Manfaat daun sirih
Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Berbagai Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan. Tanaman Daun Sirih oleh masyarakat Indonesia memiliki nama yang berbeda-beda di tiap daerah. Ada yang menamakan sedah, suruh, seureuh, padonca, kakap, base dan lainnya. Tanaman Daun Sirih ini telah diyakini sebagai obat herbalobat herbal sejak jaman dulu kala. Nenek moyang kita memanfaatkan bagian daun untuk menjaga kesehatan giginya atau dalam bahasa jawa disebut Nginang.

Beberapa ahli biotani menyatakan bahwa tanaman Sirih merupakan tanaman asli Indonesia. Tanaman ini dalam perkembangannya tumbuh dan tersebar di berbagai negara di kawasan Asia Selatan dan juga Asia Tenggara. Selain tumbuh di Indonesia, Sirih juga ada di daratan negara India, Bangladesh, Thailand, Sri Lanka, Malaysia, Vietnam, Kamboja bahkan hingga ke Papua New Guini.

Penampakan Daun Sirih

Tanaman Daun Sirih tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Tanaman ini bisa mencapai tinggi 15 m. Warna Batang Sirih agak coklat kehijauan, memiliki bentuk bulat dan beruas-ruas. Ruas tersebut merupakan tempat keluarnya akar yang bisa dijadikan tempat berkembang biak.

Permukaan kulit batang relatif kasar dan berkerut-kerut. Daunnya berjenis tunggal dan berbentuk pipih menyerupai jantung.  Ujung daun runcing, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas dengan tangan. Permukaan daun berwarna hijau dan licin serta tumbuh berselang-seling. Panjangnya sekitar 5 – 8 cm dan lebar 2 – 5 cm.

Bunga dari tanaman Sirih bersifat majemuk dan berbentuk bulir. Terdapat daun pelindung ± 1 mm yang berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 – 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang. Pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 – 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.

Budidaya tanaman daun sirih cukup mudah. cukup dengan mencangkok atau mengambil batang yang keluar dari akarnya, tanaman ini bisa dibudidayakan.

daun sirih
daun sirih merah

Kandungan Dan Manfaat Daun Sirih Untuk Kesehatan

Bagian tumbuhan ini yang banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah bagian daunnya. Pada bagian Daunnya, Sirih mengandung minyak atsiri, fenil propana, estragol, kavicol, taninh, kavibetol, caryophyllene, allylpyrokatekol, cyneole, cadinene, diastase, pati, terpennena, seskuiterpena, dan gula. Semua zat tersebut menyebabkan Sirih seperti ditakdirkan menjadi tanaman yang dapat menyehatkan manusia, karena kaya manfaat.

Minyak atsiri dari Daun Sirih mengandung minyak terbang (Betiephenol), seskuiterpen, pati, diatase, gula dan zat samak. Zat kavikol pada daun sirih berdaya untuk mematikan kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur. Daun Sirih berkhasiat menghilangkan bau badan yang ditimbulkan bakteri dan cendawan. Manfaat Daun Sirih untuk kesehatan juga bisa menahan perdarahan, menyembuhkan luka pada kulit, dan gangguan saluran pencernaan.

Selain itu, Daun Sirih juga bersifat mengerutkan, mengeluarkan dahak, meluruhkan ludah, hemostatik, dan menghentikan perdarahan, ampuh menyembuhkan penyakit seperti keputihan, mimisan, menghilangkan bau badan dan keringat berlebihan, iritasi, bengkak, mata gatal dan mata merah. Juga dapat mengobati sakit gigi, sariawan, obat kumur, obat batuk, asma, bisul, serta obat ambeien atau wasir.

Pokoknya kompleks sekali manfaat Daun Sirih untuk kesehatan ini. Yang perlu diketahui juga, daun Sirih bersifat sebagai antiseptik, antioksidan serta fungisida. Selain itu, kandungan bahan aktif fenol dan kavikol Daun Sirih hutan juga dapat dimanfaatkan sebagai pestisida nabati untuk mengendalikan hama penghisap. Daun Sirih juga menjadi salah satu cara Panjangkan Bulu mata dari Bahan Alami

Sebagai bagian dari budaya, daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah Sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. Sirih digunakan sebagai tanaman obat dan sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.

Manfaat daun sirih

Cara Penggunaan Daun Sirih Untuk Berbagai Penyakit

Berikut ini adalah beberapa cara penggunaan a Daun Sirih untuk mengobati berbagai penyakit :

Penyakit bisul

Bahan : Daun Sirih secukupnya
Cara penggunaan :
Cuci daun hingga bersih. Giling hingga halus. Balurkan ramuan pada bisul dan sekelilingnya lalu balut dengan kain bersih, ganti ramuan ini 2 x 1 hari.

OBAT BATUK

Bahan :

  1. Daun Sirih 17 lembar
  2. Madu 1 sendok makan
  3.  Air 3 gelas

Cara penggunaan :
Cuci daun hingga bersih. Rebus hingga air tersisa 2 ¼ gelas. Dinginkan lalu saring. Minum ramuan 3 x 1 hari masing-masing ¾ gelas, tambahkan madu.

Baca juga : 10 Penyebab Bau Mulut

ASMA

Bahan :

  1. Daun Sirih
  2. Gula batu 1 potong
  3. Air 2 gelas

Cara Penggunaan :
Cuci daun hingga bersih. Tambahkan air dan gula batu. Rebuslah dan didihkan, matikan api ketika kira-kira airnya tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring. Minum ramuan 1/3 gelas, lakukan 3 x 1 hari, tambahkan madu biar lebih enak.

OBAT MIMISAN/HIDUNG BERDARAH

Bahan : 2 lembar Daun sirih muda
Cara penggunaan :
Cuci daun hingga bersih. Lalu gulung daun dan dimasukkan ke dalam lubang hidung untuk menyumbat hidung yang berdarah.

OBAT SAKIT MATA

Bahan :

1. 7 lembar Daun Sirih muda
2. 1 gelas air

Cara penggunaan :
Cuci daun hingga bersih. Rebus hingga mendidih. Dinginkan dan gunakan air rebusan untuk cuci mata, lakukan 3 x 1 hari sampai sembuh.

MENGHILANGKAN BAU BADAN AKIBAT KERINGAT BERLEBIH

Bahan :
1. Daun Sirih 17 lembar
2. Air 4 gelas
3. Garam 1 sendok teh

Cara penggunaan :

Cuci daun hingga bersih. Tambahkan air dan garam. Didihkan dan angkat jika airnya kira-kira tersisa 2 gelas, dinginkan ramuan sebelum disaring. Minum bersama 1 sendok makan madu 2 x 1 hari.

 

Demikian berbagai manfaat Daun Sirih untuk kesehatan yang bisa disajikan di blog Coretan Dari Desa. Semoga memberikan kemanfaatan bagi semua terutama yang membutuhkan.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

14 Komentar

  1. Pengen nyoba buat yang menghilangkan bau badan. Secara di rumah banyak banget daun sirih yang bisa dimanfaatkan. Selama ini dipakai cuma buat gigi doang

    1. Bisa dicoba mbak

  2. Impian banget punya tanaman sirih ini.
    Sepertinya mudah yaa…menanamnya.
    Dan manfaatnya sungguh luarbiasa untuk kehidupan sehari-hari.

    1. Sirih gk terlalu suka panas-panas

  3. Di kampung sudah jarang lihat orang ngunyah daun sirih, padahal sehat ya Mbak. Melestarikan budaya juga. Anak-anak muda ada yang mau ga ya lanjutin? hehe.

    1. Kebanyakan jijik melihat orang ngunyah sirih

  4. Memang buanyak manfaat sirih ya Mbak. Dulu pas di Bogor ada keluarga yang kena penyakit kulit karena serangga atau virus gitu ya, mandinya pakai rebusan daun sirih. Alhamdulillah cocok. Buat sakit mata juga cocok. Jadi pengin nanam, belum dapat benihnya.

    1. Setauku nanamnya gak pakai benih, ngambil batang yang berakar terus ditanam

  5. Masya Allah..banyak sekali yaa manfaat daun sirih ini. Saya tahunya tuh buat menjaga kebersihan aja. Ternyata bisa mengobati dan meredakan batuk serta Asma.

    1. Selain yg ditulis diatas, sebenarnya ada banyak manfaat lainnya

  6. yg dikunyah bareng pinang itu jadi inget tetangga. sekarang gimana ya mbah itu dpt bahan2nya, emg masih pd jual apa, bahan aneh2 gitu?
    trus ada jg kan mahasiswa yg bikin hand sanitizer dari konsentrat sirih. emang luar biasa alam Indonesia!

    1. Klo di kampung masih banyak kok yg jual. Ngambil sendiri dari alam juga bisa

  7. Iya … sirih bisa membunuh kuman. Dari dulu orang-orang tua banyak yang membicarakan maanfaat daun sirih. Orang tua saya juga memelihara tanaman sirih di rumah, dan ada saja tetangga atau orang lain yang mampir ke rumah untuk minta daunnya.

    1. Tanaman herbal ini emang banyak manfaatnya, penggunaan juga mudah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *