Perjalanan Blog
Coret-coret

Review Perjalanan Blog Munasya.com Tahun 2019

Hari ini kalender telah berganti, saya ucapkan Selamat Tahun Baru 2020 kepada para sahabat semuanya. Seperti di 3 tahun sebelumnya, postingan di awal tahun selalu diisi dengan review perjalanan blog coretan dari desa ini selama setahun. Tujuannya supaya mengetahui pencapaian yang telah didapat selama setahun dan juga kemundurannya. Nantinya akan jadi bahan pembanding supaya bisa lebih baik lagi.

Di awal tahun 2019, saya sudah pernah menuliskan review Blog Munasya selama tahun 2018. Ternyata dari hasil review didapatkan kalau blog munasya.com mengalami beberapa kemajuan dan juga banyak kemunduran. Hasil pendapatan dan juga nila DA PA, blog ini sudah lebih tinggi dari tahun-tahun sebelumnya. DA pernah menyentuh angka 35. Namun dari segi pengunjung blog dan juga prestasi ngeblog mengalami penurunan drastis.

Di Awal Januari 2020 ini, saya ingin mengulas dan membandingkannya untuk perbaikan diri. Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Berikut review perjalanan Blog munasya.com di tahun 2019. Sebagai pelengkap saya tulis juga perbandingannya di tahun 2018

Perjalanan Blog

1. Trafik Kunjungan

Jika di tahun 2018 trafik kunjungan blog sungguh memprihatinkan, yakni rata-rata 400 perhari, di Tahun 2019 malah terjun bebas dan bikin miris hati. Pengunjung rata-rata cuma 200 per hari. Malah pernah menyentuh angka dibawah 50. Ini yang bikin sedih. Padahal jumlah tulisan terus bertambah.

Permasalahan server down masih kerap terjadi sepanjang 2019. Saya sudah kehabisan cara buat mengatasinya. Menghubungi Cs hosting sudah sering saya lakukan. Plugin yang bikin error juga sudah diketahui. Tahun 2020 ini saya mantap buat pindah penyedia hosting, tinggal nunggu waktu sewa habis per akhir April. Untuk temanya sendiri juga pengen ganti tapi masih belum nemu yang pas di hati. Barangkali sahabat ada yang punya saran?

Berubahnya alamat http menjadi https ternyata beberapa hari yang lalu baru saya ketahui mempengaruhi trafik. Awalnya blog munasya.com cuma pakai http tapi karena saran dari seorang teman dan membaca beberapa artikel akhirnya di ubah jadi https. Hal yang luput dari perhatian saya ternyata Google Search Console atau yang dulu namanya Google Webmaster juga minta diperbarui / ditambah elemennya karena adanya perubahan itu. Setelah di perbarui 4 hari yang lalu, saya lihat kok alhamdulillah trafik blog sedikit demi sedikit naik. Semoga tahun 2020 trafiknya bisa diatas 500 per hari atau malah bisa seperti tahun 2017 yang hampir 1000 per hari.

2. Jumlah Postingan

Di akhir tahun 2018, blog munasya.com memiliki 344 artikel. Awal tahun 2020 jumlah postingan bertambah menjadi 462 artikel. Perjalanan Blog munasya.com selama tahun 2018 menghasilkan 118 artikel. Dari jumlah tersebut dapat di lihat bahwa ada kenaikan signifikan dibanding postingan 2018 yang hanya 55 artikel. Tapi kalau dibandingkan dengan tahun 2017, postingannya masih lebih sedikit. Tahun 2017 terdapat 174 artikel yang ditulis.

Jumlah postingan terbanyak tahun 2019 dihasilkan pada bulan Mei. Waktu itu lagi ikut tantangan menulis kebaikan selama bulan Ramadhan dari Blogger Perempuan. Alhamdulilah tantangan bisa terselesaikan. Postingan terbanyak kedua dihasilkan di Bulan Desember 2019, sebanyak 14 artikel. Memang  bulan itu ada banyak job yang di dapat.

Harusnya sih jumlah postingan tahun 2019 bisa lebih banyak. Karena banyak ide yang berseliweran dan ada banyak bahan yang bisa digunakan. Tapi lagi-lagi karena kemalasan dan kena virus nonton Youtube, jadinya gak semuanya bisa dituliskan. Di tahun 2020 ini janji dengan di sendiri bakalan lebih rajin menulis.

3. Postingan Populer

Postingan populer di blog munasya.com tahun 2019 ternyata masih sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Diantara 462 artikel yang sudah dipublis, artikel yang paling banyak dibaca masih tentang Langkah Pendirian Bank Sampah. Disusul artikel peringkat kedua adalah Proposal Pengelolaan Sampah Mandiri di Pemukiman. Kedua artikel ini temanya sama yakni tentang sampah dan pengelolaanya. Permasalahan sampah ternyata masih menjadi polemik di masyarakat. Oleh karenanya, buat nambah referensi saya juga menuliskan artikel berkaitan dengan  sampah, diantaranya : Bahaya membakar sampah plastik

 

Berbanding terbalik dengan postingan terpopuler tersebut, ada beberapa artikel di blog munasya selama tahun 2019 yang sedikit dibaca oleh orang. Artikel itu diantaranya yang berjudul :
1. Mengapa ada Pernikahan?
2. Mengembangkan Pemuda Peduli Bangsa
3. Menggunakan Tas Selempang Wanita

Masing-masing artikel hanya dibaca oleh 2 orang. Apakah kira-kira sahabat pembaca punya saran terkait artikel ini? Apakah di hapus saja? Atau ada cara lain buat mendongkrak pageviewnya? Tolong tulis kolom komentar!

4. Penghasilan

Dari segi penghasilan, perjalanan blog munasya.com tahun 2018 alhamdulillah mengalami kenaikan. Job review, job content placement atau job liputan tiap bulan selalu didapatkan. Jumlahnya variatif. Hal ini tentu saja menambah jumlah pundi-pundi uang yang saya dapatkan. Sayangnya pembukuan tentang penghasilan ini tidak pernah saya catat, jadinya tidak tau totalnya berapa, tiap bulan dapat berapa dan perbandingan di tahun sebelumnya bagaimana. Hal ini akan jadi pe-er bagi saya supaya mencatat semuanya supaya bisa dihitung dan dibandingkan.

5. Prestasi Lomba Blog

Tahun 2019, saya jarang sekali ikut lomba blog. Sepanjang perjalanan blog munasya.com tahun 2019, tercatat hanya ikut lomba blog sebanyak 10 kali. Jumlah ini sama dengan tahun 2018 yang lalu. Dari 10 lomba tak satupun mendapatkan juara. Persaingan lomba blog teramat ketat, kualitasnya juga makin bagus. Saya teramat sadar diri dengan kemampuan pribadi. Satu-satunya prestasi yang didapat adalah menjadi 20 pengirim pertama lomba Traveloka Experience. Alhamdulilah, hadiahnya lumayan buat liburan.

6. Grafik DA dan PA

Biasanya job di blog selalu menyertakan DA PA sebagai salah satu prasyaratnya. Oleh karena itu banyak yang anggap penting nilai DA PA dari Moz. Kalau tahun 2018 yang lalu blog munasya.com pernah dapat DA di angka 35 dan PA angka 42, tahun 2019 DA mengalami kemrosotan signifikan. Angka DA tahun 2019 berkisar antara 17 sd 14. Sedangkan yang PA cenderung stabil di angka 43. Tahun ini akan berusaha buat menaikkan, target minimal di angka 20.

7. Pencapaian Lain

Selain hal-hal diatas, ada banyak hal lain yang saya dapatkan selama perjalanan blog munasya.com tahun 2019. Diantaranya adalah makin banyak ilmu bidang perblogingan yang saya dapatkan. Ada banyak teman juga yang dikenal. Kalau tahun 2018 Blogger Lamongan yang saya kenal cuma 3 orang, Tahun 2019 jumlahnya bertambah jadi 10 orang. Kalau Blogger Jawa Timur dan Blogger Nasional jumlahnya makin banyak lagi. Alhamdulilah makin banyak teman, makin banyak pengetahuan. Pada akhirnya rejeki juga makin banyak berdatangan.

Talkshow FUNancial
Teman Blogger yang ketemu di sebuah event

Berdasarkan review perjalanan blog munasya.com tahun 2019, saya memiliki banyak keinginan dan harapan di tahun ini dan mendatang. Saya akan terus belajar dan terus belajar tentang berbagai hal utamanya bidang perbloggingan dan sejenisnya. Kritik, saran dan dukungan tentu saya harapkan dari sahabat pembaca semuanya. Silahkan tuliskan di kolom komentar atau bisa hubungi saya di semua media sosial yang tercantum di blog ini.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

2 Komentar

  1. Saya nggak tahu, apakah ada orang yang tertarik mengetik keyword “Mengapa ada pernikahan” dan “pemuda peduli bangsa” di Google Search?
    Kalo nggak ada yang tertarik dengan keyword itu, mending dihapus sajalah.

    “Tas selempang wanita” itu mungkin ada yang mau cari, tapi sebetulnya artikel itu belum menjawab kebutuhan penonton. Sepanjang tahun lalu, penonton itu ingin tahu “tas selempang yang kecil itu dijual di mana?” “Merk apa yang bagus untuk tas selempang wanita?”. Berhubung penonton sudah mendarat di artikel situ, tapi pertanyaan-pertanyaan tadi tidak terjawab, maka mereka jadi kabur dan ini terbaca sebagai artikel yang kurang bermanfaat, sehingga artikel ini tidak tampil di rekomendasi Page One Google. Akibatnya ya jadi tidak banyak dibaca orang.

    Ealah.. Panjang amat komen saya ya.

    1. Kalau udah pakarnya kayak gini yang jawab, saya jadi tercerahkan.

      Emang sih yg mengapa ada Pernikahan dan pemuda peduli bangsa itu aku posting gak ngitung siapa yg baca, aq posting karena sayang kalau tulisan itu dibuang gitu saja setelah gak dipakai di karya tulis ilmiah

      Yg tas selempang krn CP sponsor

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *