Waspada! Berikut Penyebab dan Gejala Asbetosis!

Waspada! Berikut Penyebab dan Gejala Asbetosis! Nama penyakit Asbetosis mungkin masih terdengar asing bagi kita. Padahal ini adalah salah satu penyakit yang menyerang bagian paru-paru menusia seperti halnya TBC atau Covid-19. Asbestosis adalah salah satu penyakit paru-paru kronis dimana penyebab dari asbestosis sendiri dikarenakan penderita menghirup serat asbes. Serat asbes yang dimaksud disini adalah serpihan asbes yang biasa digunakan sebagai atap pada industry pabrik dan seratnya banyak berhamburan di udara berbentuk debu halus.

Asbetosis penyakit paru-paru
Ketika kita menghirup serat-serat asbes dalam jangka waktu yang cukup lama, maka hal tersebut dapat menyebabkan jaringan parut di bagian jaringan paru-paru serta membuat sesak nafas. Biasanya gejala yang ditimbulkan dari asbestosis secara bertahap di mulai dari tahap ringan hingga ke tahap parah. Terkadang malah muncul setelah bertahun-tahun menghirup serat-serat asbes dan baru diketahui belakangan.

Penyakit ini memang sulit diterima dengan baik karena penyebabnya cukup aneh yaitu karena asbes yang biasa digunakan sebagai atap. Semua pasti tidak menyangka kalau asbes yang merupakan produk dari bahan mineral alami yang mampu tahan terhadap panas dan korosi dapat mengganggu kesehatan.

Penyebab Abestosis

Kali ini akan membahas lebih jauh mengenai penyebab asbestosis sebab hal ini harus dipahami secara komprehensif.

Seperti yang sudah di singgung sebelumnya bahwa, asbes merupakan pemicu utama seseorang dapat terkena penyakit ini. Ketika salah satu dari kita terpapar debu asbes tingkat tinggi dalam jangka waktu yang lama, maka bukan tidak mungkin beberapa serat tersengkut di dalam alveoli. Untuk alveoli sendiri merupakan kantung kecil yang ada di dalam paru-paru tempat pertukaran antara oksigen dan karbondioksida dalam darah.

Serat-serat asbes itulah yang menyebabkan paru-paru menjadi iritasi serta menjadikan paru-paru kita kaku sehingga kita dapat terkena asbestosis. Ketika asbestosis terus berkembang, maka akan semakin banyak jaringan paru yang memiliki bekas luka. Pada akhirnya paru-paru kita menjadi sangat kaku dan hal itu membuat paru kita tidak mampu lagi berkontraksi dan mengembang dengan baik.

Perkembangan paru paru yang memburuk dapat terjadi dari kebiasaan merokok setiap hari. Kebiasaan merokok dapat meningkatkan retensi serat asbes pada paru-paru, tidak hanya itu kebiasaan merokok juga sering membuat berbagai penyakit berkembang menjadi lebih cepat.

Baca juga : Menangkal Radikal Bebas

Gejala Abestosis

Jika sudah mengetahui penyebab dari asbestosis, pembahasan blog Coretan Dari Desa ini akan berlanjut membahas seputar gejala asbestosis itu sendiri. Tentu kita harus mewaspadai gejala asbestosis sebab efek dari paparan jangka panjang kerap tidak muncul mulai dari 10 sampai 40 tahun seusai terpapar pertama kali. Selain itu gejala juga bisa bermacam-macam tergantung dengan tingkat keparahan. Nah berikut ini gejala umum yang ditimbulkan asbestosis yaitu:

  1. Sesak napas
  2. Batuk kering secara terus menerus
  3. Kehilangan nafsu makan
  4. Penurunan berat badan
  5. Ujung jari tangan dan kaki terlihat lebih lebar dan bulat ketimbang biasanya (clubbing)
  6. Sesak atau nyeri dada

Komplikasi Asbestosis

Dalam kasus asbestosis buka tidak mungkin penderita dapat mengalami komplikasi sebab paparan asbes bisa menyebabkan mesothelioma ganas yaitu suatu bentuk kanker paru. Lebih dari itu jenis kanker paru lainnya juga bisa berkembang kalau memang penderita memiliki kebiasaan merokok. Hal itu dapat menyebabkan penumpukan cairan di area sekitar paru-paru, atau yang biasa dikenal dengan efusi pleura.

Adapun beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keparahan dari asbestosis, hal itu dapat dikur dari berapa lama kita terpapar oleh asbes dan seberapa banyak kita telah menghirupnya.

Nah itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan seputar penyebab dan gejala asbestosis. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan, terimakasih.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!