie yang memang filenya sudah ada di ponsel saya. Gak perlu pergi ke bank untuk mengurus segala sesuatunya karena pendaftaran bisa dilakukan di rumah menggunakan ponsel.

Langkah yang saya lakukan pertama kali adalah membuka website depositobpr dan melakukan pendaftaran disana. Saat pendaftaran diminta untuk melengkapi data diri dan membaca syarat & ketentuan yang berlaku. Setelah merasa sreg, kemudian saya mengklik checklist di bagian bawah sebagai bukti persetujuan pendaftaran.

Tak berapa lama ada email masuk yang isinya verifikasi akun. Setelah verifikasi akun Komunal, ada email masuk lagi yang berisi akun PrivyId sebagai media tanda tangan digital dan nantinya terhubung dengan akun Deposito BPR Komunal. Verifikasi akun dan PrivyID sendiri membutuhkan waktu kurang lebih 5 menit dan langsung selesai,

Langkah selanjutnya setelah akun terverifikasi adalah masuk ke kembali ke platform Komunal di mana saya bisa memilih Bank Perkreditan Rakyat sesuai kebutuhan dan keinginan. Berhubung ini pertama kalinya saya investasi deposito, saya gak berani terlalu banyak. Secara finansial, sekarang juga pas-pasan pasca hajatan nikah adik kemarin.

Setelah scroll dan lihat-lihat, saya kemudian memilih BPR Buana Dana Makmur yang memiliki fitur deposito rendah dan tenor (waktu) yang lumayan singkat. Dalam pemikiran saya, kalau nantinya investasi ini menguntungkan nanti akan diperpanjang dan nanti bisa memilih jenis deposito lainnya.
Saya mengajukan alokasi dana sebesar Rp. 1.000.000 dan memilih tenor 2 bulan.

Deposito BPR aman

Pengajuan deposito normalnya membutuhkan waktu 1 x 24 jam untuk persetujuan dari pihak BPR. Tapi ternyata waktu pendaftaran di BPR Komunal ini lumayan cepet. Gak sampai sejam saya sudah menerima email persetujuan dan diminta untuk login ke akun PrivyId untuk tanda tangan persetujuan kerja sama.

Kelar urusan tanda tangan, dapat email lagi untuk penyetoran dana. Dalam email disebutkan bahwa jangka waktu prnyetoran dana depositonya maksimal 3×24 jam.

Karena sudah ada niat yang kencang, gak perlu nunggu waktu 3 hari. Saya langsung melakukan transfer di hari itu juga. Ada banyak pilihan transfer yang diberikan. Bisa lewat ATM, Internet Banking maupun Mobile Banking. Masing-masing pilihan sudah ada intruksinya jadi lebih termudahkan. Bebas pilih bank tujuan atau virtual account sesuai rekening yang dimiliki.

Setelah transfer, akun Deposito BPR Komunal saya sudah jadi dan tinggal menunggu pengiriman bilyet ke rumah.

Ternyata Deposito BPR Aman

Saya yakin untuk investasi deposito di BPR Komunal karena memang aman. Platform ini sudah tercatat dan diawasi OJK serta memiliki regulasi yang jelas. Adapun nomor pencatatan di OJK adalah S-178/MS.72/2021 tertanggal 23 Juni 2021. Seluruh jenis Depositonya juga aman karena telah dijamin Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Masing masing BPR mendapat jaminan hingga 2 miliar.

Gak ada alasan untuk tidak bilang Deposito BPR aman. Kalau pembaca Coretan Dari Desa masih ragu, coba deh Pahami Fintech, Kenali Lebih Dekat Manfaat dan Resikonya

Ternyata Bisa Kasih Suku Bunga Tinggi

Semua investasi pastinya yang dicari adalah cuannya di masa depan. Tak terkecuali dengan Investasi Deposito yang pastinya mendapatkan cuan tanpa takut defisit seperti jenis investasi lainnya.

Deposito BPR Komunal

Berbeda dengan bank konvensional, keuntungan memiliki deposito di BPR terletak pada suku bunga yang didapatkan. Suku bunga di BPR lebih kompetitif dan variatif. Pilihan suku bunganya ada yang mencapai 6%. Calon nasabah bisa memilih peluang deposito berdasarkan filter yang disediakan. Pendaftaran deposito bisa difilter berdasarkan lokasi, tenor, dan juga suku bunga.

Sebelum transfer dan kerjasama lebih lanjut, nantinya akan ditampilkan estimasi perhitungan dana yang kita depositokan berdasarkan besaran dana dan suku bunga ditawarkan.

Ternyata Dapat Cashback dan Promo BPR BrrBr! Hadiah.

Komunal

Sebagai seorang wanita masa kini, ngeliat promo diskon atau cashback itu woww banget. Maunya selalu mendapatkannya. Beruntung waktu daftar deposito BPR Komunal bulan November kemarin saya bisa dapat promo cashback 111.111 dari Komunal dengan menggunakan kode promo CASHBACK1111. Ini Alhamdulillah banget.

Ternyata masih ada yang spesial di bulan Desember ini. Ada promo akhir tahun Komunal Deposito BPR BrrBr! Hadiah. Ada banyak sekali hadiah akhir tahun yang diberikan bagi nasabah. Mulai smartwatch, smartphone, saldo Dana dan masih banyak lagi yang lainnya. So gak rugi investasi di jaringan Komunal.id, selain bisa dapat bagi hasil deposito juga bisa dapat cashback dan promo hadiah.

Saat ini saya sudah investasi, kamu kapan?? Yuk disegerakan biar sama-sama dapat cuan!

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

31 komentar di “Mencoba Investasi Deposito BPR Komunal, Ternyata

  1. Woww, suku bunganya cukup tinggi ya, kak. jadi tertarik juga buka deposito di BPR Komunal ini. Emang sih, deposito ini dalah investasi yang paling mudah. Tidak perlu modal gede, dan prosedurnya juga simpel sekali.

  2. Asik banget dapat cashback ya..
    Dan ilustrasi ketika berinvestasi ini bikin semangat untuk terus meningkatkan dana invest dan waktu yang digunakan. Sehingga saat pencairan, akan terasa jumlah investasi yang terus berkembang.

  3. Ngajuin deposito di BPR Komunal ternyata gampang banget ya mbak, gak perlu ribet datang ke kantor karena cukup via hape aja udah bisa

  4. Ternyata asyikk ya mbaa dan membantu bangett. Apalagi prosesnya cepet dan praktis sih menurutkuu. Jadii deposito skrg lebih mudah lewat komunal bpr ini yah

  5. Emang gokil sih ya kak Komunal ini. Biasanya kalau mau pengajuan deposito itu kan kudu ke kancab dan ribeeet banget. Eh pake Komunal, jadi gampang banget dan anti ribet. Aku juga coba deposito nih kak

  6. Aku juga ikut menabung deposito di BPR nih. Bunganya tinggi banget dibanding bank umum. Tapi jangan khawatir. Ini bukan investasi bodong krn BPR juga sudah dijamin LPS kok. Jadi pasti aman mau investasi berapapun. Jangan ragu lagi ya kalo investasi di BPR. Soalnya juga bisa membantu bank2 di sekitar daerahmu.

  7. Baik, disegerakan mbak. Huhu, ini juga lagi milih2 dimana investasi yang kira-kira cocok dengan ku ya, seperti ini di BPR Komunal ini boleh juga, terlebih mudah cara daftarnya.

  8. Investasi dengan deposito jadi langkah bagus, karena dana kita gak akan kita colak-colek buat dibelanjakan hehe.
    Jadi terpikirkan untuk mengikuti jejak mbak Munasya untuk deposito

  9. Jaman serba praktis sekarang mah ya, mau bikin deposito bisa online nggak perlu ribet ke bank apalagi kalau nominal kecil kayaknya minder gitu .hehehehe.
    Kalau sudah terbukti aman makin nyaman deh simpan uangnya.

  10. Nah, dengan 1 juta udah bisa buka deposito ya di BPR Komunal. Keren nih…
    Apalagi udah ada perkiraan dana kita dalam sekian waktu jadi berapa. Biasanya kan bunga fluktuatif ya, berubah-ubah, jadi engga tentu nanti dapetnya berapa.

  11. woww bunganya tinggi juga ya mba
    aku proses juga mba untuk invest di deposito hehehe
    memang ya kalau cari review soal perbankan ga cukup sekali, yang diliat pertama kali mesti bunga 😀
    proses pendaftarannya juga simple ini, praktis

  12. Investasi saat ini semakkn beragam memang penting untuk masa depan. Reksa dana, saham, asuransi, dan banyak lagi. BPR komunal ini menawarkan program deposito yang menarik. Thx infonya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!