Cara Praktis Mengurangi Rasa Pahit Pada Pare

Mendengar kata *Pare* pasti sebagian besar orang akan mengeryit, kata pahit senantiasa menjadi pengiring kata tersebut. Yup….. Pare atau ada yang menyebutnya peria dan paria ini adalah salah satu jenis sayuran yang memiliki ciri khas rasa pahit. Disamping digunakan sebagai sayur teman nasi, pare juga digunakan untuk bahan obat herbal yang manjur.

Sayur Pare

Dibalik rasa pahit yang dikandung oleh tanaman ini, tersimpan banyak sekali khasiat untuk kesehatan. Diantaranya pare bisa membersihkan darah, membunuh sel kanker dan menyembuhkan berbagai penyakit seperti penyakit kuning, malaria dan lainnya. Ulasan lengkap tentang manfaat Pare bisa dibaca di postingan lain blog ini yang berjudul :

Bagi mereka yang menyukai pare dan pandai mengolahnya, pare bisa dijadikan makanan yang lezat, seperti bikin tumis pare. Alih-alih pahit yang dirasakan, malah selera makan jadi meningkat. Rasa pahit yang ada nyaris terlupakan.

Sebenarnya ada banyak cara praktis untuk mengurangi rasa pahit pada pare ini. Jika anda mempraktekkan salah satunya, niscaya akan bisa merasakan nikmatnya olahan masakan pare. Memang untuk menghilangkan semua rasa pahit dari pare sepertinya tidak mungkin. Rasa pahit menjadi ciri khas dari pare dan tentunya dari pahitnya itu kandungan gizi tersimpan.

Untuk mengurangi rasa pahit pada pare, anda bisa memilih salah satu cara praktis berikut ini :

1. Menggunakan Garam

Mengurangi rasa pahit pada pare menggunakan garam menjadi resep turun temurun yang nyata khasiatnya. Metodenya adalah dengan memotong
pare menjadi dua bagian, semua biji yang ada di dalam buah pare dibuang. Begitu juga dengan selaput putih yang ada pada bagian dalamnya, semuanya harus dibersihkan.

Setelah itu, pare diiris tipis-tipis. Tambahkan garam halus pada irisan pare lalu remas-remas sampai pare agak layu. Diamkan kurang lebih 15 menit, lalu cuci diair mengalir hingga bersih. Pare siap untuk diolah sesuai keinginan

Cara lainnya adalah dengan merebus pare bersama air yang ditambahkan garam. Rebus sampai pare setengah empuk, angkat dan tiriskan airnya. Pare siap di masak sesuai selera.

2. Menggunakan Gula Pasir

Teknik menggunakan gula pasir tidak jauh berbeda dengan menggunakan garam. Anda hanya mengganti penggunaan garam dengan gula pasir. Pare yang diiris diremas-remas menggunakan gula pasir.

Meremas pare baik menggunakan garam msupun gula pasir bertujuan untuk mangeluarkan cairan atau yang disebut sebagai ekstrak pahit dari pare bisa keluar. Pada akhirnya rasa pahit pada pare akan berkurang.

3. Daun Jambu Biji

Mengurangi rasa pahit pada Pare menggunakan daun jambu biji memang jarang dilakukan orang, namun ternyata cara ini juga sama efektifnya dengan cara menggunakan garam maupun gula pasir. Anda hanya perlu mengambil daun jambu biji secukupnya lalu diremas-remas. Pare kemudian direbus dengan daun jambu biji, biarkan sampai mendidih sekitar 5 menit atau sampai setengah matang. Lalu angkat dan tiriskan. Untuk ½ kg buah pare anda bisa gunakan 10 lembar daun jambu biji.

Baca juga : Beragam Manfaat Daun Bayam Untuk Kesehatan dan Kecantikan

4. Lempengan Tanah Liat

Bahan yang satu ini ternyata sudah lama digunakan orang jaman dahulu untuk menghilangkan rasa pahit pada bahan makanan. Salah satunya bisa digunakan untuk pare. Anda pastinya tidak akan kesulitan memperoleh lempengan kering tanah liat ini, karena banyak dijual dipasar tradisional. Atau bagi masyarakat desa bisa mengambil sendiri di sekitar rumah. Caranya rebus pare bersama lempengan tanah liat yang kering selama kurang lebih 5 menit. Lalu angkat dan pare dicuci bersih.

5. Bumbu Masak

Bumbu kacang tahu telur

Mengolah pare dengan aneka variasi bumbu masak juga bisa mengurangi rasa pahit dalam pare. Mengolah pare dengan menggunakan variasi bumbu kacang, kombinasi bawang bombay dan penambahan ikan teri, ebi atau udang segar pada olahan pare, akan membuat masakan pare lebih nikmat dan rasa pahit tersamarkan.

Itulah cara praktis nan sederhana mengurangi rasa pahit pare yang bisa anda coba dan praktekkan sendiri di rumah. Semoga bisa membantu mengatasi permasalahan rasa pahit pada pare. Bagi yang sudah pernah mempraktekkan bisa kasih testimoni di kolom komentar.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!