Kesehatan

Kenali 5 Gangguan Kepribadian Yang Bisa Terjadi

Gangguan kepribadian menjadi salah satu permasalahan yang terjadi di masyarakat. Personality disorder atau Gangguan kepribadian adalah suatu kondisi yang menyebabkan seseorang memiliki pola pikir dan perilaku yang tidak sehat dan berbeda dari orang lain. Gangguan ini menyebabkan seseorang mengalami masalah dalam lingkungan sosial.

Kepribadian manusia sangat unik. Kepribadian merupakan gabungan yang unik dari watak, gaya perilaku dan pola yang membentuk karakter. Kepribadian seseorang dapat mempengaruhi bagaimana dia melihat dunia, perilaku, pikiran, serta perasaan. Gangguan dalam kepribadian dapat memengaruhi seseorang dalam berpikir, merasa, atau bertindak. Tidak jarang hubungan antara penderita gangguan kepribadian dengan orang lain di lingkungan rumah, sekolah, bisnis, atau pekerjaan menjadi terhambat.

Sumber dan penyebab gangguan kepribadian hingga sekarang masih menjadi sebuah kontroversi. Banyak yang menyebutkan bahwa pola gangguan ini terbentuk dari lingkungan sosial yang tidak mendukung pertumbuhan dan perkembangan seseorang. Ada juga yang menyebutkan bahwa gangguan kepribadian disebabkan oleh kombinasi dari situasi di lingkungan dengan faktor keturunan. Gen yang diwariskan dari orang tua berpengaruh pada gangguan kepribadian, sedangkan keadaan lingkungan berpotensi memicu perkembangan gangguan tersebut.

Kasus gangguan kepribadian umumnya dimulai pada usia remaja dan saat memasuki usia dewasa. Untuk mengetahui berbagai jenis gangguan kepribadian yang mungkin terjadi di sekitar kita, blog Coretan Dari Desa Ala Munasya akan menjabarkan 5 diantaranya :

1. Gangguan Kepribadian Ambang

Penderita gangguan kepribadian ambang biasanya memiliki emosi yang tidak stabil. Rasa amarah, sedih dan cemas bisa tiba-tiba berubah dengan cepat. Mereka memiliki dorongan untuk menyakiti diri sendiri, misalnya dengan meminum banyak alkohol,penyalahgunaan obat-obatan, menyetir ugal-ugalan atau melakukan seks bebas. Penderita gangguan ini juga merasa kesulitan untuk berinteraksi dengan orang lain. Mereka merasa tidak dianggap baik dalam lingkungan keluarga maupun di masyarakat.

2. Gangguan Kepribadian Histrionik

Seseorang yang memiliki gangguan kepribadian histrionik memiliki keinginan kuat untuk diperhatikan. Orang yang menderita gangguan ini biasanya terlalu mencemaskan penampilan, cenderung dramatis dalam berbicara, dan selalu mencari perhatian dari banyak orang. Saat menjalin hubungan pertemanan atau hubungan khusus, penderita gangguan ini akan menganggap hubungan tersebut sangat erat, meskipun orang lain menganggapnya biasa saja.

Gangguan kepribadian

Penderita gangguan kepribadian Histrionik mungkin memiliki kemampuan sosial yang baik, namun mereka cenderung menggunakannya untuk membuat diri mereka menjadi pusat perhatian. Kekhawatiran terhadap penampilan mereka cenderung berlebihan sehingga sengaja berpakaian mencolok untuk menarik perhatian orang lain.

3. Gangguan Kepribadian Narsistik

Orang yang menderita gangguan ini memiliki keyakinan tinggi bahwa dirinya lebih istimewa dibandingkan orang lain. Dia cenderung arogan dan terus-menerus mengharapkan pujian dari orang lain dengan membanggakan dan melebih-lebihkan prestasi yang dicapai. Ketika merasa ada orang lain yang lebih unggul daripada dirinya, penderita gangguan kepribadian narsistik akan merasa sangat iri.

Pemilik gangguan kepribadian narsistik juga memiliki perasaan yang mudah tersinggung sehingga mudah sekali merasakan depresi ketika mereka di kritik oleh orang lain. Walaupun memiliki tingkat kepercayaan diri yang tinggi, penderita selalu merasa tidak aman, sensitif, dan bisa mengamuk ketika dikritik.

4. Gangguan Kepribadian Skizotipal

Mereka yang memiliki gangguan kepribadian skizotipal memiliki kepercayaan yang berbeda dengan orang lain dan cenderung aneh. Contoh kasus gangguan kepribadian Skizotipal adalah seorang yang merasa bisa membaca pikiran orang lain, padahal itu hanya halusinasinya saja. Atau orang yang sangat mempercayai takhayul juga masuk dalam kategori gangguan ini.

Biasanya penderita gangguan ini memiliki pemikiran sendiri akan suatu hal meskipun hal tersebut tidak wajar atau menyimpang dari norma sosial dan lingkungan sekitar. Mereka juga tidak bereaksi terhadap sesuatu yang membuat kebanyakan orang merasa emosional dan kadang meragukan atau selalu merasa curiga dengan orang lain. Seseorang dengan gangguan kepribadian skizotipal dapat merasa sangat cemas saat berada di sekitar orang-orang selain keluarganya sendiri dan lebih memilih untuk sendirian.

Baca juga : Penyakit Orang tua Lanjut Usia

5. Gangguan Kepribadian Antisosial

Penderita gangguan kepribadian antisosial kerap mengabaikan norma sosial yang berlaku dan mereka tidak memiliki rasa simpati terhadap orang lain. Penderita cenderung menyalahkan orang lain atas masalah yang terjadi dalam hidup mereka dan dapat membuat marah, menipu, atau memperlakukan orang lain dengan buruk untuk mendapatkan apa yang diinginkan.

Gangguan Kepribadian antisosial membuat penderitanya tidak merasa menyesal ketika melukai orang lain, dan juga rentan terhadap penyalahgunaan obat-obatan serta alkohol.

Gangguan kepribadian adalah

Pengobatan Gangguan Kepribadian

Seseorang yang mengidap gangguan-gangguan kepribadian diatas, fisiknya terlihat sehat, namun mentalnya tidak demikian. Jika anda, keluarga anda atau orang terdekat anda terlihat muncul gejala-gejala yang dijabarkan diatas, segera periksakan dan diskusikan masalah tersebut ke dokter di rumah sakit terdekat. Berhubung sekarang serangan pandemi belum mereda, Anda bisa menggunakan aplikasi halodoc untuk berkonsultasi mengenai gangguan kesehatan yang dialami.

Tidak perlu langsung pergi ke rumah sakit, cukup dirumah sambil membuka aplikasinya. Di aplikasi tersebut tersedia banyak sekali  dokter dan psikolog terpercaya yang bisa membantu menghadapi berbagai gangguan kesehatan termasuk gangguan kepribadian. Gak perlu antri berjam-jam untuk berkonsultasi dengan dokter ahli, karena ada para psikolog yang online dan siap membantu permasalahan anda.

Aplikasi Halodoc berisi fitur-fitur yang dapat membantu penggunanya mendapatkan pelayanan medis 24 Jam. Chat, panggilan suara atau panggilan video dapat dilakukan dengan dokter di Halodoc. Pembelian kebutuhan medis dan obat-obatan juga bisa dilakukan melalui aplikasinya. Kalau mau baca-baca dan nyari referensi, didalam artikel-artikel kesehatan tersaji dengan rapi. Jadwal praktek dokter seperti Jadwal Lengkap Dokter Spesialis Anak bisa dilihat juga. Pokoknya lengkap banget.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

5 Komentar

  1. menjadi pusat perhatian
    bukan saya banget ini mah

    1. Terus gimana dong …..

  2. Wah ngeri juga jika mendapat gangguan kepribadian seperti itu. Jadi gampang marah hingga melukai orang lain.

    1. Namanya juga gangguan

  3. Noted mbak. Penting banget ini. Makin ke sini makin sering ketemu kasus mental illness soalnya. Makasih infonya yaa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *