BERTEMU BLOGGER HEBAT BIKIN NGEBLOG MAKIN SEMANGAT

Awal mula saya mengenal blog sekitar tahun 2010. Saat itu saya juga baru mengenal yang namanya Internet, maklum orang desa jadinya sarana prasarana teknologi ketinggalan jauh dengan masyarakat kota. Penggunaan Internet saya manfaatkan untuk mencari berbagai informasi dan juga kabar berita terbaru.

Tahun 2011 saya kepikiran untuk membuat blog dan merealisasikannya agar bisa membagikan berbagai informasi yang saya punya dan nantinya dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang membutuhkan. Tak tanggung-tanggung saya langsung membuat dua blog sekaligus tentunya yang gratisan. Satunya pakai blogspot dan satunya WordPress.

Karena keterbatasan pengetahuan dan pemahaman saya, isi dari kedua blog ini awalnya sama baik judul maupun isinya. Namun karena adanya sedikit kemalasan isinya kemudian saya buat berbeda, kadang saya posting di blogspot kadang juga posting di wordpress. Rentang waktunya juga lama. Dalam satu bulan paling hanya posting satu judul saja. Kadang malah berbulan-bulan tidak posting sama sekali. Waktu itu saya hanya ingin mengisi blog saya dengan hal-hal yang saya ketahui dan dapat dibaca orang tanpa mempedulikan SEO, aturan Google atau hal-hal lainnya. 

Baca : Alasan Mengapa Menulis Itu Penting

Sampai akhirnya awal tahun 2016, saya membaca sebuah undangan Kopdar Blogger di timeline Facebook. Syarat keikutsertaannya simpel, yakni hanya memiliki blog saja. Karena waktunya pas dan saya juga tertarik dengan acara ini, sayapun mendaftar. Alhamdulillah diterima dan diperkenankan untuk mengikutinya.

Ini para blogger Jawa Timur yang sangat menginspirasi

Pada tanggal yang ditentukan, sayapun berangkat mengikuti Kopdar ini. Kopdar ini diadakan oleh Kapolda Jawa Timur bersama Blogger PLAT-M dan Netizen Jawa Timur. Di lokasi Kopdar saya bertemu dengan banyak orang dari berbagai daerah di Jawa Timur yang kesemuanya adalah blogger-blogger hebat. Walaupun pesertanya tidak satupun yang saya kenal sebelumnya, namun saya tetap enjoy dan menikmati acaranya. Di sanalah saya bisa berkenalan dan berbincang hangat dengan para Blogger lain untuk pertama kalinya.

Ada banyak pengalaman dan pengetahuan baru yang saya dapat pasca bertemu dengan para Blogger hebat di acara Kopdar bertitel Along Polong Netizen ini.  Para Blogger hebat tersebut telah menggugah semangat saya dalam ngeblog. Ternyata selama ini saya benar-benar kurang update terhadap informasi dan perkembangan di dunia maya. Saya jadi menertawakan diri sendiri karena kebodohan dan ketertinggalan saya selama ini. Sayapun mulai mencari tahu tentang serba-serbi ngeblog dan menemukan berbagai fakta menarik yang sebelumnya tidak pernah saya ketahui.

Sebelumnya saya tidak pernah tahu kalau menulis di blog itu bisa menghasilkan uang. Saya tidak tahu apa itu google adsense, job placement dan sebagainya yang ternyata bisa menambah saldo tabungan. Bagi saya menulis adalah sebuah hobi dan menjadi kesenangan tersendiri, apa yang aku fikirkan dan rasakan itulah yang saya tuliskan dan bagikan di blog. Namun pasca bertemu dengan para Blogger hebat tersebut saya baru tahu fakta ini dan berniat mempelajarinya.

Ngeblog juga banyak sisi positifnya, disamping bisa menyalurkan hobi menulis, ngeblog juga bisa menambah wawasan, ketrampilan, pengalaman dan juga menambah teman-teman baru. Dengan ngeblog, kita bisa mengasah kemampuan kita dalam hal menulis, membaca dan berbahasa. Pokoknya banyak sekali manfaat ngeblog dan saya baru menyadarinya pasca bertemu para Blogger.

Saya baru menyadari kalau 2 blog yang saya kelola ternyata tampilannya jelak dan memprihatinkan. Keadaannya juga jauh dari kesan professional, berbeda dengan blog-blog kebanyakan. Saya jadi malu sendiri sehingga ingin merubahnya. Berbekal panduan dan informasi dari internet, sayapun merubah tampilan blog saya dan menambahkan berbagai elemen pendukung seperti google analytics, webmasters dan lain-lain.

Agar terkesan mandiri dan profesional, saya kepikiran untuk membuat blog dengan nama sendiri tanpa embel-embel blogspot dot com atau wordpress dot com. Tepat setahun yang lalu, di awal bulan Mei saya bisa membeli domain munasya.com ini dan hostingnya sekaligus. Salah satu blog saya yang berbasis WordPress saya ekspor ke domain baru ini. Dengan adanya domain sendiri ini, semangat ngeblog saya benar-benar bangkit. Sampai sekarang nulis di blog jadi keterusan dan jadi kesenangan tersendiri. Saat selesai menulis dan posting di blog ada kepuasan tersendiri di dalam hati dan entah mengapa terselip rasa bangga dan bahagia luar biasa.

 

Semenjak Kopdar pertama saya dengan para Blogger, sayapun ketagihan untuk berkumpul dan bertemu dengan para Blogger lainnya. Jika waktunya pas dan tempatnya mudah dijangkau, saya selalu ikut jika ada kegiatan Kopdar Blogger. Di Kabupaten Lamongan tempat saya tinggal, tidak pernah ada Kopdar untuk para Blogger. Adanya di luar kota Lamongan, seperti Bojonegoro dan Surabaya. Sehingga harus disesuaikan waktu dan juga jaraknya. Saya juga bergabung dalam komunitas para Blogger agar menambah khazanah pengetahuan dan juga menambah banyak teman baru. Komunitas Blogger ini juga sering mengadakan Kopdar sehingga saya bisa mengikutinya. 

Baca juga : Kopdar Dengan Blogger Cantik

Dalam setiap kegiatan Kopdar Blogger, saya pasti bertemu dengan para Blogger hebat yang sudah menorehkan berbagai prestasi dan mempunyai banyak pengalaman luar biasa berkat blognya. Disitulah saya merasa iri dan ingin seperti mereka. Pada akhirnya hal ini menambah semangat saya dalam ngeblog. Kopdar Blogger selalu menjadi best moment dalam aktivitas ngeblog saya.

“Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog ulang tahun ke-6 tahun Warung Blogger”

29 Comments

Silahkan tinggalkan komentar, saran atau pertanyaan di bawah ini

error: Content is protected !!