Pendidikan

Belajar Asyik Bersama RuangBelajar Dari RuangGuru

Belajar Asyik Bersama RuangBelajar Dari RuangGuru – Tak terasa tahun ajaran baru sudah akan dimulai. Dalam kalender pendidikan pertengahan Juli ini sudah masuk Tahun Ajaran Baru 2021-2022. Jika awalnya tahun ajaran baru ini sudah sebelumnya direncanakan bisa tatap muka langsung, namun karena gelombang virus yang merajalela lagi, pada akhirnya dipertimbangkan untuk kembali dilakukan pembelajaran jarak jauh.

Sistem pembelajaran jarak jauh memang memiliki tantangan yang luar biasa. Tak hanya masalah infrastruktur, namun juga Sumber Daya Manusia yang kurang siap untuk mengikuti perkembangan jaman. Belum lagi rasa jenuh yang menghinggapi anak-anak saat pembelajaran online berlangsung. Diperlukan sistem yang mumpuni sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi asyik dan menyenangkan.

Belajar dirumah

Menghadapi pembelajaran tahun ajaran baru di depan mata yang dipastikan kembali online, para orang tua harus kreatif dan memiliki terobosan jitu supaya anaknya tetap antusias belajar dan mengerjakan tugas online yang diberikan.  Berbagai Metode Efektif Mengatasi Anak Malas Belajar patut dicoba. Di era digital, belajar menggunakan aplikasi juga harus diterapkan.

Inovasi RuangBelajar by RuangGuru

Untuk menemani belajar anak-anak di rumah sekarang sudah muncul aplikasi yang inovatif bernama Ruangbelajar by Ruangguru. Aplikasi pembelajaran ini memiliki fitur-fitur yang unik dan lengkap. Bersama aplikasi ini, kegiatan belajar yang membosankan bisa jadi lebih asyik dan menarik.

Karena sistemnya online, RuangBelajar bisa diakses kapan saja dan dari mana saja sehingga tidak membatasi anak dalam belajar. Mau belajar kapanpun bisa dilakukan. Materi didalamnya bisa didownload dan di lihat berkali-kali secara offline sehingga memudahkan anak-anak dan orang tua kala belajar materi pelajaran sekolahnya.

Fitur yang dibenamkan dalam aplikasi RuangBelajar by RuangGuru selain dapat merangsang anak menjadi mandiri dalam belajar juga dapat mengawasi pembelajaran yang dilakukan anak. Ada banyak pilihan fitur didalamnya yang bisa menjadikan anak-anak menjadi lebih baik dari segi nilai serta karakter individu.

Baca juga : Pentingnya Pembelajaran Literasi digital di masa kini

Fitur-fitur RuangBelajar by RuangGuru adalah sebagai berikut :

Ruangguru Adventure

Seperti namanya fitur Adventure berisi tentang petualangan yang seru. Didalamnya terdapat tantangan berupa permainan edukatif seperti game mencari harta karun dan sejenisnya yang pastinya disukai anak-anak. Permainan-permainan didalamnya disusun sedemikian rupa sehingga anak yang mengakses tidak merasa kalau sedang belajar materi pelajaran. Mereka bersemangat dalam memecahkan misteri yang disuguhkan dalam permainan, jika berhasil pastinya akan mendapat hadiah sesuai level yang dimainkan.

Daripada anak memegang gadget untuk melakukan permainan yang tidak berguna, alangkah baiknya bermain permainan Adventure yang disajikan olah RuangGuru. Belajar sambil bermain dan bermain sambil belajar.

Teman Belajar

Anak-anak punya banyak imajinasi, biasanya mereka menyukai tokoh hewan yang dijadikan idola atau temen. Di RuangBelajar by RuangGuru ada fitur imajinatif yang bernama teman belajar. Fitur ini menghadirkan tiga karakter hewan khas Indonesia yang keberadaannya dilindungi yakni Modo si Komodo, Candra si burung Cendrawasih dan Harry si Harimau Sumatera.

Tiga hewan tersebut bisa dipilih oleh anak-anak sebagai teman yang selalu mendampingi proses belajar anak di aplikasi. Karakter hewan ini akan tumbuh dan berevolusi mengikuti perkembangan belajar anak. Kalau misalnya anaknya memiliki perkembangan belajar yang baik dalam arti memahami materi pelajaran yang diberikan, hewan sebagai teman belajarnya akan berkembang dengan baik. Sebaliknya jika tak ada peningkatan dalam prestasi belajar anak, si hewan tubuhnya akan stagnan.

Ruangbelajar by Ruangguru
Perkembangan fitur teman belajar di RuangBelajar

Teman belajar ini secara tidak langsung dapat merangsang semangat belajarnya anak. Kalau ingin teman belajarnya tumbuh dan berkembang, belajarnya harus lebih semangat. Kalau di dunia nyata hewan diberi makanan untuk tumbuh, di fitur ini hewan harus diberi prestasi dalam materi pelajaran.

Asah Otak

Fitus Asah Otak adalah sejenis pre-test sebelum pelajaran diberikan. Pre-test digunakan untuk mengetahui sejauh mana pemahaman dan kemampuan anak terhadap materi pelajaran tertentu. Hasil test menjadi acuan dalam pemberian materi selanjutnya. Sistem akan merekomendasikan video dan materi pelajaran yang perlu ditonton oleh anak supaya pengetahuannya berkembang maksimal. Dengan demikian pembelajaran anak jadi lebih terarah dengan baik.

Bank Soal

Fitur RuangBelajar by Ruangguru menyediakan puluhan ribu soal yang bisa didownload dan dikerjakan secara offline kapan saja dan dimana saja. Selain berbentuk text dan gambar, bank soal di RuangBelajar juga berbentuk video dan animasi. Soal-soal yang didownlaod bisa dikerjakan sendiri, bisa juga dikerjakan bersama teman atau orang tua. Belajarnya jadi gak membosankan. Pelajaran Bahasa Inggris, pelajaran Sains, Matematika dan lainnya semuanya lengkap ada.

Jadwal Belajar

Dengan adanya fitur jadwal belajar, anak-anak dilatih untuk lebih disiplin dan fokus dalam belajar. Anak dapat berlatih memanfaatkan waktu untuk mencapai target yang diinginkan. Jadwal belajar ini bisa di atur sendiri menyesuaikan situasi serta kondisi anak sehingga fleksibel dan nyaman.

Laporan Belajar

Sama seperti Raport pada umumnya, Fitur Laporan Belajar by Ruangguru membantu orang tua memantau laporan perkembangan belajar anak. Bagi para orang tua yang bekerja dan tidak bisa mendampingi anaknya belajar, fitur ini tentu sangat efisien. Orang tua tinggal ketik “Rapor Anak” dan kirim ke WhatsApp Ruangguru di 081578200000, nanti sistem akan mengirimkan laporan belajar anak secara komprehensif.

Fitur Baru Lainnya

Aplikasi belajar online

Selain fitur-fitur diatas, di Tahun Ajaran Baru bulan Juli ini, RuangBelajar by Ruangguru berinovasi dengan mengembangkan fitur-fitur menarik seperti rencana belajar, fitur Pencarian, Pet Mission, Tes Minat Bakat, adapto dan masih banyak yang lainnya. Fitur-fitur ini diciptakan supaya anak-anak lebih bersemangat dalam belajar dan tidak merasa bosan menghadapi pembelajaran jarak jauh.

Orang tua yang sering kesulitan memahami materi sekolah yang diberikan pada anaknya , patut mempertimbangkan untuk download dan berlangganan aplikasi RuangGuru. Dengan aplikasi belajar online terbaik ini orang tua dapat menemani dan membantu anaknya belajar dengan cara lebih asyik dan menyenangkan. Gak ada lagi drama yang menjengkelkan saat anak belajar materi pelajaran sekolahnya. Nilai dan karakter anak jadi bisa lebih baik.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *