Kesehatan

Lakukan Rapid Test Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona!

Lakukan Rapid Test Untuk Cegah Penyebaran Virus Corona – Bukan hal yang baru lagi tentunya bagi Anda jika wabah virus Corona ini kian lama semakin tak terkendali. Khususnya di Indonesia sendiri belakangan tercatat Angka pertambahan positif Corona juga semakin besar, bahkan lebih dari 2 ribu dalam satu hari setelah menerapkan kebijakan new normal ini.

Kondisi semacam ini tentunya sangat mengkhawatirkan bukan, apalagi penyakit yang satu ini termasuk dalam masalah kesehatan yang berbahaya dan telah menelan banyak korban jiwa. Efek Corona ini telah terasa di berbagai bidang. Efek virus Corona di bidang pendidikan hanya salah satu diantaranya. Di bidang lainnya juga sangat berpengaruh. Oleh karena itu semakin banyak instansi yang menerapkan layanan rapid test bagi para pegawainya.

Corona di bidang pendidikan

Memang salah satu cara yang banyak ditempuh untuk melihat kemungkinan seseorang terjangkit Covid 19 ataukah tidak ini adalah dengan metode rapid test. Apalagi dari segi biayanya juga terbilang murah. Meskipun jika dilihat dari segi hasilnya sendiri juga tidak menjamin 100 persen akan valid. Namun memang sangat penting, apalagi bagi mereka yang pekerjaannya juga menuntut untuk berpindah-pindah tempat dinas atau senantiasa melakukan perjalanan. Itulah mengapa harus ada surat yang menyatakan negatif virus Corona dengan rapid test ini sehingga akses bisa lebih leluasa nantinya.

Sudah banyak diantara rumah sakit atau fasilitas kesehatan yang nyatanya juga mulai menawarkan rapid test ini. sehingga nantinya Anda juga tidak perlu khawatir dalam menggunakan layanan Rapid test ini. Mengingat dilihat dari segi biayanya sendiri juga terbilang cukup murah dengan kebijakan yang dibuat oleh pemerintah baru-baru ini. Setidaknya rapid test sedini mungkin juga akan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan jika seandainya penyakit tersebut sudah menyerang Anda seperti diantaranya adalah pertolongan terlambat atau menularkan kepada orang lain di rumah.

Jika melihat dari segi biayanya sendiri bahkan aturan baru jauh lebih murah mulai dari angka 150 ribu rupiah saja perorang. Sehingga tak perlu khawatir nantinya kantong Anda jebol karena mengikuti hal ini. Masyarakat desa maupun kota hendaknya melakukan rapd rest sedini mungkin untuk menghindari penyebaran virus Corona. 

Rapid test
Pelaksanaan Rapid test di fasilitas umum

Ingatlah bahwa penyakit Covid 19 ini sangatlah berbahaya karena bisa menyebabkan:

  1. Peneumonia, penyakit yang satu ini menyebabkan peradangan pada paru-paru sehingga penderitanya akan kesulitan untuk bernapas. Bahkan dalam kondisi yang lebih parah nantinya paru-paru akan terisi oleh cairan layaknya nanah, kotoran sel sampai dengan darah.
  2. Gagal napas akut, ketika tubuh tak menerima cukup oksigen disebabkan oleh masalah pada paru-paru besar kemungkinan pasien juga akan mengalami gagal napas akut. Karena tubuh tidak dapat membuang karbondioksida yang ada di dalam.
  3. ARDS, komplikasi yang satu ini akan memicu kerusakan paru-paru yang cukup parah, karena organ respirasi tersebut penuh terisi oleh cairan. Jadi nantinya oksigen akan sulit masuk. Penderita hanya bisa bernapas dibantu oleh ventilator.
  4. Kerusakan jantung, tak hanya paru-paru saja, melainkan penyakit ini nyatanya juga bisa bertambah buruk menyebabkan komplikasi ke organ jantung, mulai dari aritmia sampai dengan peradangan yang terjadi pada otot jantung.
  5. Kerusakan hati, sangat mungkin juga nantinya Covid 19 akan memicu masalah kesehatan berupa kerusakan hati, apalagi ketika kondisinya sudah begitu parah.
  6. Infeksi sekunder, yaitu infeksi-infeksi lain yang terkadang juga menyertai, misalnya adalah lebih rentan terinfeksi oleh bakteri streptococcus sehingga menyebabkan penyakit lain yang tak kalah berbahaya.

Baca juga : Stop Konsumsi Antibiotik Untuk Semua Penyakit!

Oleh karena itu jangan sepelekan wabah yang satu ini, ada baiknya sebagai langkah pencegahan segera lakukan layanan rapid test. Anda bisa melakukannya di rumah dengan menghubungi pihak medis untuk datang ke rumah, seperti diantaranya dari Aido Health. 

 

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *