DIBALIK KEMERIAHAN JALAN SEHAT PERINGATAN HUT RI 74 DESA PUCANGRO

Gegap gembita kemeriahan HUT RI 74 sudah terasa di awal Agustus 2019 ini. Karang Taruna Dwi Mulya Desa Pucangro beserta Panitia HUT RI 74 Desa Pucangro Kecamatan Kalitengah Kabupaten Lamongan menggelar kegiatan Jalan Sehat peringatan HUT RI pada Minggu pagi 14 Agustus 2019 dengan mengambil start dan finis di Kantor PKK sebelahnya Pasar Wage Desa Pucangro.

Jalan sehat peringatan HUT RI
Peserta jalan sehat peringatan HUT RI

Pada kegiatan ini, saya berkesempatan untuk menjadi salah satu tim panitia. Bersama dengan para pemuda pemudi desa yang memiliki dedikasi tinggi buat kemajuan desa, kami mempersiapkan segala sesuatunya. Persiapannya sendiri sudah dilakukan sekitar 2 minggu sebelumnya.

Panitia dibagi-bagi berdasarkan divisi masing-masing. Semua saling bekerja sama dan membantu. Memang ada banyak permasalahan juga yang menghadang. Namun semua masih dalam skala yang wajar. Karena dalam setiap kegiatan terutama yang berhubungan dengan orang banyak adalah hal yang wajar jika ada perselisihan dan juga hambatan. Hambatan yang paling utama tentunya adalah masalah keuangan.

Baca Juga : Kemeriahan Karnaval HUT RI Desa Pucangro

Syukur alhamdulillah semua kerja keras panitia terbayar sudah. Kegiatan jalan sehat peringatan HUT RI 74 Desa Pucangro berlangsung dengan meriah. Ratusan warga masyarakat Desa Pucangro ikut berpartisipasi dalam kegiatan jalan sehat ini. Mulai dari anak-anak, para pemuda, Bapak-Bapak hingga ibu-ibu tampak semangat mengikuti rangkaian kegiatan jalan sehat HUT RI 74.

Meskipun ada keterlambatan jadwal dimulainya acara karena listrik yang padam, namun berkat kesigapan panitia acara terus berjalan sesuai rencana. Panitia sejak subuh sudah mencari pinjaman ganset untuk alternatif sumber listrik. Sempat berkali-kali ganti ganset karena tenaga ya kurang mencukupi, namun akhirnya bisa menemukan daya ganset yang pas.

Acara jalan sehat peringatan HUT RI 74 Desa Pucangro dimulai dengan senam Purwosi bersama sama. Senam Purwosi digawangi oleh tim PKK Desa Pucangro dan diikuti oleh seluruh peserta. Setelah itu dilanjutkan dengan sambutan-sambutan oleh ketua panitia dan juga perwakilan desa. Pasca sambutan langsung dilakukan pemberangkatan Jalan Sehat yang dilakukan oleh ketua BPD Desa Pucangro. Kepala Desa berhalangan hadir karena sedang di luar kota.

Pada kegiatan jalan sehat kali ini, masyarakat diajak untuk berjalan kaki menyusuri jalan-jalan di desa Pucangro. Raut semangat dan antusias terlihat jelas di wajah-wajah peserta jalan sehat. Kalau biasany anak-anak, remaja dan orang tua lebih suka naik sepeda pancal atau sepeda motor saat menyusuri jalanan desa, di pagi hari itu mereka semua berjalan kaki menyehatkan badan.

Ucapan syukur terucap karena kegiatan jalan sehat berjalan lancar dan sukses. Segala persiapan yang telah dilakukan jauh-jauh hari sebelumnya tidak sia-sia. Kesuksesan ini tentunya tak lepas dari peran serta seluruh warga masyarakat. Antusias dan partisipasi masyarakat teramat besar.

Kegiatan jalan sehat tahun yang diselenggarakan oleh Karang Taruna Dwi Mulya Desa Pucangro menyediakan ratusan hadiah menarik bagi peserta yang mengikutinya. Di antaranya ada hadiah utama berupa mesin cuci, sepeda BMX, TV, kipas angin, magic com dan ratusan hadiah hiburan lainnya. Hadiahnya sendiri diundi di akhir acara. Sebelumnya ada kupon senilai 2 ribu rupiah yang harus dibeli peserta untuk ditukar dengan undian berhadiah.

Tujuan diselenggarakannya acara jalan sehat tersebut, selain untuk memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74, juga diharapkan dapat menyatukan seluruh warga desa Pucangro agar semakin kuat rasa persaudaraannya, terutama para pemuda dan pemudi.  Adanya suksesi kepemimpinan di bulan depan tidak akan menghalangi langkah dan niat untuk menyambung rasa kebersamaan.

Sebagian tim panitia penyelenggara jalan sehat HUT RI 74 Desa Pucangro

Perlu dipahami, dibalik kesuksesan sebuah acara, ada orang-orang hebat yang bekerja keras dan pantang menyerah. Segala hambatan dan pertentangan yang melanda terbayar lunas setelah acara usai. Pastinya Ada senyum kebanggaan dan binar kebahagian yang tercipta. Terima kasih buat segenap tim panitia dan juga masyarakat Desa Pucangro yang bekerja sama mensukseskan acara ini.

Kira-kira tahun depan perlu ada lagi gak yang seperti ini ?

2 Comments

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!