Rahasia Bikin Tumis Pare Tidak Pahit

Mau bikin tumis pare yang tidak pahit? Begini rahasianya. Salah satu sayur yang jarang disentuh ibu-ibu dirumah adalah Pare. Jenis sayur yang satu ini dikenal memiliki rasa pahit sehingga tidak begitu disukai, bahkan banyak yang menghindarinya. Padahal Pare sebenarnya memiliki nilai gizi yang sangat tinggi. Pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan dan dapat mengembalikan fungsi organ-organ tubuh yang mengalami gangguan.

Sayur Pare

Rasa pahit yang menyertai pare sebenarnya bisa dihindari bahkan dikurangi. Asalkan bisa diolah dengan baik dan benar. Pengolahan pare yang tepat akan membuat masakan jadi super lezat, nikmat bahkan bikin nagih. Saya dan keluarga sudah membuktikan hal tersebut. Pare yang dimasak tumis menggunakan bumbu sederhana bisa menjadi makanan favorit yang sedap nan sehat.

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan rahasia bikin tumis pare yang tidak pahit ala ibu saya. Jika mengikuti resep ini dijamin olahan pare anda akan nikmat dan bikin nagih.

Penasaran seperti apa? Simak baik-baik yang berikut ini.

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama tentunya perlu persiapan bahan terlebih dahulu. Selain pare, anda perlu juga menyiapkan garam dapur secukupnya, tempe yang sudah dipotong kecil-kecil dan bumbu dapur.

Adapun bumbu dapurnya adalah :

  • 3 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 5 cabai rawit (bisa kurang atau lebih sesuai selera)
  • 1 ruas jari jahe
  • 1 ruas jari Laos

Note : yang tidak bisa membedakan mana jahe dan Laos bisa lihat penampakan gambar diatas

2. Pengolahan Pare

Potong sayur pare menjadi dua bagian, buang semua bijinya dan bersihkan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya. Setelah itu Pare diiris tipis – tipis. Campurkan Pare yang sudah diiris tersebut dengan garam secukupnya, aduk rata dan remas-remas hingga tekstur sayur Pare terasa kesat. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu cuci sayur Pare menggunakan air mengalir dan remas-remas kembali lalu tiriskan.

Peremasan Pare menggunakan garam ini tujuannya adalah melunturkan rasa pahit yang menyertai pare tanpa menghancurkan nilai gizinya.

Baca juga :

3. Bikin tumis pare

Untuk bikin tumis pare tanpa rasa pahit, bumbu-bumbu yang sudah disiapkan sebelumnya harus dihaluskan atau jika suka bisa dirajang tipis-tipis. Panaskan sedikit minyak, tumis bumbu yang telah dihaluskan hingga mengeluarkan bau harum. Masukkan pare ke wajan beserta tempe yang sebelumnya sudah dipotong kecil-kecil. Aduk hingga rata.

Jangan lupa mengkoreksi rasanya, tambahkan garam jika rasanya kurang asin atau tambahkan gula jika rasanya terlalu asin. Aduk kembali hingga rata dan masak hingga matang.

Tumis Pare Tidak pahit

Angkat tumis pare yang telah matang, sajikan selagi masih hangat. Sajian tumis pare ini akan semakin nikmat ketika disajikan bersama nasi putih hangat dan lauk pauk yang digoreng. Gimana, tertarik bikin tumis pare sendiri?? Selamat mencoba dan semoga keluarga di rumah suka.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!