Pengolahan Sayur Bayam Yang Benar Supaya Tidak Keracunan

Bayam yang diolah menjadi sayur banyak disukai orang. Kandungan gizinya yang tinggi dan ditunjang dengan harganya yang relatif murah, membuat sayur bayam sangat merakyat. Pengolahan sayur bayam yang benar memberikan banyak manfaat bagi orang yang mengkonsumsinya. Sebaliknya pengolahan sayur bayam yang tidak benar akan sangat merugikan. Bisa-bisa kita keracunan pasca menikmatinya.

Kelemahan sayur bayam terletak pada proses pengolahannya. Pengolahan yang tidak benar akan memberikan efek negatif pada tubuh. Yang paling berbahaya adalah efek keracunan dan bisa menimbulkan kematian.

Manfaat daun bayam
Daun bayam

Pengolahan Sayur Bayam Yang Benar

Bayam yang berwarna hijau tidak hanya menarik bagi mata, namun juga kaya nutrisi tinggi. Kandungan gizi daun bayam bermanfaat bagi tubuh sebagai sumber energi, kesehatan kulit, keseimbangan hormon, kekuatan tulang, hingga melawan penyakit berbahaya. Setelah sebelumnya saya sudah menulis manfaat daun bayam untuk kesehatan dan kecantikan. Berikut ini akan diulas Pengolahan Sayur Bayam Yang Benar Supaya Tidak Keracunan.

Berikut ini ulasannya :

1. Pilih Bayam Yang Segar dan Cuci Hingga bersih

Saat ingin memasak sayur bayam, pilihlah daun bayam yang masih segar. Dalam arti tidak ada bagian yang layu, kering ataupun busuk. Sebelum diolah, jangan lupa memotong daun dan batangnya lalu cuci di bawah air yang mengalir. Bersihkan sela-sela daun dan batangnya hingga benar-benar bersih supaya terhindar dari parasit.

Segera lakukan pengolahan bayam setelah dibeli agar rasanya tetap segar. Jika tidak langsung dimasak, buang bagian akarnya dan masukkan bayam ke dalam plastik serta simpan di lemari es tanpa perlu dicuci terlebih dahulu. Bayam akan lebih mudah busuk jika disimpan dalam keadaan basah. Jangan menyimpan bayam terlalu lama di lemari es. Sebab kandungan nitritnya akan meningkat lebih cepat saat disimpan. Nitrit ini adalah bahan yang berbahaya untuk tubuh.

2. Jangan Terlalu Lama Di Atas Kompor

Sama seperti sayur pada umumnya, pada saat memasak sayur bayam, tidak boleh terlalu lama karena dapat menghilangkan nutrisi penting yang terdapat didalamnya. Sayur Bayam mengandung banyak kandungan antioksidan, vitamin (A, K, C, Folat), mineral (besi, mangan) dan serat. Nutrisi penting ini sayangnya cepat rusak, oleh karena itu sebaiknya memilih bayam yang masih segar dan jangan memasaknya terlalu lama.

Sayur Bayam bisa matang hanya dengan pemanasan selama 1 menit saja. Pemanasan yang lebih dari 4 menit justru membuat bayam kehilangan sebagian dari asam folatnya. Supaya terhindar dari parasit, pastikan untuk mencuci bayam sebersih mungkin sebelum dimasak.

3. Sebaiknya Tidak Dipanaskan Ulang

Memanaskan ulang sayur bayam merupakan sebuah larangan mutlak. Jika sayur bayam dipanaskan berulang-ulang maka yang terjadi adalah efek toksisitas bagi tubuh. Daun bayam yang sudah dikasak mengandung senyawa nitrat. Kandungan nitrat yang di panaskan akan mengikat oksigen dari sekitar area dan berubah menjadi senyawa nitrit. Senyawa nitrit inilah yang menimbulkan efek toksisitas bagi tubuh.

Nitrit yang masuk kedalam tubuh orang yang mengkonsumsinya dapat membuat hemoglobin darah berubah menjadi methemoglobin. Jika Hemoglobin darah yang berubah menjadi methemoglobin lebih dari 40 %, maka efeknya akan membuat pingsan orang yang mengkonsumsi. Jika pingsan lumayan lama, aliran oksigen ke otak menjadi berkurang, dan tentunya jika otak kekurangan oksigen akan mengakibatkan kerusakan otak. Anda tentu tidak mau terjadi yang demikian kan???

Pengolahan sayur bayam yang benar
Sayur bayam yang telah diolah
4. Dilarang Mengkonsumsi Setelah 5 Jam

Sayur Bayam harus segera dikonsumsi setelah matang dan tidak boleh didiamkan terlalu lama. Buanglah sajian sayur bayam setelah 5 jam dimasak. Lebih dari itu sudah tidak boleh dikinsumsi lagi karena beberapa senyawa pada bayam akan rusak jika terkena oksigen. Oleh karena itu, bayam yang sudah dimasak harus segara dimakan sebelum lima jam.

Baca juga : Cara Membuka Usaha Kuliner Supaya Cepat Sukses

5. Hindari Memasak Sayur Bayam Dengan Panci Aluminium

Jika ingin memasak sayur bayam, hindari menggunakan panci aluminium. Daun Bayam banyak sekali mengandung zat besi dan itu tidak bagus jika disandingkan dengan aluminium. Aluminium ini bisa menghasilkan racun karena zat dalam aluminium dapat bereaksi dengan zat besi yang terkandung di dalam bayam. Untuk memasak sayur bayam gunakan panci stainless steel saja.

Efek Samping Bayam

Manfaat daun bayam memang cukup baik bagi tubuh manusia. Beberapa penelitian telah memberikan bukti mengenai khasiat bayam dalam membantu menjaga kesehatan tubuh manusia. Bayam memiliki kandungan asam oksalat yang tinggi. Bayam juga memiliki serat yang cukup tinggi. Hati-hati jika terlalu banyak dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti kembung, perut bergas dan kram.

Demikian cara pengolahan sayur bayam yang benar, semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkan.

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!