Evaluasi Blog Munasya Tahun 2021

Mengawali postingan tahun 2022 ini saya akan mengawali dengan Evaluasi Blog Munasya Selama Tahun 2021. Evaluasi semacam ini memang sudah saya lakukan secara rutin tiap awal tahun. Tujuannya supaya dapat mengetahui bagaimana perjalanan kepanulisan saya di blog ini setahun kemarin dan bisa dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Evaluasi blog Munasya 2021

Secara garis besar ada banyak kekurangan dan kemunduran yang saya lakukan di tahun 2021 kemarin. Berbeda di awal awal saya ngeblog tahun 2016 hingga 2019 yang penuh postingan dan semangat dalam menulis banyak hal. Di tahun 2021 tulisan organik bisa dihitung dalam hitungan jari. Selebihnya adalah postingan berbayar alias pesanan. Namun dibandingkan dengan tahun 2020, postingan di tahun 2021 memang mengalami sedikit peningkatan.

Baca postingan sebelumnya :
1. Evaluasi Blog Munasya Tahun 2020
2. Review Perjalanan Blog Munasya Tahun 2019

Masa-masa kelam tahun 2020 memang sudah tidak dialami, namun kadang-kadang masih terasa sehingga mengganggu produktivitas. Saya menulis hanya saat-saat dibutuhkan, kadang seminggu bisa langsung 3 tapi kadang juga tidak sama sekali dalam beberapa hari. Beberapa job banyak yang kelewat karena ada kesibukan keluarga. Dua adikku menikah di tahun yang sama sehingga sebagai pengganti orang tua, saya mengurus banyak hal untuk mereka.

Tanpa berlama-lama berikut adalah evaluasi blog Munasya tahun 2021

1. Trafik Kunjungan

Pembahasan pertama dalam evaluasi blog adalah trafik kunjungan ke dalam blog. Bagaimanapun sebagai seorang yang menjual tulisan, traffic kunjungan dalam tulisan menjadi hal yang sangat penting untuk dievaluasi.

Selama tahun 2021 kemarin, ada total 172.134 pengunjung di Blog Munasya yang terdata di Google analytics. Jika dihitung secara rata-rata, berarti ada sekitar 500 kunjungan per hari atau kurang lebih 14. 000 kunjungan per bulan. Data kunjungan ini naik sedikit dibanding tahun 2020 yang hanya 10.000 kunjungan per bulan.

Laporan Google analytics Blog

2. Jumlah Postingan

Janji di tahun sebelumnya yang ingin menulis lebih banyak di tahun 2021 alhamdulillah bisa saya penuhi. Dalam setahun saya bisa menambah 84 postingan atau rata-rata 7 postingan dalam satu bulan. Jumlah ini meningkat 20% dibandingkan dengan tahun 2020 yang hanya 60 postingan saja selama setahun.

Total postingan artikel di Coretan Dari Desa karya Munasya ini hingga Januari 2022 adalah 546. Artikel-artikel tersebut tersebar dalam 27 Kategori, dan artikel terbanyak ada pada kategori Corat Coret. Kategori Corat coret adalah kategori khusus yang saya buat untuk nulis suka suka sesuai keinginan hati.

3. Postingan Populer dan Tidak Populer

Postingan populer atau paling banyak dibaca blog.com hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya. Postingan terbanyak pengunjungnya ada pada artikel yang berjudul Proposal Kegiatan Karang Taruna, artikel ini dikunjungi oleh 15.926 pengunjung dalam satu tahun.

Artikel populer kedua adalah Proposal Pengolahan Sampah Mandiri di Pemukiman dengan total 10.391 kunjungan. Menempati peringkat kepopuleran ketiga, ternyata ada artikel Fakta-Fakta Unik dari Kelinci Anakan dan Induknya yang dibaca oleh 9.400 orang dalam setahun terakhir.

Fakta unik dari kelinci
Anakan kelinci dan induknya

Banyaknya pengunjung dalam artikel-artikel tersebut mengindikasikan bahwa artikelnya dicari orang dan bermanfaat bagi mereka. Saya lihat i pencarian Google, memang ketiga artikel tersebut menempati Page One dengan kata kunci pencarian masing-masing. Harapan kedepan semoga ada banyak lagi artikel yang bisa Page one dan memiliki banyak pengunjung.

Selain artikel terpopuler, evaluasi blog Munasya juga membahas tentang artikel-artikel yang tidak populer alias artikel yang jarang sekali dibaca oleh orang. Berdasarkan data Google analytics, ternyata ada puluhan artikel yang pengunjungnya sedikit dalam satu tahun terakhir.

Artikel yang sangat tidak populer di Blog Munasya selama tahun 2021 adalah :

1. Limpahan Manfaat Dari Menulis yang hanya ada 2 pengunjung dalam setahun
2. Tips Perawatan Wajah Alami Untuk Kulit 2 pengunjung
3. Teladan Doa Nabi Yunus yang juga hanya 2 pengunjung

Kalau melihat evaluasi ini, terasa miris sekali karena artikel tersebut lumayan penting dalam kehidupan sehari-hari dan bisa dibaca siapa saja. Mungkin karena faktor SEO yang kurang mendukung dan banyaknya kompetitor sehingga postingannya terpuruk di jalur paling bawah. Semoga nanti bisa update artikel tersebut dan membuatnya jadi lebih populer.

4. Penghasilan

Dari segi penghasilan Alhamdulillah blog Munasya memberikan pundi-pundi rupiah yang tidak sedikit. Berdasarkan hasil catatan selama tahun 2021, saya bisa mendapatkan uang sebesar 12.315.000 rupiah. Jumlah ini naik berkali kali lipat dari tahun sebelumnya. Kalau dibuat rata-rata, berarti perbulan bisa menghasilkan 1 juta rupiah. Ini jumlah yang tidak kecil bagi saya yang tinggal di desa, yang mana semua kebutuhan murah meriah dan belum memiliki tanggungan keluarga.

Mengatur Keuangan

Penghasilan terbesar dalam blog ini, saya dapatkan pasca mendaftar di Intellifluence.com. Fee disana dibayar dolar sehingga saat dikurskan dalam rupiah jumlahnya besar banget.

Mendapatkan penghasilan sebesar ini saya amat sangat bersyukur. Tanpa harus kemana mana saya bisa tetap mendapatkan rupiah. Disamping blog #munasyadotcom ini masih ada 2 blog lainnya yang saya punyai dan beberapa media sosial lainnya yang menghasilkan cuan juga tiap bulan. Jumlahnya rahasia 😁😁

5. Prestasi Lomba

Bisa dibilang tahun 2021 adalah tahun yang minim prestasi. Meskipun ada banyak sekali lomba-lomba blog yang diselenggarakan namun saya tidak bisa mengikutinya. Bukan tidak ingin tapi tidak sempat untuk menuliskannya. Entah kenapa otak ini mandeg dan tidak punya imajinasi untuk mengikuti berbagai perlombaan yang diselenggarakan.

Rasa iri pasti ada ketika melihat teman-teman mendapatkan berbagai hadiah dari Perlombaan yang diikutinya. Tapi mau gimana lagi, saya tidak bisa mengikuti jejaknya.

Menulis

6. Grafik DA dan PA

Pada pencarian Job untuk blog biasanya selalu menyertakan DA sebagai salah satu persyaratannya. Maka dari itu angka DA dan PA dari blog amat penting bagi saya. Semakin tinggi angka DA, job yang masuk semakin banyak dan nominal juga makin tinggi.

Dari segi grafik DA PA, Alhamdulillah tahun 2021, blog Munasya mengalami peningkatan signifikan. Target DA diatas 20 akhirnya tercapai. Pada bulan September hingga Oktober blog ini pernah memiliki angka DA 25. Walaupun sekarang turun lagi di angka 19, namun tetap semangat untuk menjadi lebih baik. Untuk PA masih awet di kisaran 43 hingga 45

Evaluasi Lainnya

Permasalahan server down masih beberapa kali masih terjadi di blog ini penyebabnya yang ini kali ini bukan karena plugin seperti sebelumnya. Permasalahan ada pada https atau ssl yang mesti diupgrade per 3 bulan. Awalnya sih bingung dengan keadaan tersebut tapi sekarang mulai sedikit paham. Saya harus laporan ke pihak penyedia hosting untuk mengupgrade.

Peringatan Server eror yang seringServer down juga pernah saya alami karena katanya kepenuhan data. Pihak penyedia hosting menyarankan untuk menambah Kapasitas dari 2 GB menjadi 5 GB. Namun karena merasa berat di dompet, saya tetap dengan kapasitas yang sekarang. Untuk mengakalinya saya kecilkan size foto-foto atau gambar yang ada di dalam blog dan juga meminta penyedia hosting menghapus sampah di CPannel. Cara ini efektif untuk mengurangi kapasitas hosting blog #munasyadotcom ini.

Saya juga menghapus beberapa postingan Blog yang tidak pernah dikunjungi orang di tahun tahun sebelumnya. Postingan tersebut isi artikelnya acak adul dan gak bisa diperbaiki. Permasalahannya juga kurang relevan dengan keadaan sekarang, mangkanya saya ikhlas untuk menghapus demi kebaikan blog.

Setelah saya ingat-ingat beberapa kali permasalahan down terjadi ketika selesai pembayaran domain serta hosting. Pembayaran hosting biasanya di bulan Mei dan permasalahan Down muncul pada bulan Juli, Agustus hingga September. Ini jadi catatan kecil tersendiri bagi saya karena sudah beberapa kali mengalami hal yang demikian. Untuk bulan Januari hingga April biasanya tidak pernah ada down lagi sehingga lebih lega.

Kesimpulan

Dari hasil evaluasi yang dilakukan, blog Munasya di tahun 2021 mengalami peningkatan dalam berbagai hal. Walaupun tidak bisa menyamai rekor di tahun 2019 namun cukup mengobati rasa sedih di tahun 2020. Harapan kedepan tentunya bisa jauh lebih baik lagi dan tidak ada lagi kesulitan hidup yang dihadapi.

Munasya

Blogger, Writer and Teacher Contact Person : email : sy4r0h@gmail.com Twitter : @Munasyaroh_fadh IG. : @Muns_Fadh

Satu komentar di “Evaluasi Blog Munasya Tahun 2021

  1. Pencapaiannya keren luar biasa Mbak. Selamat ya
    Btw itu artikel yg hanya dikunjungi dua pengunjung, tidak diikutsertakan dalam list blogwalking ya?
    Oya Mbak, untuk intellifluence itu cara kerjanya bagaimana sih? Kita menulis di blog kita atau di sana? Pakai bahasa Inggris atau bahasa Indonesia? Terimakasih informasinya ya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kembali ke atas
error: Content is protected !!