Coret-coret

PENCAPAIAN TAHUN 2017 BLOG MUNASYA.COM

Tak terasa tahun 2017 sudah lewat, dan sekarang kita sudah seminggu berada di tahun 2018. Di tahun yang lewat tersebut tentunya banyak harapan dan kenangan yang telah dirasakan. Baik yang suka maupun duka, semuanya sudah terlewat. Tinggal menatap dan melanjutkan langkah kedepan. Pencapaian tahun 2017, bisa jadi pelecut semangat agar lebih baik di tahun-tahun mendatang.

Pencapaian blog

Pada awal tahun 2017 yang lalu, saya sudah pernah menulis tentang pencapaian blog munasya.com tahun 2016. Sebagai lanjutan sekaligus motivasi supaya bisa lebih baik lagi, saya ingin menuliskan pencapaian-pencapaian blog munasya.com tahun 2017 di awal 2018.

Tulisan ini hanya ajang motivasi sekaligus bahan intropeksi diri supaya bisa lebih baik lagi. Saya sadar, saya masih banyak kekurangan dan perlu banyak belajar tentang dunia perblogingan. Dengan penulisan ini saya berharap di tahun mendatang bisa terus berbenah dan lebih baik dari tahun sebelumnya. Sekali lagi ini bukan pamer atau sejenisnya, karena memang tidak ada yang dipamerkan.

Berikut adalah perjalanan dan pencapaian Blog Munasya.com di tahun 2017 dan perbandingannya di tahun 2016

1. Trafik

Dalam 12 bulan perjalanannya di tahun 2017, blog Coretan Dari Desa Munasya.com mendapat kunjungan sebanyak 131.211 viewer. Ini tentu lonjakan yang luar biasa, mengingat di 8 bulan pertama tahun 2016 hanya mendapatkan viewer sebanyak 8.183 saja. Pengunjung terbanyak pada bulan Oktober 2017 dengan kunjungan sebesar 24.101 view. Sedangkan pengunjung paling sedikit pada Bulan Juni 2017 yang hanya mendapatkan 4.390 kunjungan.

Di 3 Bulan pertama tahun 2017, yakni bulan Januari hingga Maret, pengunjungnya mengalami peningkatan. Walaupun tidak begitu signifikan namun tetap ada peningkatan. Di Bulan April, trafiknya sedikit turun, yang pada mulanya bulan Maret mendapat kunjungan dari 6.128 orang, di Bulan April hanya 5.948 kunjungan. Meskipun Mei sudah naik lagi jadi 6.728 kunjungan namun di Bulan Juni kembali lagi ke titik terendah di tahun 2017 yakni hanya 4.390 kunjungan.

Pencapaian tahun 2017
Traffic blog yang meningkat (sumber gambar : pixabay.com)

Mulai Bulan Juli, alhamdulillah lambat laun trafik kunjungan terus naik sampai bulan Oktober. Tanggal 1 November menjadi pencapaian trafik tertinggi blog munasya.com di tahun 2017. Pada tanggal tersebut, blog ini mendapat 1.056 kunjungan dalam satu hari. Saat itu saya sangat senang sekali dan berharap trafiknya terus meningkat seiring banyaknya artikel baru yang saya masukkan.

Namun hal tak terduga terjadi, entah mengapa tiba-tiba blog saya tidak bisa diakses. Ada laporan di email yang menyatakan bahwa Google tidak bisa merayapi situs blog saya terhitung pada tanggal 17 November. Hal itu bikin saya kelimpungan sendiri mengingat saya tidak punya basis pengetahuan yang kuat dalam dunia blog. Selama ini hanya belajar sendiri dan mendapatkan pengetahuan tentang blog dari hasil pencarian di Google. Di sekitar saya tidak ada yang bisa ditanyai.

Meskipun sudah bertanya kesana kemari lewat dunia maya dan membaca berbagai ulasan serta mencoba memperbaiki, namun saya merasa tidak puas. Saya tidak bisa mengembalikan trafik blog yang sudah tinggi tersebut. Alhasil di Bulan Desember, trafik blog terjun bebas di angka 14.021 view. Beberapa artikel yang biasanya ada di nomer satu pencarian, sekarang sudah tidak ada lagi. Awal Januari ini saya masih berusaha mengembalikan trafik blog yang naik turun tidak tentu.

Mungkin ada diantara pembaca yang pernah mengalami hal ini dan bisa membantu saya menyelesaikan permasalahan tersebut. Saya masih butuh belajar dan butuh diajari banyak hal.

2. Postingan

Di akhir tahun 2016 yang lalu, blog munasya.com sudah terdapat 115 postingan. Di tahun 2017, postingan bertambah menjadi 289. Itu berarti di tahun 2017 saya sudah berhasil menulis 174 postingan. Postingan terbanyak terdapat di Bulan Oktober 2017 yang memang saat itu saya mengikuti One Day One Post (ODOP) yang diadakan oleh Blogger Muslimah Indonesia.

Khusus Bulan Oktober saya menulis sebanyak 26 postingan. Di luar bulan tersebut, saya hanya bisa menulis sekitar 8 sd 15 postingan saja perbulan.
Hal itu mungkin yang membuat trafik blog bulan Oktober sangat tinggi. Jika disuruh ikut lagi kegiatan ODOP, saya mungkin harus berfikir 2 kali karena sangat berat sekali. Ada banyak hal yang dikorbankan akibat mengikuti ODOP. Beberapa pekerjaan terbengkalai. Tapi mengingat, efeknya yang besar terhadap trafik kadang timbul semangat untuk ikutan.

3. Top Page

Diantara sekian banyak artikel yang sudah dipublis di munasya.com, artikel yang paling banyak dibaca di Tahun 2017 adalah mengenai : Langkah Pendirian Bank Sampah. Artikel ini sudah dibaca oleh 28.862 orang. Disusul di peringkat kedua adalah artikel Begini Cara Mengelola Bank Sampah dan Proposal Kegiatan Hari Sumpah Pemuda yang masing-masing di baca oleh 13.471 orang dan 10.331 orang.

Pengunjung terbanyak
Screenshot pengunjung terbanyak blog Munasya.com

Artikel tentang pendirian bank sampah tersebut sebelumnya juga menduduki peringkat tertinggi di Tahun 2016. Meskipun sudah lama ditulis, namun tetap banyak yang membacanya. Artikel ini sebelum Bulan November 2017, bisa ditemukan di halaman pertama Google dengan kayword pencarian “Bank Sampah“, namun sekarang sudah menghilang. Harus menulis secara spesifik “Pendirian Bank Sampah” di google, baru postingan ini muncul di halaman pertama.

4. Underdog Page

Kebalikan dari top page, ada beberapa artikel di blog munasya.com yang jarang di baca orang dan jadi underdog page blog munasya.com. Di tahun 2017, artikel tentang Arti Penting Pilkada dan Bertemu Blogger Hebat Bikin Ngeblog Makin Semangat menjadi postingan yang paling sedikit dibaca. Masing masing hanya dibaca oleh 89 orang.

Screenshot blog
Screenshot Pengunjung terendah blog munasya.com

5. Penghasilan

Semenjak awal hingga akhir 2017, alhamdulillah blog ini telah menghasilkan pundi-pundi rupiah yang lumayan. Pencapaian tahun 2017 blog munasya.com dari segi penghasilan jauh lebih banyak daripada tahun sebelumnya. Penghasilan tersebut di dapat dari hasil job review dan juga content placement berbagai produk serta jasa. Rekening bank saya jadi lumayan berisi dengan adanya pundi-pundi rupiah ini. Setidaknya bisa dibuat untuk belanja kebutuhan pribadi dan juga simpanan.

Penghasilan dari blog

Tercatat hampir tiap bulan saya selalu mendapatkan penghasilan dari blog ini. Job review biasanya sata dapatkan dari email pihak perusahaan yang membutuhkan jasa saya, ada pula tawaran job review yang didapatkan dari Grup whatsapp dan juga grup di Facebook. Untuk content placement, biasanya saya dapatkan dari web penyedia jasa blogger seperti iblogmarket.

Untuk iklan Google adsense, di tahun 2017 blog ini belum bisa mendapatkannya. Meskipun berkali-kali daftar tapi selalu ditolak. Pertengahan tahun 2017, saya mendapatkan tawaran pasang iklan seperti adsense tapi milik orang Indonesia. Namun karena, nilai rupiahnya sangat sedikit, unit iklannya saya copot dan malas untuk memasangnya lagi. Bikin berat loading blog saja. Untuk kedepannya saya akan tetap berusaha supaya bisa tembus adsense.

6. Prestasi Lomba Blog

Sepanjang tahun 2017, tercatat blog ini telah mengikuti 18 lomba blog. 8 diantaranya tidak murni mengikuti lomba tapi karena pesan sponsor dan dibayar. Biasanya saya ikut lomba penulisan Blog murni yang temanya sreg di hati dan terbersit sebuah ide untuk menuliskannya. Jika memang tidak ada ide, biasanya saya skip dan melewatkannya.

Prestasi Ngeblog
Sumber gambar : pixabay.com

Diantara 18 lomba blog yang saya ikuti, Alhamdulillah blog ini 2 kali ditetapkan sebagai pemenang. Entah kebetulan atau memang rejekinya cuma segitu Kedua lomba yang dimenangkan tersebut mendapatkan juara 3. Artikel berjudul Metodologi Terbaru Penyelamatan Hutan mendapatkan hadiah berupa kamera Fujifilm Instax Mini dan artikel Bersama Hijup dan Resik V Mengungkap Rahasia Keluarga Harmonis mendapat hadiah uang tunai.

Harapan kedepan, saya bisa rajin menulis dan mengikuti lomba blog supaya kemampuan terus terasah. Juara atau tidak, gak masalah yang penting bisa meramaikan dan menambah pengalaman.

7. DA / PA

Di Era sekarang ranking dan kekuatan sebuah blog dinilai dari DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) blog bersangkutan. Sebagai pengingat diri sendiri dan juga motivasi saya catat pergerakan DA/PA blog ini dari waktu ke waktu. Harapan kedepan tentunya terus meningkat dari waktu ke waktu.
Grafik naik turunnya DA/PA blog Munasya.com adalah sebagai berikut :

  • Juli : DA 18 PA 32, 656 link
  • Agustus : DA 19 PA 32, 1288 link
  • September : DA 19 PA 32, 2293 link
  • Oktober : DA 21 PA 33, 4.153 link
  • November DA 20 PA 31, 3521 link
  • Desember DA 20 PA 30, 3.509 link

Itulah beberapa pencapaian tahun 2017 di blog munasya.com. Disamping pencapaian-pencapaian diatas, saya ternyata masih mempunyai banyak draf yang belum terselesaikan. Tercatat ada 10 draf yang belum saya selesaikan. Ini tentu menjadi peer tersendiri dan wajib diselesaikan. Semoga kemalasan terlempar jauh sehingga saya bisa menyelesaikannya.

Di tahun 2018 ini, blog munasya.com ini sudah mencapai usia 1 tahun setengah. Masih sangat muda dan baru, namun alhamdulillah saya sebagai pemilik sekaligus penulis merasa nyaman dan bangga memiliki blog ini. Jika pembaca ada saran, kritikan atau sesuatu yang kurang berkenan silahkan tuliskan di komentar untuk perbaikan saya di masa mendatang. Dengan senang hati saya akan menerimanya.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher
Contact Person :
email : sy4r0h@gmail.com
Twitter : @Munasyaroh_fadh
IG. : @Muns_Fadh

Anda mungkin juga suka...

23 Komentar

  1. Mantab sekali pencapaiannya. Saya mah boro-boro bisa dapat juara 3. Dibolehin ikut lomba saja kayaknya nggak bakalan dibolehin sama panitianya.

    Maklum lah..

    Hasil pencapaian saya cuma rasa bahagia saat menulis. Paling bahagia kalau ada yang berkomentar atau berterimakasih, yang nggak banyak. Itu saja sudah senang banget.

    Tidak terbayang kalau bisa mencapai juara 3 di lomba ngeblog. Bisa langsung melayang ke langit ketujuh mbak..

    Keren…

    1. Aduh pak …. Saya lho ngrasa belum bisa apa-apa, pujiannya kok selangit gitu. Kalau jatuh sakit banget rasanya

  2. Ikrom says:

    aku belum sempat ngecek DA PA
    kesibukan dunia nyata ulala huhu
    keren mbak semoga makin jaya

  3. Aku juga suka ikut lomba blog tapi aku kalah melulu mbak. Tetep semangat ngeblog ya mbak. Aku juga pengen dapat job review seperti mbak.

  4. Keren sekali mbak, sangat inspiratif, sampai saat ini sudah berapa post mbak artikelnya? Sama berapa kali update hari/minggu/bulan supaya traffiknya bisa melonjak seperti itu?

    1. Ini masih tahap pembelajaran, masih jauh dari sempurna. Artikel seluruhnya 253, itu ngeblog dari tahun 2011. Updatenya gak mesti tergantung ide dan kelonggaran waktu

    2. Mayuf says:

      Semoga saya bisa kaya blog nya munsya ? hehe

  5. Saya salut dgn semangat mba dalam nge blog… semoga menular ke saya

  6. Google AdSense mah unik Mba, suka2 dia mau terima saat umur blog berapapun. Sampe sekarang aku juga msh bingung, patokan diterima Google AdSense itu apa. Soalnya, blogku diterima AdSense blm genap usianya 5 bulan. Tapi ada yang bilang harus usia sekian tahun. Tetap semangat menulis Mba, InsyaAllah Google AdSense ditangan. Aamiin.

    Btw, keren iih prestasi blognya. Terutama dari segi sponsore/konten placement dan menang lomba blog. Wah aku belajar banyak nih dari blog Mba ?

  7. Whoaaa ini keren banget achievment-nya, Mbak. Dan artikel top page-nya evergreen ya, makanya meskipun nulisnya sudah lama tapi masih banyak dicari orang.
    Blog Saya juga pernah enggak terdeteksi sama google. Ternyata pada setting saya ada salah centang gitu. Tapi saya lupa di bagian mananya, waktu itu pak suami yang benerin hehe.

  8. Masya allah mbak..minder saya kalau baca semua pencapaian dari blog ini.
    Pageviewnya per hari udah setinggi itu. Lha saya, paling cuma bisa dihitung pakai jari ^^.

    Tapi overall, juga tergantung sama usaha si empunya blog juga sih ya? Dasarnya memang saya belum seproduktif mbak muna sih, jadinya ya begitu. Keren mbak!

    1. Saya juga masih terus belajar neh mbak…. Saya yakin mba wisnutri bisa lebih baik dari saya

  9. Masya Allah kereen banget Mbak pencapaiannya. Semoga makin berjaya di tahun ini yaaa

  10. wah keren kak…. ajarin dong kak biar bisa sekeren blog kakak, utamanya dalam menulis.. aduh aku butuh motivasi banget.. hehheh
    any way selamat ya, tingkatkan lagi di tahun 2018 ya

    1. Ini masih belajar, Ayo belajar bareng bareng

  11. Waw mba kerennnnn ?. Oh saya baru tau ternyata DA bisa turun juga ya mba? Pas aq lihat daftat DA mba ada yg turun 1. Saya blogger baru. Jadi sekarang lagi belajar menulis dan membangun sebuah blog. Semoga nti sehebat mba nulisnya ?

    1. DA dan PA memang siklusnya naik turun, klo rajin bw dan posting insyaallah bisa naik. Punyaku turun karena gak BW di Bulan Oktober

  12. semoga tahun ini ngeblognya juga makin keren yaa. aku pengen euy sesekali menang lomba blog. selama ini cuma jadi penggembira aja

    1. Aamiin….. Semangat mbak, suatu saat pasti bisa menang

  13. semakin berkembang dan meningkat ya mbak! sukses terus pokoknya.. banjir job dan prestasi.. Aamiin

    1. Aamiin….. Terima kasih

  14. velli, md. says:

    moga tahun ini, google adsensenya bisa diterima ya mbak, biar nambah alternatif income nya

    1. Semoga saja, saya penasaran dg adsense ini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *