Bagaimana Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda?

Seorang wanita yang sedang hamil memang diharapkan dapat menjaga kondisi tubuh dan juga kehamilannya. Berbagai cara dilakukan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Bagaimana posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda kerap kali ditanyakan oleh mereka yang sedang hamil maupun keluarganya. Minimnya pengetahuan dan pengalaman membuat banyak orang mempertanyakan hal tersebut.

Jika pada medium minggu awal kehamilan, calon ibu mungkin masih bisa tidur semaunya. Namun seiiring dengan perkembangan janin yang semakin besar, posisi tidur bagi calon ibu tentu sangat terbatas. Keamanan serta pertumbuhan bayi dalam kandungan menjadi prioritas utama bagi ibu hamil. Tiap gerak langkah dan hembusan nafas selalu diperkirakan demi kebaikan calon bayi.

Mengenai permasalahan posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda, ada yang menyatakan kalau wanita hamil bisa tidur dengan posisi apapun, yang penting tidurnya terasa nyaman, enak, dan nyenyak. Ada pula pendapat yang mengatakan posisi tidur ibu hamil itu harus sesuai dan tidak bisa seenaknya.

Pendapat-pendapat diatas memang sedikit banyak ada benarnya. Pada usia kehamilan trimester kedua, kondisi perut calon ibu biasanya memang mengalami perubahan. Hal tersebut membuat tidur jadi kurang nyaman. Banyak ibu yang merasa was-was saat tidur dengan perut mulai membesar, khawatir dengan perkembangan janin yang mungkin terganggu dengan kebiasaan tidur ibu.

Berikut ini adalah beberapa posisi tidur yang bisa dilakukan ibu hamil :

Tengkurap
Posisi tidur tengkurap masih cukup aman dilakukan oleh ibu hamil muda yang ukuran perutnya belum terlalu besar. Akan tetapi bagian dada ibu hamil yang berkembang lebih besar dibanding sebelumnya dan tentunya lebih sensitif, membuat ibu hamil kurang nyaman tidur dengan posisi tengkurap. Selain itu, posisi tidur tengkurap juga tidak cocok dilakukan ibu hamil yang ukuran perutnya sudah terlihat membesar. Posisi tidur tengkurap akan mengurangi kelancaran peredaran darah antara ibu hamil dan janinnya. Kadang-kadang juga menyebabkan rasa mual.

Terlentang
Posisi tidur terlentang adalah posisi yang paling aman sekaligus paling nyaman untuk semua orang, termasuk juga untuk ibu hamil. Bagi para calon ibu yang sedang hamil muda, posisi tidur terlentang sangat dianjurkan karena akan membuat nyaman saat tidur.

Perlu diperhatikan, bagi wanita yang kehamilannya sudah memasuki usia 16 minggu atau saat perut makin membesar, posisi tidur terlentang justru tidak disarankan. Pada posisi tidur terlentang, secara otomatis beban rahim akan bertumpu pada bagian belakang tubuh, termasuk bagian usus dan vena cava inferior. Jika dilakukan terus menerus, dapat mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Seperti : sakit pinggang, gangguan pencernaan, wasir dan juga dapat memengaruhi tekanan darah.

Miring
Posisi miring adalah posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda, bahkan sangat disarankan untuk dilakukan. Walaupun sampai saat ini masih belum ada penelitian yang mempelajari lebih lanjut tentang bagaimana posisi tidur yang paling tepat saat sedang kondisi hamil, posisi tidur miring cukup disarankan. Posisi tidur miring juga jadi posisi yang paling aman, nyaman dan baik untuk ibu hamil serta janinnya.

Posisi tidur yang baik
Posisi tidur miring (sumber gambar : pixabay.com)

Tidur dalam posisi miring tidak akan menyebabkan bagian-bagian perut terbebani. Pada posisi tidur miring ke kiri, peredaran darah menjadi lebih lancar karena aliran darah Vena Cava Inferior ada di sebelah kanan. Rasa mual juga bisa dikurangi. Disamping itu, janin di perut juga mendapatkan pasokan nutrisi yang cukup sehingga pertumbuhannya lebih maksimal.

Baca juga : Nutrisi Penting Buat Ibu Hamil

Jika merasa bosan atau capek tidur dengan posisi miring ke kiri, ibu hamil bisa menggantinya dengan miring ke kanan sesekali atau bisa juga dengan posisi tidur lainnya. Bagaimanapun juga kualitas tidur ibu hamil lebih utama. Apapun posisinya, yang penting bisa tidur dan beristirahat dengan nyenyak.

Saat kehamilan memasuki trimester pertama, calon ibu tetap bisa tidur dengan posisi favorit. Apapun posisinya, asalkan nyaman dan dapat tidur dengan nyenyak, posisi apapun bisa dilakukan. Meskipun kondisi fisik perut mulai membesar, tak perlu khawatir. Perut wanita yang sedang hamil memiliki sistem proteksi tersendiri terhadap janin di dalam perutnya. Posisi apapun yang diambil saat tidur, janin di dalam perut akan tetap merasa nyaman. Keberadaan cairan ketuban membuat janin dalam kandungan memiliki ruang yang cukup untuk bergerak dan berkembang sesuai usianya.

Baca juga :Rahasia Keluarga Harmonis

Mulai periode trimester pertama akhir, kondisi perut yang sudah lumayan besar, biasanya akan membuat calon ibu kurang leluasa bergerak. Pada kondisi seperti ini, sebenarnya masih tetap diperbolehkan tidur dalam posisi apapun. Namun ada beberapa posisi tertentu yang disarankan untuk dilakukan, seperti ulasan diatas supaya bisa mendapatkan tidur yang nyaman tanpa mengganggu pertumbuhan janin.

Demikianlah berbagai ulasan seputar posisi tidur yang baik untuk ibu hamil muda. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang membutuhkan. Jika ada saran atau masukan terkait pembahasan tersebut, silahkan tulis di kolom komentar.

(Visited 13 times, 1 visits today)
One Comment

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!