Coret-coret

Dapat Uang Hasil Ngeblog Pertama Kali

Dapat Uang Hasil Ngeblog Pertama Kali – Dulu saya tidak pernah membayangkan bisa mendapatkan uang hanya dari rumah saja lebih-lebih mendapatkannya dari hobi yang saya tekuni. Bayangan saya dulu adalah selepas kuliah mencari kerja atau bekerja di kantoran, di pabrik atau di di instansi pemerintahan seperti jurusan kuliah Ilmu politik yang saya jalankan. Untuk mewujudkannya saya kemudian mencari kerja di berbagai tempat dan memasukkan banyak sekali lamaran. Saya pernah juga beberapa kali mendaftar menjadi CPNS tapi gak satupun yang lolos.

Batiqa Hotel Surabaya

Pekerjaan formal yang saya tekuni terakhir adalah sebagai sarjana penggerak pendidikan perdesaan yang dinaungi oleh kemenpora. Waktu itu saya ditugaskan di Malang dan mendapatkan gaji setiap bulan. Selepas kontrak selama 3 tahun, saya kemudian nganggur dan mulai berpikir untuk mencari cari pekerjaan lainnya. Memang sih di rumah sudah punya usaha sendiri bernama Wartel, tapi masih ingin mencari pengalaman dan mendapatkan penghasilan lain yang lebih besar. Pekerjaan baru tak kunjung datang.

Sampai akhirnya di beranda Facebookku ada akun yang sedang mencari pemilik blog untuk diajakin suatu acara. Saat itu saya sudah memiliki 3 Blog yang masih gratisan. Blog-Blog itu tujuannya dulu hanya sebagai titipan artikel artikel yang sudah saya tulis dan juga buat memuaskan hobi menulis saya. Karena merasa punya Blog, sayapun mendaftar buat ikutan acaranya. Pemilik akun yang kemudian saya kenal sebagai Om Rey itu menyambut baik dan meminta hadir di tempat pada tanggal yang ditentukan.

Jujur itu pertama kalinya saya berinteraksi via Facebook dan bisa langsung ketemu si dunia nyata. Saya bertemu dengan Mbak Yuni pemilik blog YuniariNukti.com bersama suaminya yakni Om Rey di Polda Jawa Timur. Itulah pertama kalinya saya tahu bahwa ada profesi menulis yang bisa menghasilkan uang dari rumah saja. Di acara itu saya bertemu pertama kali bertemu dengan banyak-banyak blogger di Jawa Timur, bahkan ada tiga diantaranya yang berasal dari Lamongan. Meskipun baru pertama kali dan baru mengenal mereka saya enjoy ajah, saya anggap sebagai proses pembelajaran.

Selama ini saya memang suka menulis. Hasil tulisan sebagian besar saya taruh di blog yang masih gratisan. Tidak pernah tahu tulisan di blog itu bisa menghasilkan uang. Dari Mbak Yuni dan para Blogger lainnya jadi tahu dan kepikiran buat menekuni dunia Blogger sebagai tambahan penghasilan. Pertama kalinya saya mendapatkan uang dari ngeblog adalah dari Mbak Yuni di acara tersebut. Memang acara itu yang handle adalah mbk Yuni dan suaminya. Uangnya dikasih cash setelah acara bubar. Ada rasa bahagia yang terlimpah kala mendapatkannya.

Sesampainya di rumah saya langsung menuliskan apa yang dilakukan selama acara. Pertama kalinya nih mendapatkan uang dari acara seperti ini dan diminta menuliskannya. Saking semangatnya saya sampai menulis di dua Blog berbeda dengan pembahasan yang berbeda juga. Walaupun saat itu blognya masih gratisan namun setidaknya bisa jadi tombak awal untuk terus melanjutkan kesenangan menulis di Blog. Tulisan tentang liputan tersebut bisa dibaca di Blog ini dengan judul Along Polong Netizen Jatim Bersama Kapolda

3 bulan setelah acara bersama di Polda tersebut, saya memantapkan diri buat punya Blog yang berbayar. Pada akhirnya memiliki Blog Munasya Coretan Dari Desa ini sebagai media ngeblog. Karena ini dunia baru saya terus belajar dan belajar tentang seluk beluk ngeblog, berbagai artikel di Internet saya pelajari dan saya praktekkan. Waktu itu masih gak tau mau tanya pada siapa karena belum mengenal secara dekat dengan para Blogger. Jadi belajarnya dari googling.

Sambil belajar saya juga mencari job-job lainnya. Alhamdulillah karena blognya sudah domain sendiri dan tidak lagi berakhiran WordPress jadinya banyak tawaran yang masuk juga. Sampai sekarang ngeblog jadi keterusan dan menjadi salah satu ladang penghasilan. Kalau ditanya berapa penghasilan ngeblog selama ini?, saya tidak bisa menjawab karena saya tidak punya catatan yang bisa mentotal semuanya. Saya baru mulai mencatat di awal tahun ini saja karena buat acuan laporan pajak tahunan.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

1 Komentar

  1. Wah seru ya mbak… Saya dulu ngeblog cuma buat iseng-iseng, akhirnya ketemu mbak Rahmah dan diajakin ke event .. Alhamdulillah.. kita ngga tahu dari arah mana rejeki datang.. semoga berkah untuk semuanya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *