Kesehatan

Berikut Ini Manfaat Senam Aerobik Yang Harus Anda Ketahui

Berikut Manfaat Senam  Aerobik Yang Harus Anda Ketahui. Salah satu jenis olahraga yang populer di masyarakat Indonesia saat ini adalah senam aerobik. Senam aerobik merupakan serangkaian gerakan yang dilakukan beriringan dengan irama musik yang dilakukan dalam durasi waktu tertentu. Banyak orang yang melakukan senam aerobik dengan tujuan untuk menurunkan berat badan. Padahal, senam aerobik ini merupakan olahraga yang menitikberatkan pada meningkatkan fungsi jantung serta pernapasan.

Sebenarnya banyak manfaat lainnya dari senam aerobik ini. Oleh karena itu, pada postingan kali ini akan membahas tentang manfaat senam aerobik sebagai berikut ini :

1. Memperlancar Proses Persalinan

Salah satu manfaat senam aerobik adalah untuk memperlancar proses persalinan. Nah, bagi anda yang sedang hamil, dengan melakukan senam aerobik secara rutin ternyata bisa melatih kekuatan dan elastisitas otot perut dan vagina sehingga proses persalinan pun akan berjalan lebih lancar. Supaya kehamilan anda tetap aman, pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan senam aerobik dan bergabung dengan kelas aerobik khusus ibu hamil.

Baca juga : Posisi Tidur Yang Baik Untuk Ibu Hamil Muda

2. Mengontrol Kadar Gula Dalam Tubuh

Manfaat senam aerobik selanjutnya adalah dapat mengontrol kadar gula dalam tubuh. Karena gerakan-gerakan yang energik dalam senam aerobik mampu membakar kalori dengan cepat. Salah satu sumber kalori berasal dari gula, sehingga senam aerobik bisa membantu menyeimbangkan kadar gula dengan baik. Bahkan, ada sebuah studi yang dilakukan oleh Lousiana State University menunjukkan bahwa partisipan yang rutin melakukan senam aerobik dan angkat beban akan mengalami penurunan kadar glukosa dengan HbA1 menurun dari 7,7% ke 7,3%.

3. Panjang Umur

Dalam hal ini, ada sebuah penelitian menyatakan bahwa orang yang rutin melakukan olahraga maka akan mendapatkan umur yang lebih panjang dibandingkan dengan orang yang jarang/tidak pernah olahraga. Jadi, dengan melakukan senam aerobik akan memiliki potensi memiliki umur panjang. Karena kesehatan yang terjaga merupakan salah satu kunci untuk hidup lebih lama.

4. Meningkatkan Stamina

Walaupun yang namanya olahraga itu melelahkan, namun melakukan olahraga secara rutin bisa meningkatkan stamina anda. Begitu pun dengan melakukan senam aerobik, dimana senam aerobik ini dapat meningkatkan stamina dan membuat anda lebih bertenaga serta tidak mudah lelah saat beraktivitas.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat senam aerobik

Manfaat senam aerobik berikutnya adalah dapat meningkatkan imunitas tubuh. Jadi, dengan semakin meningkatnya sistem imun tubuh akan membuat anda tidak mudah terserang berbagai macam bakteri dan virus sehingga anda tidak mudah sakit.

6. Mencegah Berbagai Penyakit Kronis

Manfaat dari senam aerobik ini ternyata bisa menghindarkan anda dari berbagai macam penyakit kronis. Dimana senam aerobik ini dapat menurunkan kolesterol dan mencegah hipertensi. Artinya, anda juga bisa terhindar dari berbagai penyakit berbahaya seperti stroke dan gagal jantung.

7. Menjaga Sistem Pernapasan

Orang yang jarang/tidak pernah berolahraga tentunya akan lebih mudah kehabisan napas dibandingkan dengan orang yang rutin melakukan olahraga. Nah, dengan melakukan senam aerobik secara rutin bisa melatih sistem pernapasan anda supaya tidak mudah kehabisan napas ketika melakukan berbagai aktivitas sehari-hari.

8. Meningkatkan Fungsi Jantung

Manfaat senam aerobik yang terakhir adalah untuk meningkatkan fungsi jantung. Karena memang tujuan utama dari senam aerobik ini adalah untuk meningkatkan denyut jantung. Jadi, dengan melatih jantung dengan melakukan senam aerobik secara rutin bisa membuat irama jantung anda stabil.

Itulah beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan dari senam aerobik. Nah, supaya tubuh anda selalu sehat mulai dari sekarang yuk lakukan senam aerobik secara rutin.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *