PENCAPAIAN BLOG MUNASYA.COM TAHUN 2016

Pada awal tahun 2017 ini, saya ingin bercerita pencapaian-pencapaian yang diraih blog munasya.com ini. Pencapaian blog yang saya tulis ini bukan bermaksud untuk sombong atau pamer, tapi ini hanya sebagai bahan intropeksi diri sekaligus pemicu agar bisa lebih baik lagi.

Blog ini masih banyak kekurangan di dalamnya. Banyak hal yang belum berhasil diwujudkan dan ingin didapatkan di tahun-tahun mendatang. Dengan penulisan ini saya berharap di tahun mendatang bisa terus berbenah dan lebih baik dari tahun sebelumnya.

​Akhir tahun 2016, usia blog munasya.com ini belum genap 1 tahun. Sebelumnya blog ini masih menggunakan nama munasyaroh wordpress dot com, baru pada awal bulan Mei 2016 munasya.com resmi mengudara dengan hosting dan domain sendiri. Isi dari blog sebelumnya saya pindah ke blog ini agar artikelnya tidak mubadzir dan saya bisa fokus merawat satu blog saja.  Baca sejarahnya di : Akhirnya Blogku Berganti Nama

 

Bagaimana perjalanan dan pencapaian Blog Munasya.com di tahun 2016 dan apa saja pencapaiannya, berikut adalah reviewnya.
1. Trafik 

Dalam 8 bulan perjalanannya di tahun 2016, blog Coretan Dari Desa Munasya.com ini berhasil mendapatkan pengunjung sebanyak 2.648 orang. Di 3 Bulan pertama yakni bulan Mei hingga Juli pengunjungnya hanya sekitar 500an atau rata-rata hanya 10 pengunjung per hari.  Di bulan-bulan berikutnya trafik pengunjungnya terus meningkat, terakhir di Bulan Desember 2016 pengunjungnya sudah mencapai 2.840 orang dalam satu bulan atau rata-rata 100 orang per hari. 

Trafik Pencapaian Blog
Pencapaian blog Munasya

Bagi para blogger yang sudah berpengalaman, angka ini tentu saja kecil, namun bagi saya ini sudah cukup membahagiakan mengingat pengalaman saya yang juga belum begitu banyak di bidang ini. Di tahun mendatang saya berkomitmen untuk terus meningkatkan trafik blog munasya.com ini agar semakin banyak pengunjungnya.

2. Postingan
Karena merupakan terusan dari blog sebelumnya, postingan blog munasya.com di akhir 2016 sudah sebanyak 115 postingan. Gak tau ini termasuk sedikit atau banyak menurut pembaca. Dari jumlah tersebut yang saya tulis saat blog sudah berganti nama hanya 44 postingan. Itu berarti baru sepertiganya saja. Postingan pertama adalah : Akhirnya Blogku Berganti Nama dan postingan terakhir di tahun 2016 adalah Agar Perjalanan Bisnis Luar Kota Lancar dan Menyenangkan.

3. Top Page 
Diantara sekian banyak artikel yang ditulis di munasya.com, artikel yang paling banyak dibaca oleh orang adalah mengenai : Langkah Pendirian Bank Sampah. Artikel ini sudah dibaca oleh 2.468 orang. Disusul di peringkat kedua adalah artikel Berbagai Syair Lagu LGC yang di baca oleh 1.068 orang. Pencapaian blog yang lumayan.

Artikel tentang pendirian bank sampah saya tulis berdasarkan pengetahuan dan pengalaman yang saya miliki. Di lingkungan tempat tinggal saya kebetulan pernah merintis pembuatan bank sampah dan saya mengikuti setiap tahapannya sehingga saya sedikit paham lalu menuliskannya. Sebagai pelengkap artikel sebelumnya, saya juga menulis : Cara Mengelola Bank Sampah. Artikel-artikel tentang pengelolaan sampah lainnya juga banyak ditulis di blog ini.

Sedangkan artikel syair Lagu LGC, saya tulis didasari karena di Kabupaten Lamongan selama 5 tahun terakhir ini selalu mengadakan kompetisi Lingkungan Hidup atau LGC. Untuk menyambut para juri, biasanya para peserta lomba LGC menyanyikan lagu yel-yel lingkungan disertai atraksi joget. Oleh karenanya saya mencoba menulis syair lagu lingkungan agar bisa dibaca orang Lamongan dan dijadikan inspirasi.

4. Underdog Page 
Kebalikan dari top page, ada beberapa artikel di blog munasya.com yang jarang di baca orang dan jadi underdog page. Selama 8 bulan terakhir ini, artikel tentang Bunga-bunga yang Dapat Dimakan dan Ajaran Hindu yang dijalani Umat Islam masing-masing hanya di baca oleh 4 orang. (benar-benar memprihatinkan).

Kedua artikel ini memang tidak sepenuhnya karya saya karena saya hanya merewrite ulang dengan beberapa perubahan disana-sini. Artikel ini terposting saat blog ini belum menjadi domain sendiri. Ini tentu menjadi pembelajaran tersendiri bagi saya agar kedepannya menulis artikel hasil karya sendiri yang lebih berkualitas dan berkesan biar banyak yang membacanya.

5. Penghasilan
Semenjak mendapat domain sendiri, blog ini sudah menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Penghasilan tersebut di dapat dari hasil job review dan juga content placement berbagai produk serta jasa. Tercatat di tahun 2016 kemarin, blog Munasya.com mendapat 8 job review dan 4 job content placement. Meskipun ini tergolong amat sangat sedikit bagi blogger kebanyakan, namun ini tetap saya syukuri. Rekening bank saya jadi lumayan berisi dengan adanya job-job ini. Lumayanlah daripada tidak ada penghasilan sama sekali.

Job review pertama saya adalah : Grand Royal Panghegar Hotel Strategis di Bandung,  sedang job content placement pertama adalah : Agar Hobi Menonton DVD Tidak Mengganggu Kesehatan 

Untuk iklan adsence dan sejenisnya, di tahun 2016 blog ini belum mendapatkannya karena trafiknya memang masih rendah. Harapan di tahun-tahun mendatang blog munasya.com bisa lebih banyak mendapatkan job,baik itu job review maupun content placement. Kalau bisa juga dapat job iklan lainnya.

Coretan dari Desa


6. Prestasi Lomba Blog
Sepanjang tahun 2016, blog ini tercatat hanya mengikuti 6 lomba blog saja. Kesibukan saya menulis offline membantu orang yang membutuhkan dan juga menulis berita bagi sebuah institusi, membuat saya tidak mempunyai waktu untuk ikut banyak lomba kepenulisan. Saya hanya ikut lomba jika temanya sreg di hati dan tercetus ide untuk menuliskannya. Karena hanya sedikit mengikuti lomba blog jadinya tidak ada satupun yang berhasil di menangkan. Namun itu tetap sebanding dengan hasil dari penulisan saya di luar ngeblog.

Prestasi terbaik dalam lomba kepenulisan adalah masuk 10 besar dalam lomba menulis tema hobi yang diadakan oleh cekaja dot com. Judulnya adalah : Membaca Jadi Bagian Hidupku. Meski tidak mendapat hadiah apa apa namun terselip suatu kebanggaan disana.

Berhubung sekarang saya sudah tidak mempunyai job offline dan juga sudah tidak ikut dalam redaksi berita manapun, saya akan coba ikut berbagai lomba kepenulisan agar kemampuan menulis makin terasah. Siapa tahu bisa menjadi salah satu pemenangnya dan mendapatkan berbagai hadiah.

Akhir Desember 2016, saya mencoba ikutan lomba menulis yang diadakan oleh Blooger Perempuan dan Asus, judul tulisan saya adalah Cara Membuat Konten Lebih Kreatif. Meskipun belum ada pengumuman pemenang, namun saya sudah mendapatkan hadiah pulsa karena berhasil menjadi 10 orang pendaftar pertama. Pulsanya sudah saya terima dan dapat saya nikmati selarang ini. Alhamdulillah…

Itulah beberapa pencapaian blog munasya.com ini selama tahun 2016 kemarin. Review blog munasya.com ini hanyalah pemikiran internal saya sendiri atas apa yang dicapai dan juga apa yang harus diperbaiki untuk di tahun-tahun mendatang. Jika ada saran atau kritikan silahkan tuliskan di komentar untuk perbaikan saya di masa mendatang.

38 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!